Oleh-oleh Khas Makassar yang Terkenal

Sudah pernah berkunjung ke Indonesia bagian timur atau belum? Banyak hal dari Makassar yang memikat hati pelancong lokal dan manca negara mulai dari alam, sejarah, hingga budayanya. Selain itu, jalan-jalan di Makassar tentu belum lengkap apabila belum mencicipi kuliner khas atau mencoba ikut serta dalam agenda pembuatan kerajinan daerah.

Gambaran liburan di Makassar yang mengasyikkan tersebut bisa kamu lakukan ketika liburan bersama orang terkasih atau solo travelling. Jangan lupa siapkan pula budget yang lebih untuk membeli oleh-oleh khas Makassar yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Penasaran apa saja daftar oleh-oleh khas Makassar? Berikut ini informasinya khusus untuk kamu.

Sarung Tenun Bugis

Oleh-oleh Khas MakassarGambar : instagram.com/sutra_sengkang_lagosi

Rekomendasi pertama adalah kain sarung tenun Bugis yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di sentra oleh-oleh dekat Pantai Losari. Makassar didominasi oleh suku Bugis sehingga tak heran hasil kriya dan kebudayaan dari masyarakat Bugis sangat banyak di Makassar. Kain sarung tenun Bugis adalah salah satu yang paling laris diburu para pelancong karena kualitasnya yang baik.

Sarung tenun ini dibuat dengan corak khas yang melambangkan kebudayaan Bugis dan filosofi masyarakat setempat sehingga sangat cocok bagi kamu yang menyukai hal-hal berbau kebudayaan lokal. Untuk harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan.

Kopi Toraja

Mengunjungi Makassar tentu belum lengkap tanpa menyeruput nikmatnya kopi Toraja. Kopi khas Sulawesi Selatan yang satu ini sukses menjadi kebanggan dan kesukaan para pencinta kopi. Pada dasarnya, kopi ini menggunakan jenis kopi Arabica dengan rasa yang mantap namun tidak membuat lambung perih.

Kopi Toraja mudah ditemukan di Makassar dengan beberapa merek lokal ternama. Jika kurang menyukai jenis Arabica, ada juga kok jenis kopi lainnya yang tidak kalah segar untuk teman mengobrol bersama tamu di kampung halaman.

Kacang Sembunyi

Kalau biasanya kamu menemukan makanan ringan ini saat Idul Fitri saja, di Makassar sudah tentu kacang sembunyi tersedia setiap hari. Disebut kacang sembunyi karena kacang pada adonan snack ini diletakkan di dalam sehingga tidak terlihat. Kacang sembunyi memiliki cita rasa manis yang pas dari gula merah karamel yang menyelimutinya.

Jika sedang berjalan-jalan di pasar tradisional, kamu akan menemukan banyak penjaja kacang sembunyi dengan harga yang bersahabat. Jika ingin membeli yang versi lebih banyak dan besar, kacang sembunyi juga bisa dengan mudah didapatkan di sentra oleh-oleh dekat Masjid Terapung Makassar.

Sirup Markisa

Makan buah markisa mungkin sudah biasa, namun bagaimana rasanya jika ada sirup yang berbahan dasar buah markisa? Ya, buah dengan cita rasa segar dan manis tersebut telah diolah dan diambil ekstraknya sehingga menghadirkan rasa buah markisa yang asli, bukan perisa buatan. Sirup markisa khas Makassar ini sangat unik dan telah dijajakan secara luas di minimarket atau supermarket di seluruh Makassar.

Jika ingin membeli beberapa botol untuk dibagikan kepada kerabat atau sanak keluarga terdekat, kamu tidak harus membeli versi botol besar karena produsen sirup markisa di Makassar telah menyediakan kemasan kecil yang lebih simple untuk dibawa pulang.

Otak-otak Ikan Tenggiri

Ketika mengintari Pantai Losari, Akkarena, atau pantai lainnya di Makassar, kamu juga bisa dengan mudah menemukan hidangan otak-otak ikan tenggiri. Bukan olahan biasa, tentunya otak-otak ikan tenggiri khas Makassar punya cita rasa yang membuatmu akan rindu dengan suasana Makassar.

Makanan dan bumbu Makassar biasanya bercita rasa segar dan asam namun tidak terlalu pedas. Rasa yang demikian cocok untuk siapa saja termasuk anak-anak yang biasanya tidak menyukai makanan pedas. Jika sedang terburu-buru mengejar jadwal pesawat, otak-otak ikan tenggiri yang lezat ini bisa menjadi opsi buah tangan kamu.

Syroop DHT

Mencari oleh-oleh minuman legendaris seperti limun dari Jawa Tengah atau sirup tjampolay dari Jawa Barat? Ada nih, namanya Syroop DHT yang telah diproduksi sejak dahulu tanpa mengubah resep aslinya hingga saat ini. Status legendaris syroop DHT semakin terlihat dari kemasannya yang beraura jadul sehingga menimbulkan kesan unik.

Lantas bagaimana rasa syroop DHT? Meski sama-sama legendaris seperti minuman sirup dari daerah lain, syroop DHT tidak menawarkan banyak varian rasa melainkan pada umumnya fokus kepada rasa pisang ambon saja. Jangan lupa memboyong sirup ini pulang ya.

Minyak Tawon Makassar

Badan pegal-pegal sesudah menyusuri kota Makassar? Tenang, ada minyak tawon Makassar yang terbukti ampuh mengusir pegal, otot tegang, bahkan menyembuhkan bisul dan gatal-gatal karena gigitan serangga. Karena khasiatnya yang sedemikian ampuh, minyak tawon Makassar banyak dibeli oleh para wisatawan sebagai buah tangan yang bermanfaat jangka panjang.

Jika kamu penasaran dengan proses pembuatannya, bisa kok berkunjung ke tempat produksi sambil mempelajari atau bertanya dengan masyarakat sekitar mengenai sejarah minyak tawon Makassar ini. Meskipun minyak tawon bisa pula dibeli secara online, namun untuk menghindari barang palsu lebih baik kamu langsung membelinya di Makasar saja.

Kacang Disko

Rekomendasi oleh-oleh khas Makassar selanjutnya adalah kacang disko. Nama yang unik dari snack yang satu ini berasal dari proses pembuatannya yang digoyang-goyang setelah diadoni sehingga terlihat seperti sedang berdisko. Penganan ini juga tersedia di daerah lain namun tentu saja denga rasa khas yang berbeda.

Di sentra oleh-oleh Makassar kamu akan menemukan banyak merek lokal yang membuat produk kacang disko. Harga yang ditawarkan pun cukup murah sehingga tidak akan menguras kantong kamu.

Kerupuk Jintan

Nah, kalau oleh-oleh khas Makassar yang satu ini cocok dijadikan sebagai teman makan nasi. Ya, apalagi kalau bukan kerupuk. Uniknya, kerupuk khas Makassar yang satu ini ditambahkan bahan jintan hitam sehingga menjadikannya kerupuk jintan yang gurih dan renyah. Kamu bisa juga kok mencicipinya terlebih dahulu di resto atau pasar tradisional di Makassar.

Agar lebih mudah membawanya sebagai buah tangan dari Makasasar, kamu bisa membeli kerupuk jintan mentah untuk digoreng sendiri di rumah. Harga perkilo gram kerupuk ini juga sangat terjangkau sehingga kamu bisa stok banyak.

Kue Kurma

Ada lagi nih oleh-oleh khas Makassar dengan nama unik, yakni kue kurma. Dinamakan demikian karena wujud dari penganan manis ini mirip dengan kurma. Meski tidak menggunakan bahan dasar kurma, rasa manis dari karamel dan gurih kacang tanah di bagian luarnya sangat lezat sehingga cocok dijadikan sebagai teman minum kopi Toraja atau teh di sore hari.

Demikian informasi mengenai oleh-oleh khas Makassar yang wajib kamu bawa pulang. Seluruh deretan oleh-oleh di atas bisa kamu peroleh di sentra oleh-oleh di Ujung Pandang Makassar atau toko terdekat dengan alun-alun kota. Jangan lupa icip-icip makanan khas setempat di pinggir pantai agar kenangan di kota yang cantik ini semakin membekas.