Oleh-oleh Khas Bogor yang Terkenal

Siapa pun rasanya akan sulit menolak pesona dari Kota Hujan alias Bogor. Mulai dari nuansa alam, makanan, dan keunikan lainnya membuat Bogor disukai oleh semua kalangan. Bogor juga dijadikan sasaran empuk bagi masyarakat kota metropolitan untuk melepas penat sehingga kamu pasti sudah tidak aisng lagi apabila mendengar kabar berita kemacetan parah di Bogor setiap weekend dan hari libur Nasional.

Jika berkunjung ke Bogor, jangan hanya terlena menghabiskan waktu di tempat wisatanya saja. Pastikan kamu sudah menyusun planning untuk membeli oleh-oleh khas Bogor yang menggugah mata dan selera. Masih awam tentang apa saja oleh-oleh khas dari Kota Hujan ini? Simak informasi berikut agar kamu memiliki gambaran mengenai oleh-oleh khas Bogor yang tidak boleh di-skip saat jalan-jalan di sana.

Roti Unyil Venus

Oleh-oleh Khas BogorGambar : instagram.com/rotiunyilvenusofficial

Roti, cake, dan kue kering adalah makanan yang biasanya ada di sentra oleh-oleh mana pun. Nah, Bogor punya roti dengan ukuran kecil dan sangat enak yang wajib kamu coba, yakni roti unyil venus. Namanya memang cukup unik dan berhasil memikat setiap orang yang mendengarnya.

Ukurannya yang berkisar lebih kurang 5 cm membuat roti yang satu ini diberi nama ‘unyil’ alias kecil. Ketika berkunjung di sekitar Jl. Pajajaran No. 1, kamu bisa menemukan roti unyil venus pada toko bakery dengan banyak pilihan topping rasa mulai dari rasa buah-buahan, susu, cokelat, hingga abon. Harganya juga tidak mahal-mahal kok, hanya Rp1.000-an per pcs.

Kacang Bogor

Bagi yang berkunjung pada bulan Februari hingga Maret, kamu akan menemukan banyaknya pedagang kacang bogor keliling karena sudah waktunya memanen kacang. Bila perlu kamu bisa belajar memanen sambil menyaksikan prosesnya di kebun kacang di sekitar daerah perkebunan milik masyarakat setempat.

Untuk dibawa menjadi oleh-oleh, biasanya di sentra jajanan pasar akan tersedia kacang Bogor yang telah diolah menjadi kacang goreng atau sangrai sehingga lebih awet apabila tujuan perjalanan kamu menempuh jarak yang jauh.

Bika Bogor

Ya, kamu tidak salah baca kok. Oleh-oleh khas Bogor selanjutnya adalah bika Bogor yang namanya agak mirip dengan bika Ambon. Namun jangan dulu salah terburu tidak tertarik jika kamu kurang menyukai bika. Soalnya, bika Bogor punya keunikan tersendiri dari bahan bakunya yang menggunakan talas dan bukan tepung.

Inilah yang membuat bika Bogor memiliki cita rasa khas dengan tekstur yang lembut. Apalagi kamu juga bisa memilih salah satu dari beberapa varian seperti green tea, original, hingga coco pandan. Jangan khawatir soal harga karena bika Bogor ini bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek mulai dari Rp30.000-an saja.

Kue Labu (Miss Pumpkin)

Masih seputar kue, oleh-oleh khas Bogor kali ini diberi nama Miss Pumpkin yang pada dasarnya adalah kue labu dengan kandungan gizi yang melimpah. Olahan kue yang satu ini berwarna kekuningan persis warna labu kuning dengan tekstur yang sangat lembut.

Miss Pumpkin cocok kamu boyong sebagai oleh-oleh untuk orang tua di rumah yang biasanya menyukai kue dengan tekstur yang tidak keras dan cita rasa manis yang pas. Menariknya meskipun diolah menggunakan bahan dasar labu kuning, varian yang laris manis dari Miss Pumpkin adalah rasa jeruk. Nah, apakah kamu penasaran dengan rasa jeruk pada bolu labu kuning?

Pie Talas

Bukan pie susu yang sudah biasa ditemui, di Bogor kamu bisa mencicipi pie talas dengan cita rasa manis yang tidak bikin eneg. Bentuk dari pie talas memang terlihat sama seperti pie susu yang berukuran kecil dan bulat. Namun isian dari pie ini adalah talas atau ubi. Olahan yang kreatif dan cocok untuk pencinta pie ini wajib kamu coba saat berkunjung ke Bogor karena beberapa caffe dan cakes store telah menyediakan menu ini.

Harga dari pie talas Bogor bervariasi mulai dari Rp30.000-an saja untuk 1 box-nya. Kamu bisa membeli beberapa box untuk keluarga dan teman terdekat sebagai oleh-oleh khas Bogor yang menonjolkan sisi kuliner Bogor yang unik.

Kaos Unchal

Nah, kalau yang satu ini bukan lagi tentang makanan melainkan kaos hasil kreativitas anak Bogor dengan nama Kaos Unchal. Pakaian dengan bahan yang adem tersebut sangat eksis di kalangan pemuda-pemudi serta pelancong di Bogor karena motifnya yang beragam dan unik.

Kamu akan menemukan banyak motif kijang dengan kustom kata-kata quotes atau anekdot masa kini. Untuk mendapatkan kaos unchal, kamu bisa mengunjungi mall terdekat atau store kaos unchal langsung agar semakin puas memilih motif yang telah tersedia.

Bolu Lapis Sangkuriang

Masih membutuhkan rekomendasi oleh-oleh khas Bogor berupa makanan dengan bahan dasar talas? Kalau begitu kamu harus membawa pulang bolu lapis sangkuriang. Ya, bolu ternama ini sudah jadi kesukaan pengunjung Kota Hujan dari tahun ke tahun karena rasanya yang lexat.

Warna bolu Sangkuriang sangat cantik dengan perpaduan lapisan kuning – ungu – putih sehingga makin membuatnya estetik sebagai objek instafood. Lapisan putih atasnya bisa berganti tergantung dari topping apa yang kamu pilih. Bahkan kamu juga bisa request langsung kok ke pembuat bolu jika berkunjung di jam-jam produksi. Bagaimana? Tertarik mencicipinya dan membawa pulang makanan cantik ini?

PapaPia

Tenang, masih ada lagi oleh-oleh khas Bogor yang menggunakan umbi talas, yakni PapaPia. Oleh-oleh yang satu ini merupakan bakpia khas Bogor yang sukses merebut perhatian para pelancong karena banyaknya varian rasa yang dihadirkan serta rasanya yang dijamin bikin ketagihan. Satu kotak PapaPia dihargai mulai dari Rp20.000-an saja sehingga masih bersahabat di kantong para traveller.

Batik Bogor

Bogor juga punya lho kain batik khas-nya sendiri yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh spesial untuk kerabat terdekat. Kain batik Bogor juga tidak kalah cantik dari batik Pekalongan yang dihiasi dengan berbagai motif menawan. Untuk batik Bogor sendiri ada puluhan motif yang ditulis dengan tingkat kesulitan berbeda-beda. Namun sebagai ciri khas, kamu bisa membeli motif batik hujan yang merepresentasikan Kota Bogor.

Keripik Pedas Mbah Gugel

Sudah puas dengan oleh-oleh yang manis, saatnya membeli oleh-oleh khas Bogor dengan cita rasa pedas dan gurih yang dikenal dengan nama Keripik Pedas Mbah Gugel. Pada dasarnya keripik yang laris manis ini berbahan dasar singkong. Namun lama kelamaan produksinya bekrkembang menjadi bakso goreng pedas Mbah Gugel. Wah, cocok nih untuk pencinta makanan pedas.

Demikian informasi mengenai 10 oleh-oleh khas Bogor yang tidak boleh kamu lewatkan saat berburu buah tangan. Seluruh oleh-oleh di atas dibanderol dengan harga sangat terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong. Di antara deretan oleh-oleh di atas, kamu sendiri lebih suka oleh-oleh yang mana nih?