Tempat Wisata di Majalengka yang Terkenal

Tidak hanya wisata alam saja, di Majalengka kamu bisa bermain di tempat wisata buatan yang hits dan instagramable. Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini memadukan wilayah dataran rendah dan mengandalkan daerah perbukitan untuk menarik minat wisatawan.

Tertarik travelling ke Majalengka? Berikut ini informasi tempat wisata di Majalengka yang menarik dan wajib untuk bisa kamu kunjungi:

Puncak Sawiyah

Tempat Wisata MajalengkaGambar : Instagram @puncaksawiyah

Travelling ke Majalengka belum lengkap kalau belum mengunjungi destinasi yang hits di sosial media. Salah satu tempat wisata yang hits adalah Puncak Sawiyah. Mencerminkan namanya, kawasan ini ada di puncak yang berudara dingin dan sejuk. Kamu tidak akan menyesal mampir kemari karena bisa melihat sekaligus Gunung Galunggung dan Gunung Papandayan. Pengelola juga telah menyiapkan banyak spot foto instagramable lho!

Kebun Teh Cipasung

Rasanya tidak ada yang tidak menyukai suasana asri dari hijaunya perkebunan teh. Destinasi wisata Kebun Teh Cipasung memiliki luas area sekitar 58 hektar yang terbentang dan akan memanjakan mata. Kamu bisa menikmati keindahannya sembari berselfie ria di tengah perkebunan teh. Jangan lupa icip-icip makanan di warung sekitar perkebunan ya!

Bukit Mercury Sayang Kaak

Walaupun budget menipis, kamu tetap bisa menikmati banyaknya spot foto tersusun rapi dan bersih di perbukitan ini. Dengan ketinggian 160 mdpl, tentu kamu akan merasakan sejuknya angin perbukitan sambil santai melepas penat sejenak. Mulai dari taman bunga, gardu pandang, hingga rumah ranting, semuanya unik dan estetik untuk diabadikan.

Situ Cipanten

Dengan luas kawasan mencapai 1 hektar, Situ Cipanten menawarkan pemandangan dan nuansa alam yang sejuk khas pegunungan. Kabarnya, tempat wisata ini sudah berdiri cukup lama, yakni sejak tahun 1973. Pengelola telah menyediakan beragam fasilitas dan wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung mulai dari perahu untuk berkeliling danau, spot foto jembatan cinta romantis, kapal, dan lainnya yang sangat menarik.

Cikadongdong River

Nah, kalau tempat wisata yang satu ini cocoknya untuk kamu para traveller yang menyukai wahana ekstrim. Tidak tanggung-tanggung, di sini kamu bisa menikmati river tubing hingga 350 meter lho! Dijamin kamu akan gembira bermain air bersama para sahabat dan keluarga saat piknik kemari. Arus air yang deras berpadu dengan pemandangan di sisi kiri dan kanan yang asri akan membuat kamu semakin betah.

Paraland Majalengka

Majalengka tentu mempunyai destinasi wisata andalan untuk piknik bersama keluarga besar. Salah satu tempat yang ramai dikunjungi adalah Paraland. Tempat ini sangat ramah anak karena memiliki fasilitas gratis seperti area foto 3D, trampolin dan area bermain anak. Namun, masih banyak wahana lain yang juga perlu kamu coba salah satunya yang paling hits adalah sepeda gantung.

Gua Lalay

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menikmati keindahan Green Canyon karena Indonesia juga punya versi lokalnya. Kabarnya, nama lalay diberikan pada gua ini karena di dalam gua tepatnya di bagian langit-langit terdapat banyak kelelawar. Kamu akan terpana oleh keindahan gua ini karena terdapat air terjun pelangi yang menjadi magnet bagi para wisatawan lokal dan Internasional.

Terasering Panyaweuyan

Selepas dari Gua Lalay, tidak ada salahnya kamu sekaligus mampir ke Terasering Panyaweuyan. Ada landscape perkebunan bawang disini. Itulah yang menjadi keunikan tersendiri bagi tempat ini karena bukan menanam padi. Selain indah, tentu harga tiketnya yang on budget sangat disukai oleh banyak generasi muda sehingga terasering ini termasuk yang paling hits di Majalengka.

Telaga Herang

Suka tempat wisata air yang jernih atau bening seperti kaca? Maka, kamu wajib datang ke Telaga Herang. Magnet Telaga Herang ada pada kondisi airnya yang jernih dan memiliki banyak ikan di dalamnya. Namun siapapun yang mengunjungi Telaga Herang dilarang untuk mengambil ikan ya, karena merupakan larangan mutlak. Siapkan kamera foto dan OOTD yang kece sesuai tema tempat supaya feel liburanmu semakin menyenangkan.

Jembar Waterpark

Saat liburan long weekend, biasanya Jembar Waterpark sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Pasalnya, tempat wisata yang satu ini memang mengasyikkan karena menyediakan banyak wahana air yang seru. Pengelola telah membuat area Jembar Waterpark menjadi tempat yang membuat anak-anak betah karena di dalamnya tersedia taman bermain, wahana air, hingga kebun binatang.

Curug Sempong

Majalengka memang terkenal dengan destinasi wisata curugnya. Jika kamu belum puas menikmati curug pelangi di Gua Lalay, cobalah untuk datang ke Curug Sempong. Kamu akan terpesona oleh air terjun yang jatuh agak ke dinding tebing dan memiliki nuansa orange di pinggir dindingnya. Di bawahnya, terdapat dua kolam cantik yang siap memanjakan mata serta suasana. Tapi jangan lupa hati-hati ya karena jalan bebatuannya agak licin.

Paralayang Gunung Panten

Selain bisa menikmati view Gunung Ciremai, di tempat wisata Paralayang ini kamu juga bisa mencoba wahana gantole dan tentunya paralayang yang disediakan oleh pengelola. Namun kedua wahana ini berbeda harga di kisaran 300-400 ribuan saja. Dengan sejuknya hawa gunung dan indahnya hamparan yang membentang, dijamin kamu tidak akan menyesal mampir ke Paralayang Gunung Panten.

Curug Cipeuteuy

Ada lagi nih rekomendasi curug hits dan cantik di Majalengka, yakni Curug Cipeuteuy. Namanya memang unik karena konon pada masa dahulu tempat di sekeliling curug terdapat pohon petai raksasa. Karena berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), maka kamu bisa menikmati air terjun sambil merasakan sensasi sejuknya hutan lindung dengan beragam tumbuhan yang elok.

Telaga Nila

Wisata alam di Majalengka memang selalu memikat. Kalau sedang berlibur di Majalengka, belum lengkap bila belum mampir ke Telaga Nila. Meski kawasannya tidak terlalu lebar, namun siapapun yang berkunjung ke Telaga Nila pasti akan terpesona oleh keindahan airnya yang seperti kaca. Bahkan, saking jernihnya, kamu bisa melihat pantulan pohon rimbun di sekitarnya sekaligus melihat ke dasar telaga lho!

Petilasan Prabu Siliwangi

Majalengka juga mempunyai tempat wisata sejarah dan salah satunya adalah Petilasan Prabu Siliwangi. Selain ziarah ke tempat yang konon dipercayai sebagai tempat peristirahatan terakhir Prabu Siliwangi sebelum akhirnya moksa, disini kamu akan menemukan dua mata air yang dipercaya tidak pernah mengering. Dikelilingi hutan yang rimbun, dijamin kamu akan betah menikmati suasananya.

Itulah beberapa tempat wisata di Majalengka yang cocok kamu kunjungi saat liburan bersama keluarga. Diantara daftar di atas, kamu lebih suka wisata alam, wisata buatan, atau wisata ziarah nih?