Oleh-oleh Khas Padang yang Terkenal

Sebagai salah satu kota terpadat di pulau Sumatera, kota Padang menjadi incaran wisatawan yang ingin melepaskan penat setelah bekerja dalam agenda cutinya. Tak heran karena Sumatera Barat punya potensi wisata yang besar baik itu dari kekayaan alam maupun budaya. Apalagi jika mengingat vibes kota Padang yang sejuk dan masih asri, tentu kamu akan rindu dengan tanah Minang ini.

Namun alangkah baiknya jangan terlena dengan destinasi wisatanya saja karena Padang memiliki deretan oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan. Jika kamu masih bingung mengenai apa saja oleh-oleh khas Padang, tulisan ini akan membantu memberikan informasi yang kamu butuhkan. Yuk, ketahui oleh-oleh khas Padang yang menjadi primadona wisatawan.

Rendang

Ya, apa lagi oleh-oleh khas Padang yang ludes menjadi incaran pelancong kalau bukan rendang. Lauk dengan bahan baku daging sapi yang disebut-sebut sebagai makanan paling enak di dunia ini wajib kamu bawa pulang ke kampung halaman. Meski rumah makan Padang telah bertebaran se-antero Indonesia, namun cita rasa rendang dari Padang tiada duanya.

Oleh-oleh Khas PadangGambar : instagram.com/foodiecreator

Apalagi jika kamu menemukan rumah produksi rendang yang juru masaknya adalah para gaek dan nenek yang masih menjaga cita rasa legendarisnya. Rendang yang benar-benar dibuat oleh bumbu khas Padang dan melalui proses masak ala masyarakat Minang akan bertahan lama sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan kamu.

Karak Kaliang

Makanan ringan dengan bentuk angka 8 ini tidak pernah ketinggalan mengisi sentra oleh-oleh Padang. Dibuat dengan bahan dasar tepung ubi kayu dan bumbu khas, rasa gurih karak kaliang sangat lezat dipadukan bersama makanan berat. Sensasi renyah dari penganan yang satu ini juga menjadi kesukaan para tamu ketika berkunjung ke rumah.

Karak kaliang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau sehingga tidak heran setiap pelancong dari kota Padang pasti memborong oleh-oleh khas yang satu ini. Kamu bisa membelinya perkilo gram atau sesuai keinginan saja.

Keripik Sanjai

Siapa sih yang belum pernah makan keripik sanjai ketika menginjakkan kaki di kota Padang? Keripik sanjai sama populernya dengan karak kaliang karena dibanderol murah meriah saja. Namun soal rasa jangan ditanya lagi karena bumbu masakan Padang memang tidak pernah mengecewakan.

Kamu bisa memilih mau membawa pulang keripik sanjai orisinal, sanjai balado, atau bahkan keduanya. Rasa balado cocok untuk kamu yang suka dengan cita rasa pedas berbumbu. Keripik sanjai cocok dijadikan teman camilan ketika santai, menonton tv, dan bekerja. Kalau kamu suka keripik sanjai rasa apa?

Galamai

Nah, kalau oleh-oleh khas yang satu ini termasuk makanan legendaris yang resepnya tidak pernah berubah hingga kini. Sekilas memang galamai mirip dengan dodol hitam karena teksturnya memang menyerupai dodol. Galamai dibuat dengan perpaduan antara santan, tepung beras ketan, gula aren, dan sedikit menggunakan kacang tanah sebagai ciri khas sehingga rasanya manis gurih.

Proses pembuatannya memang tidak sebentar untuk menghasilkan penganan hitam manis yang disukai masyarakat ini. Kamu bisa mencicipi galamai di pasar tradisional atau sentra oleh-oleh sembari memilih kemasan besar atau kecil yang akan dibawa pulang ke kampung halaman.

Bolu Batik

Ya, kamu tidak salah baca kok. Bukan pakaian atau kain, kali ini ada bolu batik yang menjadi oleh-oleh khas Padang. Tentu saja motifnya memang bermotifkan batik Indonesia sehingga sangat menawan dan sayang untuk dimakan. Motif batik pada bolu tersebut dibuat dengan proses manual sehingga menghasilkan kue bolu yang sedap dipandang dan dimakan.

Bolu batik tersebar di seluruh sudut kota Padang dan kamu bisa mendapatkannya dengan harga bervariatif per kotak. Jika ingin request motif, maka sangat disarankan mengunjungi store bolu batik langsung ya, bukan di sentra oleh-oleh yang hanya menjual produk ready.

Dakak-dakak

Oleh-oleh khas Padang selanjutnya adalah dakak-dakak atau biasa pula disebut dengan rubik ganepo. Camilan dengan bentuk kotak kecil ini sangat gurih dan renyah sehingga disukai oleh setiap orang. Dengan bahan baku utama singkong pilihan, dakak-dakak menjadi pilihan tepat jila kamu mencari oleh-oleh yang membuat ‘ramai’ tongkrongan atau acara kumpul keluarga.

Apalagi dakak-dakak dibanderol sangat murah yakni mulai dari Rp10.000-an saja, tentu tidak sedikit pelancong yang memborongnya pulang untuk dijadikan sebagai buah tangan khas Padang.

Roti Rendang

Popularitas rendang memang tidak tertandingi karena ada inovasi yang juga digemari masyarakat banyak, yakni roti rendang. Mirip seperti hamburger, daging rendang dijadikan sebagai isian roti yang telah dibelah menjadi dua atau dibentuk dengan pola tertentu.

Makanan ini kerap dijadikan sebagai menu sarapan dan tersedia di bakery kota Padang. Jika kamu ingin mengejar jadwal pesawat, roti rendang siap dipacking untuk dijadikan oleh-oleh khas Padang yang enak dan mengenyangkan.

Arai Pinang

Meski sekilas bentuknya mirip dengan keripik kentang, namun arai pinang tidak menggunakan bahan kentang lho. Usut punya usut, pada masa dahulu arai pinang dibentuk dengan menggunakan cetakan dari bunga pohon pinang untuk menghasilkan garis-garis alami tersebut sehingga mirip keripik kentang.

Bahan dasar arai pinang adalah tepung beras dengan campuran bumbu khas dan diolah dengan minyak kelapa sehingga aroma dan rasanya benar-benar menggoda. Kalau jaman dahulu arai pinang hanya tersedia ketika upacara perkawinan, sekarang kamu bisa menemukannya dengan mudah di sentra oleh-oleh khas Padang.

Kerupuk Jangek

Kerupuk jangek adalah nama lain dari kerupuk rambak khas Padang. Kerupuk yang terbuat dari olahan kulit sapi ini telah menjadi hidangan wajib dan disebut sangat baik untuk kesehatan karena mengandung gizi dan nutrisi dari kulit sapi yang digunakan sebagai bahan dasarnya.

Kerupuk jangek sangat cocok dimakan bersama emping kuah yang menjadi menu laris rumah makan Padang. Jika ingin membeli kiloan, kamu bisa mengunjungi sentra oleh-oleh di pusat kota Padang.

Kain dan Mukena Sulam Karancang

Sudah puas berburu oleh-oleh khas makanan, kini saatnya kamu menilik oleh-oleh kain dan mukena sulam khas Padang yang disebut dengan sulam karancang. Teknik sulam tradisional dengan membentuk bunga atau bentuk lainnya ini dibuat dengan tangan sehingga membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Hasilnya, kain dan mukena sulam rancang dari Padang sangat terkenal sehingga tak heran dibanderol cukup mahal.

Apabila kamu tertarik untuk membelinya sembari mengetahui dan meliput proses pembuatan kain dan mukena sulam karancang, silakan hubungi sanggar dan rumah produksi terdekat di kota Padang ya.

Itulah 10 oleh-oleh khas Padang yang tidak boleh kamu lupakan untuk dibawa pulang ketika berkunjung ke kota Padang. Sebagian besar oleh-oleh dari kota ini memang didominasi oleh makanan khas karena cita rasa dan bumbu ala Padang dikenal sangat enak. Kamu sendiri sudah pernah mencicipinya atau belum nih?