10 Makanan Khas Jawa Tengah yang Terkenal Enak

Setiap daerah pasti memiliki budayanya yang unik dengan ciri khas-nya masing-masing. Seperti di Jawa Tengah misalnya, makanan khas-nya didominasi oleh cita rasa yang gurih dan agak manis. Makanan khas Jawa Tengah juga melegenda dengan bumbu atau resep yang diwariskan dari satu generasi ke generasi.

Penasaran apa saja makanan khas Jawa Tengah? Berikut 15 makanan khas Jawa Tengah yang populer dan terkenal memiliki cita rasa yang enak:

Tahu Petis

Makanan Khas Jawa TengahGambar : Instagram @semarangfoodgram

Seperti namanya, makanan khas ini terdiri dari tahu dan petis atau saus berwarna hitam. Tekstur dari tahu petis padat dan mengenyangkan, oleh sebab itu sering dijadikan teman camilan bersama secangkir kopi saat duduk santai di sore hari. Tahu petis khas Semarang sangat nikmat bila dimakan dengan cabai rawit. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di perempatan pasar, penjual gorengan, hingga toko kue tradisional.

Lumpia Semarang

Makanan khas yang mirip dengan risol ini memang memiliki rasa favorit semua orang. Lumpia Semarang biasanya diisi dengan udang, ayam, telur, dan sayuran. Jika kamu berkunjung ke Semarang, banyak toko-toko yang menjajakan lumpia dengan cita rasa khas-nya. Lumpia Semarang juga ada varian basah dan kering lho. Kalau kamu suka yang mana?

Tempe Mendoan

Tempe Mendoan masuk dalam jajaran makanan merakyat yang bisa ditemui dimanapun meskipun kamu tidak berada di Jawa Tengah. Namun, sebenarnya salah satu gorengan melegenda ini berasal dari Jawa Tengah. Cara membuatnya yang cukup mudah menjadikan tempe mendoan sangat disukai oleh Ibu-ibu saat membuat camilan di rumah.

Telur Asin

Sama seperti tempe mendoan, telur asin juga memang ditemui dimana-mana. Makanan khas asal Brebes, Jawa Tengah ini juga sukses menjadi kesukaan para bule di luar negeri lho! Meskipun cara membuatnya cukup mudah, saat berkunjung ke Jawa Tengah kamu harus mencoba telur asin asli Brebes yang memiliki cita rasa yang khas.

Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan makanan khas Pati, Jawa Tengah. Makanan yang satu ini sangat mengenyangkan dan cocok disantap saat makan siang atau makan malam. Rahasia makanan ini sangat nikmat terletak pada proses memasak nasinya yang menggunakan daun pandan. Selain itu, siraman kuah dan daging sapi yang dilengkapi lauk pauk lainnya tentu menggiurkan para pencinta kulineran.

Enting-enting Gepuk

Nah, kalau makanan khas yang satu ini cocok bagi kamu penggemar makanan manis. Rasanya yang pas tidak membosankan dan cocok dihidangkan dengan teh dikala bersantai. Enting-enting gepuk berasal dari Salatiga, Jawa Tengah. Uniknya, makanan ini diolah dari kacang tanah yang dicampur dengan gula jawa dan dipadatkan berbentuk segi tiga. Di Jawa Tengah, enting-enting gepuk tersedia dengan stok banyak ketika kamu ke sentra oleh-oleh.

Nasi Liwet

Makanan yang menjadi ikon dari Solo, Jawa Tengah ini memang tidak diragukan lagi rasanya. Rasa yang khas dari nasi liwet berasal dari cara memasaknya yang menggunakan santan dan daun pandan. Penyajian nasi liwet biasanya diberi alas daun pisang dan lauk pauk berupa telur, sambal, dan orek-orek. Tak perlu ribet mencari nasi liwet di Jawa Tengah karena hampir di resto dan setiap lapak dagangan kaki lima pada malam hari menyediakan menu ini.

Soto Kudus

Varian soto di Indonesia memang sangat banyak dan salah satunya adalah soto kudus yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Penyajian soto kudus sangat unik karena menggunakan mangkok kecil atau mini dengan porsi yang penuh. Biasanya di Jawa Tengah makanan ini menggunakan bahan utama daging kerbau atau daging sapi yang diiris tebal. Wah, membayangkannya saja tentu sudah terasa nikmat dan cocok bagi penggemar daging.

Wajik

Makanan khas Jawa Tengah yang populer lainnya adalah wajik. Para orang Jawa yang merantau biasanya menyajikan wajik di acara-acara penting. Namun di Jawa Tengah kamu bisa dengan mudah menemukan wajik di penjaja makanan. Teksturnya yang lembut dan legit dengan cita rasa gula jawa yang khas membuat makanan ini cocok disantap saat bersantai di sore hari. Wajik terbuat dari beras ketan dan memiliki rasa original gula merah. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman rasa wajik juga semakin bervariasi.

Getuk

Getuk memang tersebar dimana-mana tidak hanya di Jawa Tengah saja. Itulah yang menjadi sisi menarik dari jajanan pasar yang legendaris ini. Terbuat dari singkong rebus atau kukus dan diberi parutan kelapa, getuk punya rasa manis dan gurih yang pas di lidah orang Indonesia. Pada masa dahulu, getuk hanya berwarna putih dan rasa original singkong berbalut kelapa saja. Namun saat ini, getuk berwarna-warni dengan variasi rasa yang semakin menggugah selera.

Mangut Beong

Apakah kamu menyukai makanan khas berupa olahan ikan? Maka saat berkunjung ke Jawa Tengah, cobalah mangut beong khas Magelang. Beong merupakan jenis ikan yang mirip dengan lele namun lebih besar. Ikan beong merupakan hewan endemik yang hidup di Sungai Progo. Oleh sebab itu, tak heran olahan ini biasa ditemui di sekitar daerah Sungai Progo. Rasanya yang khas dengan daging padat dan lembut akan membuat acara kulineranmu di Jawa Tengah menjadi sangat berkesan.

Nasi Grombyang

Jawa Tengah memang surganya kuliner yang mengenyangkan. Kali ini makanan khas-nya datang dari Pemalang yang dinamakan Nasi Grombyang. Hal menarik dari nasi grombyang adalah sajiannya yang dipenuhi kuah serta lauk. Biasanya saat ke Pemalang, kamu akan menemui olahan makanan khas ini dengan lauk utama daging kerbau dengan kuah pedas yang nikmat. Tak heran jika nasi grombyang sukses jadi makanan yang hype di kalangan wisatawan.

Jenang Kudus

Jika di Jawa Barat terkenal dengan dodol garut, maka Jawa Tengah ada dodol populer yang disebut dengan jenang kudus. Makanan khas dengan cita rasa manis ini memiliki tekstur yang lebih lembut, kenyal, dan cenderung berminyak. Menariknya saat ini jenang kudus memiliki banyak variasi pola tampilan yang membuatnya semakin cantik lho.

Garang Asem

Garang asem cocok bagi kamu yang lebih menyukai makanan olahan ayam daripada daging sapi, kerbau, atau ikan. Saat berkunjung ke Jawa Tengah, hampir seluruh resto akan menyajikan menu andalan yang satu ini. Seperti namanya, garang asem menggunakan asam air jeruk sebagai cita rasa uniknya. Kamu akan merasakan nikmatnya olahan ayam, santan, asam dari jeruk dan juga tomat iris.

Intip

Namanya yang unik pasti membuat kamu bertanya-tanya seperti apa rasa dari Intip. Makanan khas dari Solo, Jawa Tengah ini merupakan jajanan legendaris yang biasa ditemui di pasar-pasar atau sentra oleh-oleh Jawa Tengah. Intip adalah kerak nasi goreng yang renyah. Kamu bisa mencoba rasa original (asin gurih) atau manis (gula jawa cair).

Makanan khas Jawa Tengah memang sangat menggugah selera dan murah meriah. Bahkan telah banyak resep yang tersebar luas agar kamu bisa mengolah sendiri di rumah. Namun tentu saja cita rasa khas-nya akan berbeda. Jika berkunjung ke Jawa Tengah, makanan khas apa yang ingin kamu coba?