Oleh-oleh Khas Medan

Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki segudang destinasi wisata. Oleh sebab itu, tak heran banyak para wisatawan dari lokal dan mancanegara menjadikan Medan sebagai tempat yang ingin dikunjungi saat waktu libur. Selain Danau Toba, destinasi lain yang sering masuk bucket list adalah Istana Maimun, Taman Labirin, Pulau Samosir, dan lainnya.

Seiring dengan banyaknya turis yang berkunjung, tentu semakin banyak pula oleh-oleh khas Medan yang dapat dipilih. Berbagai souvenir, makanan khas, hingga macam-macam oleh-oleh lainnya dapat diborong ketika berkunjung kemari. Kamu bingung membeli buah tangan apa untuk dibawa pulang? Catat rekomendasi oleh-oleh khas Medan berikut ini.

Kain Ulos

Oleh-oleh khas MedanGambar : Instagram @abitkain

Oleh-oleh khas Medan pertama yang wajib kalian beli di Medan adalah kain ulos. Kain tenun khas Medan ini merupakan salah satu barang tradisional dari suku Batak yang sangat menarik. Banyaknya motif yang tersedia pada kain ulos biasa digunakan pada saat pesta adat atau acara-acara penting masyarakat suku Batak.

Biasanya kain ulos bisa jadi pengikat kepala atau sebagai selempang badan sehingga sangat elegan. Kain ulos banyak tersedia di sentra oleh-oleh Medan dengan harga yang variatif sesuai motif. Siap memborongnya pulang sebagai buah tangan?

Medan Napoleon

Namanya yang unik berhasil membuat banyak turis tertarik dengan makanan manis yang satu ini. Medan Napoleon merupakan perpaduan dari cake Napoleon ala Perancis dengan bolu gulung lezat khas Medan. Hasilnya? Tentu saja cita rasa yang tidak bosan untuk menemani minum teh dan kopi.

Medan Napoleon memiliki tekstur renyah di bagian kulit pastry-nya dan lembut di bagian dalam yang telah dioles oleh selai. Banyak varian rasa yang inovatif dari Medan Napoleon ini seperti red velvet, green tea, hingga keju dan durian yang tak kalah laris manis.

Markisa Noerlen

Ingin membeli oleh-oleh khas Medan yang sudah melegenda? Kalau begitu kamu wajib mencicipi Markisa Noerlen yang merupakan produk sirup dan selai yang sudah hadir sejak tahun 1985. Hingga kini, cita rasa dari merk dagang ini tidak berubah dan masih lezat. Produk home industry ini juga dikemas dengan sederhana dan tahan lama sehingga tak heran banyak yang menjadikannya buah tangan ke luar negeri, lho.

Teri Medan

Kalau kamu sering mengeluh tentang harga teri medan yang agak mahal di kotamu, maka cobalah berburu olahan teri medan di Medan langsung. Teri medan banyak dijadikan sebagai lauk pauk kering yang tahan lama dan nikmat. Ikan teri kecil dengan rasa asin yang pas kerap menjadi pilihan para anak kost dan siapa pun yang ingin menyantap lauk pauk tanpa ribet.

Teri medan tersedia di setiap pasar tradisional dan sentra oleh-oleh yang sudah diolah menjadi berbagai macam penganan. Salah satu olahan yang paling eksis di kota ini adalah Teri Bajak Medan yang cocok untuk kalian penggemar pedas.

Bika Ambon

Siapa bilang bika ambon berasal dari Ambon? Penganan yang punya rasa gurih dan legit ini sangat laris di Medan dengan banyak pilihan rasa mulai dari original, keju, hingga rasa pandan yang agak manis. Bika ambon yang sering diburu untuk dijadikan buah tangan adalah Bika Ambon Zulaikha yang memiliki cita rasa pas di lidah orang Indonesia khususnya. Oh ya, bika ambon bisa bertahan hingga empat hari lamanya sehingga tidak masalah jika kampung halamanmu ditempuh dalam waktu yang agak lama.

Kopi Sidikalang

Bosan berburu oleh-oleh makanan? Tenang, ada kabar baik untuk para pencinta kopi karena di Medan kamu bisa membawa pulang kopi Sidikalang yang berasal dari daerah pegunungan, Sidikalang. Tanahnya yang subur menjadikan Medan punya oleh-oleh khas langsung dari alamnya. Menurut kabarnya, kopi Sidikalang punya kandungan kafein sangat tinggi sehingga jika kamu jarang meminum kopi bisa-bisa tidak bisa tidur semalaman!

Kopi Sidikalang pada dasarnya adalah kopi berjenis arabica. Namun di Medan kalian juga bisa menemukan jenis kopi lainnya seperti kopi robusta yang tidak kalah populer dengan kandungan kafein hingga 80%. Cocok nih bagi pencinta kopi sejati.

Pia Tamiang

Medan juga punya lho bakpia khas-nya sendiri, yakni Pia Tamiang. Kue kering yang satu ini tentu punya rasa berbeda dari bakpia Jogja yang juga tersohor. Pia Tamiang disebut sudah hadir sejak tahun 90-an alias sudah 40 tahun lamanya eksis sehingga cita rasanya tetap terjaga sampai kini.

Adonan bapkia yang sudah disiapkan dari campuran bahan-bahan dipanggang dalam oven sehingga baik rasa maupun aromanya akan tetap lezat dan tahan lama. Kue kering ini bisa kamu dapatkan di Jl. Tamiang dengan harga jual bervariasi per pack.

Kacang Sihobuk

Tenang, masih ada kok rekomendasi oleh-oleh khas Medan yang bisa kamu bawa pulang dengan mudah ketika mencari di sentra oleh-oleh Medan. Sesuai yang tertera pada namanya, kacang Sihobuk berasal dari Desa Sihobuk, salah satu daerah penghasil kacang di Sumatera Utara.

Salah satu produk kacang Sihobuk yang paling populer adalah kacang garing produksi Unit Desa Marroan. Kacang sangrai Sihobuk dimasak dengan cara dimasak dengan pasir panas dalam kuali besar sehingga didapatkan hasil kacang yang matang merata dan gurih. Sudah terbayang kelezatannya?

Bolu Meranti

Belum sah namanya jika belum menjajal rasa nikmat dari bolu Meranti khas Medan. Selain di Medan, memang outlet bolu Meranti telah teredia di Jakarta dan di Pekanbaru. Namun bagi kamu yang tidak tinggal di daerah tersebut, tentu saja oleh-oleh khas berupa bolu Meranti ini sangat wajib diboyong pulang.

Harga jual bolu Meranti tergolong ramah di kantong, yakni mulai dari 60 ribuan saja per kotak atau per variannya. Jika bosan mencicipi satu varian rasa saja, kamu bisa mencoba varian rasa 3-in-1 yang berpadu menjadi satu dalam bolu Meranti. Suka varian yang mana nih?

Lapis Legit

Bagi pencinta makanan manis, lapis legit adalah salah satu oleh-oleh khas Medan yang sangat diminati. Meski banyak olahan lapis legit dari luar Medan yang tidak kalah lezat, namun lapis legit khas Medan memiliki cita rasa khas tersendiri.

Jika kamu sedang berjalan-jalan di kota Medan, salah satu merk dagang lapis legit yang ternama adalah Affinois yang menawarkan banyak variasi toping unik. Bahkan di pusat oleh-oleh ini kamu bisa membeli bolu gulung dan cake jadul.

Itu dia 10 rekomendasi oleh-oleh khas Medan yang wajib kamu bawa pulang saat berkunjung ke kota Paris van Sumatera ini. Omong-omong, deretan oleh-oleh di atas tidak hanya terkenal di Indonesia saja lho, bahkan juga ternama di kancah Internasional. Jadi, kamu mau beli oleh-oleh yang mana nih?