Oleh-oleh Khas Bandung yang Terkenal

Bandung adalah salah satu kota memikat yang ramai dikunjungi meskipun tidak sedang musim liburan. Berbagai keunikan dan kecantikan dari Kota Kembang ini siap melepaskan penat kamu. Udara sejuk, makanan lezat, hingga oleh-oleh yang beragam menjadikan Bandung kerap dijadikan sebagai kota idaman untuk berlibur.

Kamu ingin mengunjungi Bandung dan membutuhkan rekomendasi oleh-oleh khas Bandung? Yuk, catat 10 buah tangan dari Bandung yang wajib kamu bawa pulang.

Tahu Susu Lembang

Oleh-oleh Khas BandungGambar : instagram.com/tahulembang.id

Oleh-oleh pertama yang wajib kamu beli ketika ke Bandung adalah tahu susu Lembang. Sesuai namanya, camilan ini diolah dari kedelai berpadu dengan susu sapi segar sehingga menciptakan tekstur lembut dan gurih. Tidak seperti tahu biasa yang cenderung tidak memiliki rasa, tahu susu Lembang memiliki rasa gurih dan asin yang pas untuk dimakan bersama nasi hangat dan sebagai camilan.

Salah satu produsen tahu susu Lembang paling populer di Bandung bisa kamu beli di Jalan Raya Lembang, Bandung Barat.

Batagor Riri

Siapa nih penggemar batagor? Jika berkunjung ke kota Bandung, silakan mencoba batagor Riri yang menjadi salah satu oleh-oleh paling laris. Bukan tanpa sebab, batagor Riri terkenal karena rasanya yang otentik dan lezat khas Jawa Barat. Meskipun sudah melayani pesan antar ke berbagai provinsi di Indonesia, kamu bisa membeli langsung di outlet-nya versi batagor beku yang telah divakum sehingga awet dan praktis.

Bolen Kartika Sari

Kartika Sari adalah sebuah merk produksi bakery yang sangat populer di Bandung. Dari banyaknya produk Kartika Sari, salah satu camilan manis legendarisnya adalah pisang bolen. Bayangkan saja sudah selama 47 tahun Kartika Sari tetap mempertahankan kelezatan pisang bolennya sehingga membuat wisatawan rindu dengan suasana Bandung.

Pisang boleh Kartika Sari dibanderol dengan harga mulai Rp50.000-an saja dan tersedia dalam banyak varian rasa mulai dari durian, keju, hingga cokelat. Mana yang jadi favorit kamu?

Peuyeum Bandung

Oleh-oleh khas Bandung selanjutnya yang wajib diboyong pulang adalah peuyeum. Harganya yang murah menjadi alasan banyak wisatawan memoborong peuyeum Bandung. Selanjutnya peuyeum bisa diolah ke berbagai jenis camilan mulai dari cake hingga bolen. Biasanya peuyeum dijual dalam keadaan mentah atau menuju matang setelah difermentasi 1 hingga 2 hari lamanya.

Jika enggan membawa peuyeum dalam bentuk mentah, kamu bisa menjajal penganan dari olahan peuyeum di toko-toko bakery yang tersebar di Kota Bandung.

Gepuk Nyonya Ong

Daging sapi adalah salah satu lauk yang paling disukai oleh mayoritas masyarakat kita terutama ketika diolah dengan bumbu yang kaya rempah. Nah, jika kamu sedang berada di Bandung, gepuk Ny. Ong siap memuaskan rasa penasaran terhadap makanan khas Bandung. Gepuk sendiri merupakan olahan daging sapi khas Sunda yang diiris searah dengan serat, lalu direbus setengah matang dan dipukul hingga empuk. Setelah itu daging sapi direndam dengan kuah santan berbumbu khas sehingga rasanya sangat lezat.

Seiring dengan inovasi kuliner, saat ini kamu bisa menemukan gepuk dengan berbagai rasa mulai dari original hingga pedas. Jika kurang suka daging sapi, ada kok pilihan gepuk ayam yang tidak kalah lezat. Kamu suka yang mana?

Kopi Aroma Bandung

Oleh-oleh khas Bandung tidak melulu soal makanan. Kota cantik ini punya kopi khas bernama kopi aroma Bandung. Menariknya, eksistensi kopi aroma sudah terkenal sejak tahun 1930 sehingga cita rasa legendarisnya tidak perlu diragukan lagi untuk para pencinta kopi.

Kopi aroma Bandung diolah dari berbagai jenis biji kopi dan masih menggunakan proses organic untuk menjaga rasa yang nikmat di setiap kemasannya. Per kemasan 250 gram, kopi aroma Bandung dibanderol bervariasi mulai dari Rp30.000,- tergantung dari jenis biji kopi yang digunakan. Kamu juga bisa memilih tingkat gilingan biji kopi antara gilingan halus, medium, kasar, atau bahkan biji kopi saja.

Wajit Cililin

Tenang, masih banyak rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang ke kampung halaman. Wajit Cililin adalah salah satu penganan legit nan manis yang bisa jadi pilihan. Makanan tradisional Jawa Barat yang satu ini diolah dari beras ketan putih yang dicampur dengan gula merah dan kelapa. Di daerah Jawa, camilan ini disebut dengan wajik dan kerap hadir saat perayaan tertentu.

Wajit Cililin dibungkus dengan menggunakan daun jagung yang sudah dikeringkan sehingga rasa manis dan legitnya bertahan lama. Berbagai bentuk wajit Cililin bisa kamu temui di sentra oleh-oleh saat berkunjung ke Bandung. Harganya pun sangat merakyat, yakni mulai dari Rp10.000 saja kok.

Pia Bandung

Bukan hanya bakpia Jogja saja yang nikmat, bakpia atau kue pia Bandung juga tak kalah lezat lho. Ada banyak merk ternama yang menyajikan menu pia di Bandung dengan beragam pilihan rasa pula. Selain itu, kamu bahkan bisa memilih ukuran atau size buah tangan kue pia yang ingin dibawa pulang seperti misalnya bite size yang tidak terlalu besar, atau ukuran sedang yang cukup mengenyangkan.

Uniknya lagi, pia Bandung juga dikenal memiliki rasa yang berbeda dari pia di pasaran kota lain. Kamu bisa mencicipi rasa tiramisu atau bahkan rasa butterscotch yang dijual dengan harga Rp30.000-an saja.

Belah Doeren

Jangan ngaku pencinta durian kalau belum menjajal lezatnya camilan dari Belah Doeren Bandung. Bagi yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan Bandung, tentu saja tidak asing dengan Belah Doeren dan bisa menikmatinya kapan saja. Namun untuk kamu yang tinggal di daerah lain, sayang sekali jika penganan yang satu ini luput dari list oleh-oleh.

Seperti namanya, Belah Doeren menyajikan menu serba durian sehingga kerap disebut sebagai surga bagi pencinta buah durian. Beberapa menu populernya yang laris manis adalah es krim durian, pancake, chewy soes, bahkan tersedia pula menu unik berupa crepes dan croissant durian! Nah, kamu mau borong menu yang mana?

Bagelen Bandung

Rekomendasi buah tangan selanjutnya dari Kota Kembang adalah bagelen Bandung. Bagelen merupakan roti kering renyah yang terbuat dari belahan roti manis dengan olesan rasa yang beragam lalu dipanggang hingga kering. Bagelen Bandung sangat cocok menjadi teman minum teh atau kopi di pagi dan sore hari.

Pada umumnya toko bakery di Bandung menyuguhkan menu bagelen karena sangat populer di kalangan turis. Beberapa rasa favorit yang menjadi item paling banyak dibeli adalah rasa keju, roombutter, vanilla, garlic butter, dan lainnya. Jika tidak suka versi kering, kamu juga bisa mencicipi bagelen basah.

Itulah 10 rekomendasi oleh-oleh Bandung yang wajib kamu beli saat mengunjungi kota indah tersebut. Soal harga, buah tangan di atas cukup terjangkau sehingga tak perlu khawatir menguras kantong. Bagaimana? Sudah siap berburu oleh-oleh dan icip-icip?