Oleh-oleh Khas Batam yang Terkenal

Siapa nih yang menjadikan Batam sebagai kota tujuan travelling? Kota yang berseberangan langsung dengan Malaysia dan Singapura ini memang sangat memikat mata. Selain objek wisatanya yang menarik, Batam menjadi kota tujuan pelancong yang ingin membeli barang-barang branded dengan harga yang miring. Namun yang lebih menawannya lagi banyak makanan khas Batam yang lezat sehingga tak heran para wisatawan betah menghabiskan waktu liburan di Batam.

Selepas berkeliling kota Batam, kurang lengkap rasanya apabila kamu tidak berburu oleh-oleh khas Batam. Nah, kami akan membantumu merumuskan list oleh-oleh khas Batam yang tidak boleh kamu lewatkan ketika mengunjungi kota ini. Untuk informasi lengkapnya, simak tulisan berikut.

Cokelat Rocklate

Oleh-oleh Khas BatamGambar : instagram.com/coklatrocklate

Hingga saat ini cokelat Rocklate masih menjadi favorit para wisatawan dan masyarakat Batam khususnya anak muda. Bagaimana tidak karena tampilan dan kemasan penganan ini sangat menarik dan cantik sehingga cocok dijadikan sebagai gift atau pun buah tangan yang unik. Cokelat Rocklate memadukan cokelat batangan dengan marshmallow sehingga terlihat ‘ramai’ dalam hal tampilannya.

Cokelat Rocklate bisa kamu dapatkan dengan mudah di sentra oleh-oleh Batam atau store di sepanjang sudut kota Batam.

Layers Batam Lamoist

Sebagaimana penamaan penganan ini, maka kamu tentu sudah bisa menebak bahwa ada cita rasa yang berlapis-lapis di dalamnya. Sekilas memang Layers Batam Lamoist terlihat seperti lapis legit. Apalagi rasanya juga sama-sama manis dan sangat lembut dari segi tekstur.

Layers Batam Lamoist cocok dijadikan sebagai buah tangan bagi orang tua di rumah atau kerabat yang menyukai penganan kue dengan rasa manis yang pas. Jangan khawatir, oleh-oleh khas Batam yang satu ini juga menawarkan banyak varian kok sehingga kamu bisa memilihnya dengan leluasa di store-nya langsung.

Luti Gendang

Oleh-oleh khas Batam selanjutnya adalah Luti Gendang. Penganan ini adalah favorit masyarakat Batam karena cocok disajikan sebagai teman minum kopi dan teh di sore hari. Rasanya sangat lezat dan gurih sehingga tidak akan cukup memakan satu saja.

Luti Gendang banyak dijajakan di pasar tradisional atau rumah makan di sekitar kota Batam. Luti Gendang disebut pula dengan roti isi khas Batam karena memang oleh-oleh khas yang satu ini adalah roti goreng yang diberi isian ikan atau campuran bahan lainnya. Harga satu kota Luti Gendang hanya sekitar Rp20.000-an saja kok.

Brownies Lava

Kamu suka brownies? Ketika ke Batam sebaiknya jangan melewatkan brownies lava khas kota Batam yang memiliki tekstur melted dan lembut. Ya, makna ‘lava’ pada makanan manis ini berarti lelehan cokelat manis. Meski begitu rasa dari brownies lava tidak akan membuat enek karena dipadukan dengan adonan brownies yang pas.

Sama seperti oleh-oleh khas Batam lainnya, brownies lava bisa dengan mudah kamu temukan di sentra oleh-oleh karena di Batam tersedia banyak merek dagang brownies lava. Jika kurang suka rasa cokelat, kamu bisa memborong varian rasa lainnya seperti kacang, keju, hingga original dan blackforest.

Bingka Bakar

Mayoritas suku Melayu di Batam menjadikan kota ini memiliki makanan khas yang sekaligus menjadi oleh-oleh khas dengan cita rasa unik. Contohnya saja makanan yang satu ini. Bukan bingka biasa, namun kamu wajib menyicipi dan memboyong pulang bingka bakar khas Batam yang menebarkan aroma menggoda.

Bingka bakar memiliki tekstur yang lembut namun berserat padat. Rasa yang paling disukai oleh para wisatawan lokal dan mancanegara adalah rasa pandan. Namun jika kamu ingin varian yang lain, banyak bingka bakar khas Batam dengan rasa strawberry atau buah lainnya, keju, cokelat, atau bahkan jagung. Sudah tidak sabar mencicipi dan memborong oleh-oleh khas ini?

Teh Merah Rosella

Oleh-oleh khas Batam yang tidak boleh kamu lewatkan juga adalah teh merah Rosella. Ya, benar sekali jika kamu menebak bahwa teh ini dibuat dari bunga Rosella. Aroma khas-nya dan warna merah dari bunga Rosella membuat teh ini disukai oleh para herbalis. Meski ada beberapa produk teh bunga Rosella yang lain, tetap saja teh khas Batam ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Apalagi teh merah Rosella dari Batam dibuat dengan proses pengeringan bunga Rosella sehingga kandungan gizi dan aromanya tidak berubah. Teh ini juga bisa menjadi salah satu alternatif relaksasi bagi kamu selepas penat bekerja.

Batam Ogura

Batam memang bisa dijadikan surga makanan manis yang kekinian dan inovatif. Batam Ogura adalah oleh-oleh khas Batam selanjutnya yang membawa konsep trendsetter ala Jepang. Batam Ogura menjadi salah satu makanan yang hits di kota ini karena tampilannya yang cantik dan rasanya yang enak.

Batam Ogura memang mengadopsi konsep cheese cake yang sedang digemari anak muda sehingga rasanya pun sangat variatif mulai dari red velvet, cokelat, hingga green tea. Kalau kamu sendiri mau bawa pulang varian rasa apa nih?

Kaos T-Obenk

Pernah mendengar tentang teh obeng? Ternyata, teh obeng adalah sebutan untuk teh manis di Batam. Makanya jangan kaget kalau ada yang pesan menu teh obeng ketika berkunjung ke resto. Nah, untuk semakin menonjolkan keunikan ini, maka muncullah inovasi dari para generasi muda dengan menghadirkan oleh-oleh khas Batam berupa kaos t-shirt dengan nama kaos T-Obenk.

Jika memberikan oleh-oleh ini ke teman dan kerabat, tentu mereka akan langsung tahu bahwa kamu baru saja pulang dari Batam. Tenang, harga kaos T-Obenk cukup terjangkau kok, yakni Rp50.000-an saja sehingga kamu bisa memborongnya pulang.

Kue Batang Buruk

Jangan dulu salah sangka dengan namanya. Di balik nama batang buruk, ada rasa yang lezat kok. Kue batang buruk sudah menjadi makanan ringan legendaris khas Batam sehingga jangan sampai kamu melewatinya untuk dibawa pulang.

Ya, walaupun dinamakan kue batang buruk karena tampilannya menyerupai batang yang sudah tidak elok lagi, rasa gurih kue ini dijamin akan membuatmu rindu suasana kota Batam. Jika tertarik ingin mengetahui proses pembuatannya, bisa kok bertandang ke rumah produksinya langsung.

Kek Pisang Villa

Nah, kalau oleh-oleh khas Batam yang satu ini menggunakan bahan baku utama buah pisang lho. Rasanya jangan ditanya lagi karena ada kombinasi manis-manis pisang dan bolu yang menyatu. Menariknya, kek pisang villa khas Batam memiliki selain yang menghiasinya sehingga lebih kaya rasa dan mengenyangkan. Kek pisang villa juga termasuk oleh-oleh yang tahan lama dan dijual dimana saja seputaran kota Batam.

Itulah daftar oleh-oleh khas Batam yang wajib kamu borong dan bawa pulang ke kampung halaman. Meski sekarang telah banyak jasa titip oleh-oleh, namun tentu memburu oleh-oleh khas sendiri lebih menyenangkan sembari mengelilingi kota Batam. Bahkan jika membeli dalam jumlah yang besar, dijamin kamu akan diberi potongan harga.