Makanan Khas Papua

Kita tentu tidak asing lagi dengan kekayaan dan keindahan alam Papua. Raja Ampat, Selat Sorendiweri, Danau Sentani, dan deretan tempat wisata lainnya sukses menghipnotis para pelancong lokal dan mancanegara. Tidak kalah unik, Papua juga memiliki segudang makanan khas yang wajib kamu coba meski sering kali underrate dari makanan khas daerah lainnya. Yuk, intip rekomendasi 10 makanan khas Papua yang tidak kalah lezat berikut ini.

Sate Ulat Sagu

Makanan Khas PapuaGambar : Instagram @belanga.id

Kuliner Papua yang satu ini mungkin akan membuat sebagian dari kamu merinding. Selain memanfaatkan sari pati sagu, masyarakat Papua mempunyai makanan khas yang berasal dari ulat sagu. Biasanya ulat sagu bisa dimakan langsung dari pohon tanpa dimasak terlebih dahulu. Namun saat ini banyak tersedia olahan ulat sagu yang lebih inovatif seperti ditumis, goreng, dan bahkan dijadikan sate.

Sate ulat sagu khas Papua sering dijumpai di daerah Wamena dengan harga per porsi hanya Rp25.000-an saja. Jangan khawatir, ulat sagu kaya akan kandungan gizi lho. Selain itu karena masyarakat setempat punya resep turun temurun, maka rasanya akan lebih autentik. Tertarik mencobanya?

Papeda

Siapa sih yang tidak tahu papeda? Kuliner ini menjadi salah satu makanan khas Papua yang paling populer di Indonesia. Tekstur papeda yang lengket memang terasa agak asing bagi sebagian orang yang sudah biasa memakan penganan padat. Meski beberapa daerah di Papua sudah mengganti makanan pokok dari sagu ke padi, namun di wilayah pesisir Papua khususnya, papeda masih jadi makanan pokok sekaligus makanan khas.

Papeda biasa disantap bersama dengan kuah kuning dan ikan yang fresh hasil pancingan masyarakat setempat. Ada pula resto di Papua yang menyediakan menu papeda dengan pendamping sayur ganemo alias sayur tumis daun melinjo muda dan pepaya.

Kue Bagea

Makanan khas yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Indonesia bagian Timur ini adalah kue bagea. Masih berbahan dasar sagu, kue bagea menawarkan cita rasa unik yang pas di lidah. Bahan dasar pembuatan kue bagea di antaranya adalah sagu, terigu, biji kenari, gula, cengkih, kayu manis, dan kacang tanah.

Tidak hanya rasa manis saja yang bisa kamu cicipi saat membeli kue bagea. Di Papua, masyarakat mengolahnya dengan banyak inovasi rasa seperti asin dan bahkan tersedia pula rasa kacang hijau.

Kue Lontar

Masih ada nih rekomendasi makanan khas Papua yang bercita rasa manis gurih. Jika kamu penggemar kue pie, maka sudah pasti akan jatuh cinta dengan rasa kue lontar. Menurut sejarahnya, kue lontar sudah eksis sejak masa Belanda dahulu dan disebut dengan rontart. Namun dalam bahasa Indonesia dan oleh masyarakat sekitar, namanya berubah menjadi kue lontar.

Meski pada awalnya kue lontar dibuat dengan cetakan besar, namun saat ini kamu bisa membawa kue lontar versi mini sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Papua. Harga per pack-nya pun sangat ramah di kantong, yakni hanya Rp25.000-an saja kok.

Aunu Senebre

Ingin mencicipi makanan khas Papua tanpa bahan dasar sagu? Kalau begitu kamu wajib mencoba aunu senebre. Dari segi nama maupun rasa, kuliner yang satu ini memang unik. Proses pembuatan aunu senebre dimulai dari ikan teri yang digoreng bersamaan dengan nasi lalu dikukus setelah dicampur dengan daun talas dan kelapa parut.

Bumbu yang digunakan untuk memasak aunu sinebre kurang lebih sama dengan bumbu sup sehingga kuliner yang satu ini sangat kaya rasa dan lezat. Tidak kalah populer dengan papeda, aunu senebre juga kerap disajikan dalam list menu resto di Papua. Sudah terbayang kelezatannya?

Sambal Colo-colo

Siapa bilang Papua tidak punya sambal khas? Sambal colo-colo adalah satu dari sekian banyak sambal khas Indonesia yang menggugah selera. Tidak hanya sensasi pedas saja, sambal colo-colo juga memiliki cita rasa segar dan asam yang dijamin membuat selera makan kamu terus meningkat.

Sekilas, sambal colo-colo mirip dengan sambal matah karena tidak melalui proses memasak terlebih dahulu. Potongan cabai, bawang, dan tomat langsung disatukan dengan sedikit garam lalu diberi perasan jeruk nipis sehingga sangat nikmat untuk dimakan bersama nasi hangat dan ikan goreng.

Sagu Lempeng

Daerah Timur Indonesia memang identik dengan makanan khas berbahan dasar sagu. Kalau yang satu ini sudah jelas tertera pada namanya bahwa kamu dapat mencicipi rasa gurih dari sagu yang berbentuk lempengan padat. Penganan sagu lempeng diolah dengan cara dicetak di suhu panas hingga kering sehingga dapat bertahan lama dan cocok dibawa pulang sebagai buah tangan.

Sagu lempeng memiliki cita rasa unik yang hampir mirip dengan kue bagea. Namun karena lebih padat dan kering, sagu lempeng juga bertekstur lebih renyah.

Udang Selingkuh

Jangan dulu salah fokus dengan namanya. Udang selingkuh merupakan makanan khas Papua yang juga berasal langsung dari kekayaan alam Papua. Pada daerah dekat pantai dan pulau-pulau yang ramai pelancong, menu udang selingkuh sangat diminati.

Udang yang digunakan untuk olahan makanan khas ini merupakan jenis udang besar seperti lobster dengan capit yang juga jumbo. Pemilihan ini sengaja dilakukan untuk menghadirkan sensasi gurih dan manis alami dari daging udang. Apalagi dengan bumbu khas olahan masyarakat sekitar, dijamin kamu akan menghabiskannya dalam porsi besar.

Ikan Bakar Manokwari

Masih ada nih makanan khas Papua yang juga tidak kalah populer di kalangan para turis. Sebagaimana yang tertera pada namanya, ikan bakar Manokwari bisa ditemukan dengan mudah di daerah Manokwari. Pada umumnya, masyarakat menggunakan ikan tongkol bakar yang dibumbui dengan rempah pilihan. Untuk memberi rasa segar, tak lupa ada perasan jeruk nipis dalam proses marinasinya.

Teman pendamping menu lezat yang satu ini adalah sambal pedas yang digiling langsung di tempat. Ikan bakar Manokwari cocok untuk kamu si penggila pedas.

Sarang Semut Papua

Selain keindahan alamnya, Papua juga punya banyak rempah dan bahan yang seringkali dijadikan obat manjur penyakit tertentu. Sebagian dari kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak lintah Papua dan sarang semut yang laris manis hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Sarang semur Papua merupakan salah satu makanan khas yang dikenal ampuh untuk mengobati TBC, reumatik, bahkan penyakit kanker. Dijual per bungkus dengan takaran tertentu, sarang semut Papua bisa kamu dapatkan dari masyarakat asli sekitar.

Itulah makanan khas Papua yang tidak kalah lezat dan wajib kamu coba. Tidak melulu berbahan sagu, Papua juga memiliki banyak makanan khas lainnya yang lezat dan wajib diacungi jempol. Dengan bumbu khas dan rasa yang unik, dijamin deretan makanan di atas akan membuatmu lekas rindu dengan suasana Papua saat telah kembali ke kampung halaman.