Makanan Khas Bandung

Bandung merupakan salah satu kota indah yang menjadi salah satu tujuan paling ramai dikunjungi ketika weekend. Tidak hanya destinasi wisatanya saja yang diburu, Bandung juga punya segudang list makanan khas daerah yang tidak kalah lezat dari daerah lainnya. Penasaran? Yuk, ketahui 10 rekomendasi makanan khas Bandung berikut ini yang wajib kamu santap ketika mengunjungi Kota Kembang ini.

Siomay Bandung

Makanan Khas BandungGambar : Instagram @ipink_nicole

Makanan khas Bandung yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu yang kerap menjadikan siomay sebagai menu sarapan atau santapan santai saja. Menurut sejarahnya, siomay merupakan makanan yang berasal dari China lho. Namun siomay Bandung memang berbeda karena memiliki pendamping sayur mayur yang lebih beragam dengan kuah kacang yang kental.

Siomay Bandung sudah menjamur ke seluruh kota di Indonesia sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan outlet kuliner yang satu ini. Harganya yang merakyat juga membuat siomay Bandung sangat disukai oleh semua kalangan.

Bandros

Makanan khas Bandung selanjutnya punya cita rasa manis legit nan menggoda, yakni bandros. Jajanan yang satu ini memang memiliki tampilan yang mirip dengan kue pancong. Namun bandros punya rasa manis dan asin yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Bahan utama bandros adalah tepung beras yang telah dicampur dengan parutan kelapa, pandan, sedikit telurm serta santan. Karena cetakannya mirip dengan kue pancong, maka tak heran tampilannya pun serupa. Di Bandung, bandros memiliki banyak versi topping dan dijual dengan harga sangat ramah di kantong, yakni mulai dari Rp1.000-an saja. Sudah cicip bandros belum?

Soto Bandung

Seperti kota lainnya, Bandung juga punya makanan khas berupa soto lho. Soto Bandung tidak menggunakan santan sehingga cocok untuk kamu yang sedang menghindari makanan berkolesterol tinggi.

Salah satu ciri khas soto Bandung adalah memiliki pelengkap berupa tomat, lobak, serta kedelai goreng yang dicampur ke dalam kuah soto. Meski tidak menggunakan santan, kuah soto khas Bandung tetap lezat dan mantap karena menggunakan kaldu bercampur daging sapi atau ayam. Cocok nih disantap bersama dengan nasi hangat dan sambal.

Seblak

Siapa sih yang belum kenal seblak? Makanan yang satu ini menjadi salah satu kuliner khas Bandung yang paling laris manis karena kaya bumbu dan memiliki rasa yang unik. Seblak Bandung dikenal pula karena olahan kerupuk mentah yang dimasak di dalam kuah yang kuat dengan aroma kencur. Soal isian pendampingnya, kamu bisa memilih berbagai macam yang sudah disediakan penjaja seblak.

Jangan takut kantong akan jebol bila ingin icip-icip seblak khas Bandung. Pasalnya, harga jual seblak sangat terjangkau mulai dari Rp5.000-an saja kok. Suka seblak isi apa nih?

Cireng

Makanan khas Bandung selanjutnya adalah cireng. Sebagian dari kamu tentu sudah tahu bahwa cireng adalah kepanjangan dari ‘aci digoreng’. Cara membuat cireng sangat sederhana karena hanya memerlukan adonan tepung kanji dan bumbu sesuai selera. Rasa gurih dan sedikit asin dari cireng membuat cemilan ini sangat disukai oleh semua orang. Cireng khas Bandung punya banyak varian isi mulai dari isi telur, ayam, hingga kornet dan lainnya dengan harga yang bervariasi.

Di daerah lain, cireng biasanya dijajakan bersama dengan aneka gorengan seperti bakwan, tahu isi, dan pisang goreng. Tidak lupa, pendamping untuk makan cireng adalah saos sambal yang dijamin membuat kamu ketagihan.

Cilok Bandung

Masih seputar aci, kali ini ada cilok alias ‘aci dicolok’ khas Bandung yang bertekstur kenyal dan menggugah selera. Tidak perlu repot-repot mencari cilok di Bandung karena penganan yang satu ini tersedia di hampir seluruh daerah dengan cita rasa yang khas. Jika ingin cilok Bandung yang ramah di kantong, maka kamu bisa icip-icip di sekitar sekolah dan pinggiran kota karena harganya sangat terjangkau.

Cilok dihidangkan dengan kuah kacang dan saos cabe. Biasanya saat membeli cilok, kamu akan diberikan tusuk sate sehingga bisa memakan cilok dengan cara ditusuk atau dicolok. Itulah yang sekaligus menjadi asal muasal namanya yang unik. Apakah kamu punya penjaja cilok favorit?

Gepuk Bandung

Nah, kalau makanan khas Bandung yang satu ini cocok bagi kamu penggemar daging sapi. Gepuk memang berbahan dasar daging sapi yang telah diiris searah dengan seratnya sehingga tampak sangat menggoda. Setelahnya daging sapi direbus setengah matang dan dipukul hingga empuk. Belum cukup sampai di situ saja, kemudian daging kembali direbus namun kali ini dengan campuran bumbu dan santan hingga meresap ke serat daging.

Gepuk Bandung disajikan dengan digoreng lebih dahulu dan bisa kamu coba santap bersamaan dengan nasi hangat. Kamu bisa membawa pulang gepuk Bandung yang sudah divakum saat berkunjung ke Kota Kembang ini.

Combro

Makanan khas Bandung selanjutnya adalah combro. Combro merupakan singkatan kata dari ‘oncom di jero’ dan sukses menjadi salah satu kuliner khas Bandung yang sangat legendaris hingga kini. Bahan utama combro adalah singkong parut dengan oncom. Tekstur combro yang renyah di bagian luar berpadu dengan oncom melted di dalamnya sehingga cocok sebagai camilan di pagi atau pun sore hari.

Combro merupakan salah satu jenis gorengan yang laris manis dan sangat nikmat apabila disantap ketika masih hangat.

Cuanki

Cuanki mirip dengan bakso yang disajikan tanpa pendamping bihun atau mie kuning. Bagi masyarakat Bandung dan masyarakat pada umumnya, cuanki merupakan singkatan dari ‘cari uang jalan kaki’ karena pada masa dahulu cuanki dijajakan dengan keliling perumahan warga sekitar. Tidak hanya di wilayah kota saja, namun cuanki juga dijajakan hingga ke pemukiman desa.

Dalam satu porsi cuanki terdiri dari bakso, tahu putih atau tahu kuning, serta siomay goreng. Jika ingin menambah isian berupa mie seperti bakso pada umumnya, biasanya penjaja cuanki menyediakan beberapa bungkus mie instan khusus. Kamu bebas menyantapnya dengan bumbu berupa saus, kecap, dan ditambah dengan cabai merah serta bawang goreng. Soal harga, cuanki sudah bisa kamu cicipi mulai dari harga Rp5.000 saja.

Batagor Bandung

Siapa nih penggemar batagor? Makanan khas dari Bandung ini punya kepanjangan ‘bakso tahu goreng’ yang disiram dengan kuah kacang berbumbu khas. Seperti yang tertera pada namanya, batagor terdiri dari bakso aci yang dibuat dari ikan tenggiri giling kemudian diisi ke dalam tahu goreng. Porsi lengkap batagor Bandung terdiri dari pangsit, potongan timun segar, dan siomay sehingga sangat lezat dan mengenyangkan.

Makanan khas Bandung memang sangat menggugah selera karena punya ciri khas bumbu sendiri. Sebagian besar makanan khas tersebut bahkan sudah eksis di berbagai kota besar sehingga sangat mudah menemukannya ketika rindu suasana Bandung. Kamu sendiri suka makanan khas Bandung yang mana?