Tempat Wisata di Jakarta yang Terkenal

Dibalik hiruk pikuk dan sibuknya Kota Jakarta sebagai metropolitan, ia menyimpan beragam wisata yang menggugah siapapun untuk mengunjunginya. Apalagi bagi warga Jakarta sendiri yang kerap melepas penatnya di akhir pekan.

Nah, untuk kamu yang ingin berwisata ke Jakarta setelah pandemi, simak informasi list tempat wisata di Jakarta berikut ini ya!

Dunia Fantasi (Dufan)

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @infodufan

Rasanya tempat wisata satu ini sudah terkenal di kalangan manapun meski belum pernah ke Jakarta. Dufan memiliki wahana yang sangat banyak dan tersebar luas dengan empat kategori: Children Rides, Family Ride, Water Ride, dan Thrill Ride. Kamu bisa memilih sesuai keinginan dengan catatan harus dalam kondisi tubuh sehat ya!

Atlantis Water Adventure

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @atlantiswateradventures

Kamu ingin bermain air dengan berbagai wahana di Jakarta? Maka Atlantis Ancol adalah pilihan yang tepat. Tak heran karena Atlantis Ancol menyediakan 13 permainan dan 8 kolam utama. Mulai dari wahana air yang biasa sampai yang ekstreem seperti Sky Box dan Dragon Race, semuanya lengkap di tempat wisata ini.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

TMII menghadirkan wisata komplit di Jakarta di luas lahan sekitar 150 hektar. Destinasi wisata populer ini menghadirkan 34 anjungan rumah adat Indonesia, museum, taman yang mengenalkan berbagai flora dan fauna, hingga bangunan keagamaan yang mencerminkan toleransi. Jika kamu berkunjung ke Jakarta bersama keluarga, jangan lupa untuk singgah di TMII.

Monumen Nasional

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Monumen Nasional atau yang populer dengan sebutan Monas adalah ikon dari Jakarta. Bangunan Monas berbentuk obelisk atau tiang segi empat meruncing ke ujung dengan mahkota piramida. Berkunjung ke tempat ini, kamu dapat menikmati jogging track, taman hijau kota, Museum Sejarah Nasional, hingga air mancur menari yang sangat cantik di malam hari.

Kabun Binatang Ragunan

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Meskipun telah berumur puluhan tahun, Ragunan masih jadi tempat wisata andalan di Jakarta. Dengan luas lahan sekitar 140 hektar, kamu bisa mengunjungi ratusan spesies satwa yang lucu-lucu dan bermacam flora menarik di sini. Tidak hanya itu saja karena terdapat Taman Refleksi yang indah dan atraksi satwa yang memukau.

Ocean Ecopark

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Jakarta juga mempunyai ruang terbuka hijau dengan konsep destinasi wisata edukatif bagi kamu yang menyukai tempat-tempat sejuk. Tak perlu ragu mengunjungi Ocean Ecopark karena pengelola menyediakan beragam wahana tour edukatif disini mulai dari Tour Animal, Garden, hingga Outboundholic. Jangan lupa untuk mencoba fasilitas belajar menanam sayur dan buah yang mengasyikkan.

Pulau Tidung

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Sebagaimana destinasi perairan pantai, Pulau Tidung juga sangat memikat. Tempat ini menawarkan berbagai kegiatan yang bisa kamu coba seperti misalnya hunting spot foto di Jembatan Cinta dan Pantai Saung Cemara Asih, wisata ziarah ke makam bersejarah, wisata kuliner, taman laut, hingga fasilitas watersport.

Pulau Pramuka

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Pulau Pramuka adalah pusat administrasi dan pemerintahan di Kepulauan Seribu. Oleh sebab itu, tak heran jika fasilitas yang disediakan disini juga cukup lengkap. Berwisata kemari, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Kepulauan Seribu, hunting foto di tanaman mangrove, melihat penyu sisik dan penangkaran ikan laut, dan snorkeling pemandangan bawah laut di airnya yang jernih.

Pasar Seni

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Nah, kalau tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi siapapun terutama kamu yang menyukai karya seni. Tidak hanya melihat-lihat banyaknya karya seni di pasar ini, kamu juga bisa langsung membeli sejumlah koleksi yang dipamerkan lho! Mulai dari seni kriya, tari, musik, dan lainnya, semuanya sangat estetik di Pasar Seni.

Museum Fatahillah

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Jakarta adalah kota yang memiliki banyak museum, salah satunya yaitu Museum Fatahillah. Selain sejarah terbentuknya museum, daya tarik tempat ini ada pada koleksi puluhan ribu benda bersejarah, tata letak koleksi yang diurutkan menurut periode, hingga ruangan museum. Kamu juga bisa bersepeda dan menonton pertunjukan boneka tali di sekitar kawasan museum lho!

Museum Bank Indonesia

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Ada lagi nih, rekomendasi museum yang dekat dengan Museum Fatahillah. Kamu pasti tidak asing dengan nama Bank Indonesia. Ternyata, ada versi museum dari bank sentral tersebut yang ramai dikunjungi wisatawan dengan nama Museum Bank Indonesia di Jakarta. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan uang diciptakan.

Kota Tua

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Memang benar bahwa sebagian besar tempat wisata unik dan klasik terletak di kawasan Kota Tua. Namun, bagi kamu yang hanya ingin hunting foto berlatar bangunan klasik, mampir ke Kota Tua saja rasanya sudah cukup. Jangan lupa untuk icip-icip makanan khas Betawi seperti kerak telor dan soto betawi yang dijajakan sekitar kawasan.

Masjid Istiqlal

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Tempat wisata religi bersejarah ini memiliki desain modern yang mengagumkan. Masjid Istiqlal mampu menampung 200.000 jamaah dan merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Maka, tak heran bila bangunan dan fasilitasnya dikagumi oleh berbagai kalangan. Disini terdapat 21 fasilitas umum yang lengkap mulai dari perpupustakaan hingga museum masjid yang bisa kamu kunjungi.

Gereja Katedral

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Lokasi Gereja Katedral berseberangan dengan Masjid Istiqlal. Oleh sebab itu, lokasi ini sering disebut sebagai simbol toleransi kawasan tersebut. Karena dibangun sejak masa Hindia Belanda, Gereja Katedral bernuansa klasik dan kokoh dengan gaya Eropa yang kental. Selain itu, tempat ini juga mempunyai museum sejarah dua lantai yang wajib kamu singgahi.

Pasar Taman Puring

Tempat Wisata JakartaGambar : Instagram @XAXAXA

Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa yang membuat tempat ini menarik. Pasar Taman Puring sejak lama dikenal sebagai surganya barang branded yang murah. Banyak wisatawan berburu sepatu branded murah di tempat ini karena memang menjadi sentral bisnis tersebut. Fasilitas kawasannya juga lengkap mulai dari jogging track, skate park, hingga taman bermain anak-anak.

Tempat wisata di Jakarta tentu tidak terbatas pada 15 daftar di atas. Masih banyak destinasi yang bisa dieksplor di Ibu Kota Indonesia ini. Namun, kamu bisa mencoba mampir ke deretan tempat wisata dan travelling di atas. Selain murah dan bahkan gratis, banyak spot foto yang memang menjadi daya tarik kota metropolitan ini.