Oleh-oleh Khas Cirebon yang Terkenal

Cirebon adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki segudang pesona dengan julukan Kota Udang. Berada di pesisir, maka jika kamu berkunjung ke Cirebon pasti akan disuguhi oleh pemandangan dan aroma laut yang menenangkan. Karena letaknya yang strategis bagi pencinta laut inilah, banyak pelancong yang menyukai makanan khas Cirebon dengan ciri khas makanan laut terutama udang.

Namun tentu saja ada banyak hal yang bisa dieksplor di Cirebon dan tidak hanya dari segi wisatanya saja. Nah, jika kamu memiliki planning akan mengunjungi Cirebon dalam waktu dekat ini, kami mempunyai rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon yang wajib dibawa pulang untuk sanak saudara. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Sirup Tjampolay

Oleh-oleh Khas CirebonGambar : instagram.com/jastrip__

Tahukah kamu bahwa Cirebon mempunyai minuman legendaris dengan cita rasa manis yang khas? Sirup Tjampolay sangat nikmat diminum saat siang hari terutama ketika di pantai atau di waktu matahari sedang terik. Mirip dengan minuman sirup limun di Jawa Tengah, sirup yang satu ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat karena resep original yang dipertahankan sejak dahulu.

Seiring dengan berkembangnya inovasi makanan dan minuman, Sirup Tjampolay sudah memiliki banyak varian rasa seperti rasa buah-buahan pisang, mangga, jeruk, nanas, dan lainnya. Ada pula rasa susu dan rasa unik seperti mawar. Wah, apakah kamu sudah penasaran dan ingin mencicipinya untuk dibawa pulang?

Kue Gapit

Rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon ke-dua adalah kue gapit. Sekilas dari bentuknya, kamu mungkin akan mengira bahwa ini adalah keripik kentang yang banyak dijual saat ini. Namun ternyata kue gapit adalah kue panggang dengan bahan baku utama tepung tapioca lho. Proses pengolahan dan bumbunya membuat kue gapit sangat nikmat sehingga sering diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Cirebon.

Karena produsen kue gapit sangat banyak di Cirebon, di sentra oleh-oleh kamu bisa memilih varian rasa yang tersedia seperti keju, balado, manis, atau bahkan rasa udang.

Rambak

Produksi kerupuk rambak telah menjadi mata pencaharian usaha rumahan di Cirebon dengan dijadikan sebagai oleh-oleh khas Cirebon yang dibanderol sangat terjangkau. Harganya yang bersahabat dengan kantong ini menjadikan kerupuk rambak salah satu snack yang kerap ludes diborong oleh pelancong.

Rambak adalah olahan kerupuk kulit sapi yang sangat renyah. Kerupuk ini cocok dijadikan sebagai teman makan nasi atau soto karena rasa gurihnya menambah kenikmatan makanan. Kamu bisa dengan mudah menemukan rambak di sudut kota Cirebon, pasar tradisional, atau sentra oleh-oleh.

Rengginang Cirebon

Kalau rengginang sih sudah akrab di kalangan masyarakat kita karena proses pembuatannya sangat mudah dan sering disajikan di meja makan oleh para Ibu. Namun rengginang Cirebon berbeda dari rengginang biasa karena bumbu khasnya membuat rasa gurihnya bisa bikin ketagihan. Apalagi rengginang Cirebon tersedia dengan beberapa rasa populer seperti terasi, keju, dan udang yang tentu tidak bisa ditemukan dengan mudah di kota lain.

Rengginang Cirebon cocok dijadikan sebagai buah tanganmu saat pulang ke kampung halaman karena digoreng dengan garing dan renyah sehingga tahan lama. Jika enggan membawa rengginang matang, kamu bisa juga kok membeli versi mentahnya.

Kerupuk Udang

Jangan ngaku sudah main ke Kota Udang kalau belum mencicipi dan membawa pulang kerupuk udangnya. Masyarakat Cirebon sangat andal dalam hal olahan udang sehingga kamu akan takjub melihat makanan yang variatif dengan bahan baku utama menggunakan udang segar.

Sama seperti rengginang Cirebon yang bisa dibawa pulang versi mentah, kerupuk udang ini juga bisa kamu beli di pasar tradisional, toko-toko di Cirebon, atau sentra oleh-oleh baik yang matang atau pun yang mentah. Jangan risau soal harga karena makanan yang merakyat ini dijamin tidak akan membuat kantong jebol meskipun kamu membelinya lebih dari 1 kilogram.

Batik Cirebon

Sama seperti daerah lainnya di Pulau Jawa, Cirebon juga memiliki batik khas sendiri yang sangat elok rupawan. Sanggar batik atau rumah produksi batik Cirebon pun bisa kamu kunjungi dengan mudah di wilayah tertentu untuk melihat langsung proses pembuatannya.

Tahukah kamu motif khas batik Cirebon? Ya, benar sekali apabila kamu menjawab motif mega mendung. Batik khas ini sangat indah untuk dipakai pada acara formal dan non-formal sesuai dengan keinginan kamu. Harganya pun bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan dan bahan dasar kain batik yang kamu pilih untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Terasi Udang Cirebon

Masih ada nih rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon bertema udang. Berbeda dengan terasi yang dijual saat ini di pasaran, terasi udang Cirebon menggunakan udang rebon pilihan dengan kadar 100%. Oleh sebab itu rasa dan aroma dari terasinya tentu semakin kuat dan nikmat untuk diolah menjadi sambal ketika di rumah.

Para orang tua atau kerabat yang hobi memasak tentu akan sangat senang apabila kamu membawa oleh-oleh khas Cirebon yang satu ini. Dari proses pengolahan dan pengemasannya yang dihadirkan sangat baik, terasi udang Cirebon akan bertahan lama.

Petis Cirebon

Kalau yang satu ini masih senada dengan oleh-oleh khas di atas yang merupakan bumbu atau penyedap masakan. Jika kamu sangat senang membeli tahu petis, mulai sekarang bisa membuatnya sendiri di rumah dengan membawa pulang petis Cirebon. Istimewanya petis Cirebon hadir karena cita rasa udang pada bumbu petis yang pedas, gurih, dan manis yang menyatu di lidah.

Emping Bumbu

Emping adalah pelengkap seperti kerupuk dan sangat tepat dijadikan sebagai snack atau teman makan soto dan nasi. Emping berbagai daerah di Indonesia juga mempunyai cita rasa khas tersendiri sesuai dengan bumbu tradisional daerahnya.

Ketika berkunjung ke Cirebon, kamu bisa membawa pulang emping bumbu sebagai oleh-oleh khas yang murah meriah. Penganan ini disebut emping bumbu karena memiliki banyak varian rasa yang lezat seperti bumbu rumput laut, bumbu manis, bumbu udang, atau bumbu original gurih. Kalau kamu suka yang mana nih?

Cirebon Sultana

Setelah puas berburu oleh-oleh gurih dan asin, saatnya membawa pulang oleh-oleh khas Cirebon dengan cita rasa manis. Cirebon Sultana bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin segera cepat-cepat pulang mengejar jadwal pesawat.

Makanan manis dengan bentuk bolu lembut ini memiliki banyak varian toping yang bisa dipilih atau request seperti toping rasa buah, cokelat, hingga keju.

Itu dia 10 rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon yang tidak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi Kota Udang ini. Untuk hunting memenuhi tas oleh-oleh, kamu bisa jalan-jalan ke daerah Pasar Kanoman, Pasar Pagi, Butik Batik, dan sentra oleh-oleh lainnya di Cirebon. Sembari jalan-jalan, jangan lupa mencicipi makanan khas yang banyak dijual di sekitar alun-alun agar semakin membekas kenangan liburannya.