Oleh-oleh Khas Surabaya yang Terkenal

Sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memiliki segudang tempat wisata bersejarah. Selain itu, alam Surabaya juga mendukung sektor pariwisatanya untuk berkembang dan dikenal secara luas. Surabaya juga merupakan kota metropolis yang menjadi pusat pendidikan sehingga banyak pelajar, santri, dan mahasiswa yang merantau ke Surabaya untuk menuntut ilmu.

Apakah dalam waktu dekat ini kamu akan mengunjungi Surabaya? Nah, jangan hanya memikirkan list tempat wisata yang akan dikunjungi saja. Surabaya juga memiliki banyak ikon makanan khas dan kesenian yang perlu dieksplorasi. Tulisan ini akan menyajikan informasi mengenai rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya agar kamu tidak perlu repot memikirkan buah tangan apa yang akan dibeli sepulang dari Surabaya.

Spikoe

Oleh-oleh Khas SurabayaGambar : instagram.com/flymchow

Hayo, siapa yang tidak asing lagi dengan nama cake yang satu ini? Spikoe adalah kue atau cake lembut premium khas Surabaya. Wujudnya yang menyerupai lapis terdiri dari 2 warna yang disusun dengan 3 bagian warna kuning – cokelat – kuning. Kombinasinya memang menggiurkan dan terlihat lembut hanya dari potongan kecil saja.

Kue kesukaan masyarakat Surabaya pada khususnya ini memiliki banyak merek terkenal yang sudah melayani pesan antar ke seluruh Indonesia. Misalnya Spikoe Resep Kuno yang menjamin bahwa cita rasa dan kualitasnya tetap sama sejak dahulu. Pastikan untuk memboyong Spikoe dari Surabaya ya!

Kue Mente

Gambar: https://www.instagram.com/p/CN_PRMHFw2w/?utm_medium=copy_link

Masih soal kue, kali ini rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya adalah kue mente. Seperti namanya, salah satu bahan utama cemilan ini adalah kacang mete atau disebut masyarakat dengan mente. Cita rasanya yang tidak terlalu manis cocok bagi kamu yang menyukai sensasi ‘manis jambu’ alias hanya sedikit manis saja.

Kue mente adalah tipe kue kering yang berbentuk cookies sehingga akan tahan lama dan tidak mudah basi apabila kamu membawanya ke lokasi yang jauh. Di Surabaya, kue mente bisa dengan mudah kalian temui pada sentra oleh-oleh dengan kemasan yang menarik mulai dari box hingga toples kecil yang cantik.

Keripik Kane-kane

Gambar: https://www.instagram.com/p/BekU_oxHTOa/?utm_medium=copy_link

Tidak ingin makan cake atau kue kering? Kalau begitu kamu harus coba mencicipi keripik kane-kane. Oleh-oleh yang satu ini adalah keripik yang berbahan baku buah-buahan dengan proses penggorengan melalui vacuum frying sehingga rendah lemak jahat. Pada umumnya kamu akan dengan mudah menemukan keripik kane-kane seantero Jawa Timur karena banyak produsen keripik tersebut di wilayah ini.

Untuk varian buah dan rasanya pun sangat beragam sehingga kamu bisa memilih sesuai selera atau buah favorit. Karena teksturnya yang renyah dan garing, keripik kane-kane sangat tahan lama dibanding tipe oleh-oleh yang lainnya.

Batik Surabaya

Gambar: https://www.instagram.com/p/BcmWtjhjd9W/?utm_medium=copy_link

Belum lengkap rasanya main ke Surabaya jika belum melihat proses pembuatan batik tulis Surabaya yang terkenal. Motif batik Surabaya cenderung adem dan menggambarkan kisah atau cerita di baliknya. Selain itu, pemilihan warna pada batik Surabaya juga memiliki arti lho.

Misalnya pewarnaan pada batik Dolly Surabaya cenderung menggunakan warna yang cerah untuk memberikan citra baik dan positif akan kisah kelam di Gang Dolly Surabaya pada masa dahulu. Mengenai harga, jangan khawatir karena para pengrajin batik tulis kerap memberikan harga yang ramah di kantong bagi para wisatawan kok.

Bikang Paneleh dan Bikang Mawar

Gambar: https://www.instagram.com/p/CTBWnKEp7wZ/?utm_medium=copy_link

Sedang buru-buru mengejar jadwal pesawat dan lupa membeli oleh-oleh khas Surabaya? Tenang, karena di sentra oleh-oleh dan kue tradisional Surabaya tersedia bikang paneleh dan bikang mawar yang dibanderol sangat terjangkau. Keduanya adalah kue tradisional yang sama namun berbeda bentuk saja.

Bikang paneleh berbentuk biasa dengan pewarna dan rasa pada umumnya adalah pandan dan cokelat. Sedangkan bikang mawar berbentuk seperti mawar mekar dengan kombinasi warna dan rasa yang beragam menyesuaikan motif mawar yang diinginkan oleh pembuatnya. Rasanya yang manis pas sangat cocok sebagai teman minum kopi atau teh dikala sarapan atau santai di sore hari.

Sambal Cuk

Gambar: https://www.instagram.com/p/B0hIMiPJPoN/?utm_medium=copy_link

Rekomendasi oleh-oleh selanjutnya yang bisa kalian beli saat berkunjung ke Surabaya adalah sambal Cuk. Merek yang satu ini sudah terkenal se-Indonesia karena menggunakan cabai dan bahan pilihan sehingga rasanya sangat otentik. Sambal bukan sembarang sambal, saat ini sambal Cuk bahkan telah memiliki 16 variasi sambal yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Jangan risau soal mutu karena sambal Cuk sudah menembus market global dan mengantongi sertifikasi ISO, HACCP, dan Halal MUI. Oleh sebab itu tak heran para wisatawan banyak yang penasaran untuk mencoba dan memborong sambal Cuk ketika berkunjung ke Surabaya.

Rambak Surabaya

Gambar: https://www.instagram.com/p/CDXhHr-hGgQ/?utm_medium=copy_link

Sekilas melihat rambak Surabaya pasti kamu langsung teringat dengan dorokdok dan kerupuk jangek. Ya, masing-masing daerah di Indonesia memang memiliki olahan kulit sapi sendiri yang dijadikan kerupuk super renyah dan kaya manfaat. Bukan hanya enak dimakan sebagai cemilan, rambak juga nikmat sebagai teman makanan berat seperti soto atau nasi uduk.

Rambak Surabaya juga mempunyai banyak pilihan rasa mulai dari rasa original hingga pedas. Meskipun terbuat dari kulit sapi, proses pembuatannya yang sangat teliti membuat rambak tidak berbau amis sehingga bisa dinikmati dengan santai.

Bandeng Asap

Gambar: https://www.instagram.com/p/CNY0h-ALAno/?utm_medium=copy_link

Bandeng asap adalah salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang selalu menjadi incaran para turis ketika melancong ke Surabaya. Di setiap sentra oleh-oleh, pasar, hingga restoran biasanya akan menyediakan bandeng asap Surabaya dengan harga beragam. Daerah lainnya memang juga memiliki olahan bandeng asap, namun cita rasa bandeng asap Surabaya menonjolkan perpaduan antara manis dan pedas sehingga membuat kamu yang pernah mencicipinya akan ketagihan.

Karena diolah melalui proses pengasapan, maka daya tahannya akan lama dan bisa kamu bawa pulang ke kampung halaman tanpa mengubah rasanya.

Siropen Telasih

Gambar: https://www.instagram.com/p/CUezgtUBag9/?utm_medium=copy_link

Apakah kamu tahu bahwa pabrik sirup pertama di Indonesia diciptakan dengan nama Siropen Telasih? Pabrik sirup ini berada di Surbaya dan masih memproduksi produk siropen hingga sekarang. Menariknya, pengolahan siropen telasih tidak dilakukan secara besar-besaran layaknya pabrik masa kini dan tidak menggunakan pengawet sehingga aman dikonsumsi.

Konon, pada masa dahulu di tahun 1923 dan awal-awal diproduksinya siropen telasih, hanya kaum bangsawan atau kelas atas saja yang bisa menikmatinya. Nah, apakah kamu penasaran untuk mencoba berbagai rasa siropen telasih?

Bebek Djangkep

Gambar: https://www.instagram.com/p/BEtKgOmGpPA/?utm_medium=copy_link

Tidak suka olahan ikan bandeng asap? Tenang karena ada bebek djangkep yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Surabaya andalan. Jangan takut bebek dan bumbu khasnya akan basi karena telah dikemas dengan vakum sehingga awet di perjalanan.

Demikian informasi mengenai rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang laris manis di kalangan wisatawan. Surabaya memang surganya kuliner maka tak heran di tiap sudut kotanya dipenuhi penganan menggugah selera. Mulai dari manis hingga pedas, Surabaya bisa memberikan kamu banyak pilihan. Sudah siap memborong oleh-oleh yang mana nih?