Makanan Khas Jawa Timur

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di ujung timur pulau Jawa dengan kekayaan beragam di Indonesia. Kebudayaan, makanan, hingga destinasi wisata membuat Jawa Timur memiliki ciri khas tersendiri. Makanan khas Jawa Timur, misalnya, diketahui identik dengan rasa gurih dan pedas yang menyatu. Itulah yang membuat makanan khas Jawa Timur disukai oleh lidah orang Indonesia yang mayoritas memiliki cita rasa pedas dan kaya rempah.

Tertarik mempelajari resep makanan khas Jawa Timur atau ingin icip-icip saja? Ketahui beberapa makanan khas Jawa Timur berikut ini.

Rawon

Makanan Khas Jawa TimurGambar : Instagram @resep.spesial

Rawon disebut sebagai salah satu makanan khas paling legendaris dalam sejarah Jawa kuno yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram. Ciri khas rawon adalah sajian kuahnya yang berwarna pekat kehitaman karena menggunakan bumbu rempah berupa kluwek. Pada masa dahulu, rawon dijadikan sebagai hidangan bangsawan dan masih eksis hingga kini dengan tetap mempertahankan cita rasa serta resepnya.

Bahan utama rawon adalah potongan kecil daging sapi yang direbus dalam bumbu kaya rempah termasuk kluwek dalam waktu yang lama. Karena itulah daging sapi pada rawon memiliki tekstur yang sangat empuk. Ditambah dengan pelengkap telur asin, kerupuk udang, dan taoge, maka rawon tambah nikmat.

Rujak Cingur

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah rujak cingur. Sesuai namanya, cingur berarti hidung dan bibir atas sapi sehingga rujak cingur berarti campuran dari rujak dan cingur atau bibir atau mulut sapi yang telah direbus hingga empuk. Campuran rujak cingur terdiri dari buah-buahan selayaknya rujak seperti biasanya, yang terdiri dari kedondong, bengkuang, atau pun nanas muda.

Namun tidak hanya itu saja, terdapat pula lontong dan sayur-sayuran mulai dari kangkung, taoge, kacang panjang, hingga sumber protein seperti tempe dan tahu. Di Jawa Timur, banyak pedagang rujak cingur yang juga menyajikan matengan atau pelengkap yang sudah matang sehingga lebih kenyang dan bisa disesuaikan dengan selera.

Lontong Balap

Tidak hanya namanya saja yang unik, lontong balap punya rasa istimewa yang membuat kamu rindu dengan suasana khas Jawa Timur. Jika sajian lontong di Sumatera identik dengan kuah santan berbumbu yang diisi dengan nangka muda, maka lontong balap khas Jawa Timur terdiri dari lontong yang diberi pelengkap tahu, lentho, serta kecambah yang selanjutnya disiram kuah kecap serta sambal. Sudah terbayang kelezatannya?

Soto Lamongan

Siapa nih penggemar soto? Sebagian dari kamu tentu tidak asing lagi dengan soto lamongan yang punya ciri khas serbuk koya. Sangking legendarisnya soto Lamongan, ada varian mie instan yang bercita rasa soto ini lho. Hal tersebut membuktikan bahwa soto Lamongan menjadi salah satu ikon kuliner yang patut dibanggakan.

Selain koya, salah satu ciri khas soto Lamongan adalah kuah yang bebas santan alias bening saja dengan bumbu-bumbu dari rempah pilihan.

Lontong Kupang

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah lontong kupang yang sangat digemari khususnya di daerah Sidoarjo, Pasuruan, dan Surabaya. Sebagaimana yang tertera pada namanya, lontong kupang berisi sajian irisan lontong dengan isi kupang putih atau hewan laut yang lezat. Biasanya lontong kupang khas Jawa Timur berisi olahan kuah beserta kerang dengan bumbu rempah yang memanjakan lidah. Cocok nih untuk santapan pagi.

Sego Tempong

Makanan khas Jawa Timur yang satu ini juga tidak kalah unik dari segi nama. Pasalnya, makna kata tempong dalam bahasa Jawa Osing adalah ‘tampar’. Kata tersebut selanjutnya menjadi perumpaan bagi orang Jawa Timur untuk menamakan kuliner karena sego tempong memiliki rasa sangat pedas seolah-oleh penikmatnya merasa tertampar. Sangat unik, ya?

Lauk pendamping dari hidangan sego tempong adalah sayur mayur yang telah direbus, sambal kacang atau sambal terasi pedas, serta lauk tahu, tempe, atau pun ikan goreng dan ayam. Kamu akan dengan mudah menemukan penjaja sego tempong saat berkunjung ke Bayuwangi, Jawa Timur. Aroma kencur dan rasa pedas sambalnya cocok untuk yang menyukai kuliner kaya rempah.

Tahu Tek

Siapa nih penggemar berat tahu? Jawa Timur punya olahan tahu yang sangat lezat bernama tahu tek. Tidak sedikit yang ketagihan dengan cita rasa tahu tek karena selain lezat, porsinya juga mengenyangkan. Tahu goreng yang selanjutnya dipadukan dengan campuran sayur seperti tauge, timun, lontong, hingga kentang goreng disiram dengan bumbu kacang.

Bukan bumbu kacang biasa, tahu tek memiliki ciri khas bumbu kacang yang sudah diberi petis halus sehingga sangat menggugah selera. Sudah terbayang kelezatannya?

Sate Madura

Nah, kalau makanan khas Jawa Timur yang satu ini sih sudah menjamur di seluruh Indonesia. Kepopuleran sate Madura bersanding dengan eksisnya sate Padang sehingga tidak heran memiliki banyak penggemar. Masih seputar bumbu kacang yang bercita rasa khas, sate Madura ternyata juga punya ciri khas dipanggang dengan arang batok kelapa yang otomatis menghasilkan aroma lebih menggoda.

Jika kamu perhatikan, penjaja sate Madura biasanya tidak hanya menyajikan sate daging ayam saja melainkan juga daging kambing. Kalau kamu sendiri lebih pilih sate ayam atau sate kambing nih?

Brem

Setelah puas dengan kuliner berat, saatnya mencicipi makanan ringan khas Jawa Timur bernama brem. Penganan yang satu ini adalah cemilan favorit yang berasal dari Madiun, Jawa Timur. Brem bisa kamu dapatkan dengan mudah saat mengunjungi pusat oleh-oleh khas Jawa Timur di alun-alun. Meski kurang menyukai rasa manis, brem bisa cocok di lidah kamu karena cita rasanya gurih dan sedap dengan rasa manis yang tidak terlalu ketara.

Brem merupakan olahan dari sari ketan yang telah dimasak dan dikeringkan. Karena sudah difermentasi, maka brem memiliki rasa dan ketahanan yang baik. Harga brem juga sangat bersahabat sehingga banyak diincar oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur.

Orem-orem

Kalau tadi ada olahan tahu, sekarang kamu bisa pula mencicipi olahan tempe khas Jawa Timur yang diberi nama orem-orem. Kuliner yang satu ini berasal dari Kota Apel, Malang, Jawa Timur. Dengan suasana Malang yang sejuk dan asri, orem-orem siap menemani santapan siapa pun yang sedang menikmati liburan di Malang.

Orem-orem sendiri tersaji atas olahan tempe goreng yang sudah dimasak bersama dengan ayam dan santan. Sekilas, orem-orem akan mengingatkanmu pada sayur lodeh atau opor karena tampilannya yang mirip. Di Jawa Timur, orem-rem juga disajikan bersama dengan mendol tempe sehingga sangat lezat dan bergizi.

Bahkan penduduk setempat juga punya bermacam-macam olahan orem-orem seperti orem-orem ayam atau telur. Kamu ingin mencicipi yang mana? Demikian informasi mengenai makanan khas Jawa Timur yang tidak boleh ketinggalan untuk dinikmati saat berkunjung kesana. Tentu saja selain sepuluh makanan di atas, kamu bisa berkeliling menjelajahi kuliner lain di Jawa Timur yang tidak kalah lezat.