Oleh-oleh Khas Lampung yang Terkenal

Apakah kamu pernah mengunjungi Lampung? Kota yang menjadi persinggahan bagi pengendara dari Sumatera ke Pulau Jawa atau sebaliknya ini memang cukup terkenal dari segi destinasi wisata. Karena letaknya yang strategis, Lampung menjadi salah satu kota di pulau Sumatera yang wajib disinggahi. Alam di Lampung masih cukup alami sehingga tak heran banyak pasang mata yang tertarik mengunjunginya.

Dibalik serunya destinasi wisata di Lampung, ada deretan oleh-oleh khas yang menanti untuk dijelajahi. Oleh-oleh dari pulau Sumatera pun tidak kalah menarik dari oleh-oleh yang berasal dari pulau lainnya di Indonesia kok. Nah, jika kamu memiliki rencana untuk mengunjungi Lampung, pastikan jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Lampung berikut ini.

Keripik Pisang Aneka

Oleh-oleh Khas LampungGambar : instagram.com/benacaty_blessedfood.id

Lampung dikenal dengan beberapa sebutan, diantaranya adalah julukan Kota Gajah dan Kota Pisang. Pasalnya, daerah ini menjadi pusat konservasi gajah yang dikenal dengan nama Way Kambas dan juga memiliki banyak tanaman pisang. Oleh sebab itu salah satu oleh-oleh khas Lampung yang paling dikenal adalah keripik pisang.

Bukan keripik pisang biasa, produksi dari keripik pisang Aneka adalah yang paling menjadi favorit dari kota ini. Apalagi kamu bisa mendapatkannya dengan harga belasan ribu rupiah saja dan memilih beberapa varian rasa seperti susu, original, dan cokelat. Keripik pisang Aneka dari Lampung juga memiliki cita rasa khas pulau Sumatera dengan kerenyahan yang terjaga dalam waktu yang lama.

Kerupuk Cumi

Di bagian Lampung pesisir kamu bisa dengan mudah menemukan oleh-oleh yang satu ini. Sebagaimana namanya, kerupuk cumi memiliki cita rasa seafood cumi-cumi. Cara pembuatannya memang relatif sama seperti pembuatan kerupuk pada umumnya. Namun tentu saja tidak sembarang tempat memiliki produksi kerupuk cumi.

Penganan renyah ini adalah salah satu oleh-oleh khas Lampung yang menjadi daya tarik utama ketika mengunjungi pantai di Provinsi Lampung. Jika kamu tertarik bahkan bisa langsung ke rumah produksinya untuk mengetahui proses pembuatan kerupuk cumi sembari memborongnya sebagai cendera mata dari Lampung.

Pie Pisang Lampung

Seiring dengan banyaknya kreasi makanan masa kini, Lampung juga mempunyai olahan cemilan manis yang menggugah selera ala makanan hits, yakni pie pisang. Masih dengan kearifan lokalnya yang memiliki banyak pohon pisang, jika sudah bosan dengan pie susu yang rasanya sangat manis, kamu wajib untuk mencoba pie pisang khas Lampung.

Pie pisang Lampung dibuat dengan bentuk menyerupai pisang terbelah dan disajikan dengan beberapa varian rasa dengan varian favorit almond, keju, dan cokelat. Oleh-oleh khas yang satu ini bisa kamu dapatkan di sentra oleh-oleh bandara atau langsung ke store pie pisang Lampung ya.

Dodol Pandan Lampung

Pulau Sumatera memang kaya akan olahan makanan yang memiliki nama serupa namun cita rasanya bisa berbeda. Sekilas dodol pandan Lampung terlihat seperti dodol Kerinci Jambi namun dengan versi yang lebih besar. Cita rasanya tentu berbeda karena dodol pandang Lampung dikenal legit dengan aroma pandan yang cukup kuat.

Meskipun ada beberapa merek dodol pandan ternama dari Lampung, saat memilihnya di toko oleh-oleh kamu bisa menanyakan apa yang menjadi ciri khas dari masing-masing merek tersebut. Soal harga jangan risau akan kehabisan budget karena dodol pandan ini bisa kamu peroleh mulai dari Rp15.000-an saja kok.

Kopi Lampung

Siapa nih yang termasuk pecinta kopi? Ada kopi dari Lampung yang wajib kamu bawa pulang ke rumah ketika berkunjung ke Lampung. Perlu diketahui bahwa kopi Lampung mempunyai cita rasa pahit yang khas dengan kandungan kafein yang tinggi. Namun ada juga kok varian kopi lain yang tidak terlalu pahit.

Ada beberapa jenis kopi Lampung yang biasanya tersedia di sentra oleh-oleh. Namun jenis yang paling terkenal adalah kopi robusta red cherry dan kopi durian yang cocok diminum saat menonton bola atau duduk santai bersama di sore hari.

Pempek Nori

Meskipun Palembang sudah dikenal dengan olahan pempek khas-nya, namun Lampung juga punya olahan pempek sendiri dengan nama pempek nori. Penganan nikmat dengan komposisi utama ikan tenggiri dan tepung dari Lampung ini memiliki ciri khas isian keju di dalamnya.

Sama seperti pempek lainnya, kamu bisa memilih beberapa jenis atau varian pempek dengan kuah cukonya yang mantap. Ada varian pempek telur, keju, adaan, dan lenjer yang juga melayani pesan antar ke berbagai daerah di Indonesia.

Sambal Lingkung

Oleh-oleh khas Lampung selanjutnya adalah sambal lingkung. Menariknya, oleh-oleh ini justru lebih tepat disebut dengan abon dibanding sambal. Namun keunikannya juga terletak dari bahan dasar ikan tenggiri yang digunakan pada sambal lingkung diolah bersama dengan bumbu rempah khas Lampung lainnya untuk menghasilkan lauk yang gurih dan sedap.

Sambal lingkung bertekstur kering dan tanpa kandungan air sehingga memang benar-benar mirip dengan abon. Oleh sebab itu tak heran jika sambal lingkung tahan hingga berbulan-bulan lamanya apabila diletakkan dalam wadah kedap udara.

Kain Tapis

Kalau yang satu ini adalah oleh-oleh khas Lampung premium berupa kain tenun berupa sarung. Tidak heran harga jual dari kain tapis berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah karena menggunakan bahan berkualitas serta motif menawan seperti motif flora dan fauna untuk kain tapis pesisir dan motif lebih sederhana untuk kain tapis pedalaman.

Salah satu kekayaan budaya dari Lampung ini sudah ada sejak abad ke-2 sebelum Masehi sehingga tak heran banyak digemari oleh pencinta kekayaan budaya.

Bakso Sony

Oleh-oleh khas Lampung selanjutnya cocok untuk pencinta kuliner bakso karena Lampung punya produk bakso unggulan, yakni bakso Sony. Seantero Lampung sudah tidak asing lagi dengan bakso ini karena cabangnya telah tersebar dimana-mana dan dikenal dengan kualitas bakso yang kaya bahan dagingnya.

Untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, bakso Sony dikemas dalam kemasan vakum beku yang hanya perlu dihangatkan saja ketika kamu ingin memakannya di rumah.

Sambal Goreng Udang

Oleh-oleh khas Lampung terakhir yang wajib kamu beli adalah sambal goreng udang. Bukan sambal goreng udang biasa, ini adalah sambal goreng udang spesial dengan bumbu istimewa. Isian dari produk olahan sambal goreng udang khas Lampung ini adalah ebi dan kentang yang diolah dengan bumbu khas dan dikemas memenuhi food grade yang tahan lama. Rasanya jangan diragukan lagi karena satu kaleng sambal goreng udang tidak akan cukup dan nagih.

Itulah daftar 10 oleh-oleh khas Lampung yang sampai saat ini masih menjadi kesukaan para pelancong dan masyarakat Lampung sendiri. Kearifan lokal serta makanannya yang bercita rasa unik membuat Lampung menjadi tempat healing yang tepat untuk melepas penat. Selain itu, seluruh oleh-oleh khas Lampung di atas bisa kamu dapatkan dengan budget yang ramah di kantong.