Oleh-oleh Khas Semarang yang Terkenal

Sebagai Ibu Kota dari Jawa Tengah, sudah tentu Semarang menjadi kota impian yang banyak dikunjungi para travellers. Berkeliling Kota Semarang dan menjelajahi setiap sudut spot wisatanya adalah kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan ketika penat bekerja. Jalan-jalan ke Semarang tidak lengkap pula jika tidak mencicipi makanan khas dan memboyong oleh-oleh saat pulang ke kampung halaman.

Ada banyak sekali oleh-oleh dari Semarang yang bisa kamu bawa pulang hanya dengan budget yang tipis dan tidak menguras kantong. Pada umumnya sentra oleh-oleh di Semarang banyak menyajikan makanan bercita rasa khas yang sudah melegenda sejak dulu. Yuk, intip apa saja list oleh-oleh khas Semarang yang tidak boleh dilewatkan.

Tahu Baxo Bu Pudji

Oleh-oleh Khas SemarangGambar : instagram.com/olivlaughloaf

Oleh-oleh khas Semarang yang pertama adalah tahu baxo Bu Pudji. Sudah ada sejak tahun 1995, usaha dengan nama unik ini menjadi buah tangan yang mesti kamu bawa saat pulang travelling dari Semarang. Bukan niat typo, namun penulisan dari merek tahu bakso milik Bu Pudji ini memang sengaja dibuat unik untuk pembeda dari yang lain.

Lagi pula spelling dari ‘baxo’ adalah ‘bakso’ sehingga sangat relate dengan tren kekinian. Hanya dengan budget Rp19.000 saja, kamu sudah bisa mendapatkan varian tahu bakso paling laris. Setiap pembelian paket tahu baxo Bu Pudji kamu akan mendapatkan tahu bakso beserta bumbu khasnya kok. Jadi bisa langsung seduh ketika sampai di rumah. Untuk ketahanannya bisa sampai 24 jam di suhu ruang sehingga masih enak ketika turun dari pesawat.

Bandeng Presto Semarang

Kuliner Jawa Tengah memang dikenal dengan cita rasanya yang tidak terlalu manis dan pas di lidah. Salah satu ikon makanannya adalah bandeng presto. Kalau kamu enggan makan ikan bandeng karena durinya yang mengganggu, tenang saja karena Semarang mempunyai bandeng duri lunak atau tanpa tulang.

Dengan begitu, ikan bandeng presto khas Semarang bisa dimakan oleh anak-anak tanpa khawatir akan tersedak. Sesuai namanya, ikan bandeng presto Semarang dimasak dengan menggunakan proses suhu tinggi untuk meresapkan bumbu dan membuat duri ikan seolah lenyap. Jangan bingung-bingung mencari outlet yang menjual bandeng presto karena di sepanjang jalanan kota atau di sentra oleh-oleh sudah pasti ada makanan khas yang satu ini.

Wingko Babat

Hayo, siapa nih yang rindu nostalgia makanan cemilan masa kecil? Bagi yang hidup di lingkungan mayoritas suku Jawa atau bahkan jika kamu adalah orang suku Jawa, pasti sudah familier dengan wingko babat. Meskipun di masa kini sudah jarang ditemui makanan ini, kamu masih bisa kok membawa oleh-oleh wingko babat selepas dari Semarang.

Penganan yang berbahan dasar ketan putih ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis dan gurih sehingga menjadi teman setia saat minum kopi dan teh. Karena inovasi kuliner semakin berkembang, di Semarang para pembuat wingko babat sudah menghadirkan banyak variasi rasa mulai dari original hingga rasa buah-buahan.

Kopi Banaran

Rekomendasi oleh-oleh khas Semarang selanjutnya adalah kopi Banaran. Kopi bubuk yang diproduksi oleh PT. PN IX Jawa Tengah ini punya cita rasa khas yang bisa menjadi oleh-oleh spesial untuk teman dan keluarga yang suka minum kopi. Apalagi harganya juga sangat terjangkau sehingga tidak akan membuat kantong setelah travelling menjadi jebol.

Banaran sendiri merupakan kawasan kampung kopi yang telah ada sejak 2005 sehingga kualitas produksinya tidak perlu diragukan lagi. Jika ingin lebih terasa vibes liburannya, kamu bisa berkunjung ke Kampung Banaran untuk menyeduh kopi langsung sembari memilih oleh-oleh.

Batik Semarangan

Ada kok rekomendasi oleh-oleh khas Semarang selain dari makanan atau minuman, yakni kain batik dengan motif khas Semarang. Batik Semarangan menawarkan banyak pilihan variasi motif seperti Lawang Sewu, Gambang, hingga Tugu Muda.

Soal harga kamu bisa menawarnya dengan para penulis batik langsung atau penjaja kain batik karena semakin tinggi tingkat kerumitan motif maka harganya juga semakin mahal. Selain itu, jika tertarik kamu juga bisa ikut coba membatik di sanggar terdekat di kota Semarang agar liburanmu semakin berwarna.

Lumpia Semarang

Main ke Semarang tentu belum lengkap tanpa cicip lumpianya yang sudah tersohor ke seluruh Indonesia. Mulai dari lumpia kering hingga lumpia basah, Semarang siap memuaskan selera kamu. Apalagi pilihan isi lumpianya juga sangat beragam dan tidak pelit isi untuk mengenyangkan perut yang lapar setelah menjelajah kota.

Untuk oleh-oleh, banyak outlet di Semarang yang menyediakan paket gift yang menarik. Bahkan beberapa di antaranya juga menyediakan lumpia frozen sehingga kamu masih bisa stok jika kangen dengan masakan Semarang. Kamu suka lumpia isian sayur atau daging nih?

Rempeyek Tumpi

Sekilas rempeyek yang satu ini tidak berbeda dengan rempeyek lainnya. Namun jika kamu memperhatikan dengan saksama, pasti penasaran dengan rasa rempeyek tumpi yang diisi bukan dengan rebon, teri, atau kacang tanah, melainkan isi kacang hijau.

Ya, rempeyek tumpi menggunakan kacang hijau yang menghasilkan cita rasa mirip kedelai namun lebih gurih. Setelah mencicipinya, dijamin deh kamu tidak hanya menyukai bubur kacang hijau saja melainkan juga rempeyek kacang hijau. Meskipun bahannya agak berbeda, namun harga rempeyek tumpi tidak jauh berbeda kok per kilonya sehingga bisa untuk oleh-oleh keluarga tercinta.

Lontong Spekkoek Waiki

Ada lagi lho oleh-oleh khas Semarang dengan nama unik yakni lontong spekkoek. Bukan lontong sayur yang biasa dijajakan untuk sarapan, melainkan kue lapis yang terlihat seperti bolu gulung dan berbentuk lontong. Karena bentuknya inilah oleh-oleh khas Semarang tersebut diberi nama lontong spekkoek.

Lalu bagaimana dengan kata ‘spekkoek’? Usut punya usut, ternyata segi histori masyarakat menyebutkan bahwa spekkoek merujuk pada arti kue seribu lapis. Rasa dari lontong spekkoek sendiri manis legit yang memang cocok untuk menemani waktu santai keluarga di rumah.

Moachi Gemini Semarang

Bukan hanya makanan yang melegenda saja, rumah produksi makanan di Semarang juga menghadirkan ide makanan yang menggaet minat para anak muda masa kini. Moaci Gemini memproduksi mochi dengan banyak varian rasa mulai dari durian, strawberry, pandan, oreo, coklat, jeruk, dan masih banyak lagi.

Kue Sarang Madu

Nah, kalau oleh-oleh khas Semarang yang satu ini adalah kue renyah dan gurih dengan cita rasa dominan manis. Bentuknya yang menyerupai sarang dan rasanya yang manis menjadikan penamaan kue ini ‘sarang madu’. Wah, benar-benar kreatif ya warga Semarang!

Itu dia 10 rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang tidak boleh kamu lewatkan. List buah tangan di atas sudah pasti worth it to buy karena disenangi oleh mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Kamu sendiri suka oleh-oleh khas Semarang yang mana nih?