Oleh-oleh Khas Bali yang Terkenal

Bali tersohor dengan sebutan Pulau Dewata bukan tanpa sebab. Apalagi jika kamu sudah pernah berkunjung ke Bali tentu ada banyak alasan untuk merindukan pulau cantik yang satu ini. Bisa jadi kamu akan rindu dengan panorama, suasana, dan bahkan makanan khas-nya.

Namun bagi kamu yang baru memasukkan nama Bali dalam bucket list, jangan khawatir karena tulisan ini akan membantu memberikan informasi penting travelling yakni list oleh-oleh khas Bali. Setelah puas berkelana di Bali tentu kurang lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan alias oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman tersayang. Dari mulai pakaian hingga camilan, Bali siap menghadirkannya. Untuk itu pastikan kamu menyimak informasi di bawah ini hingga selesai ya.

Kacang Disko

 Oleh-oleh Khas BaliGambar : instagram.com/fithriya79

Oleh-oleh khas Bali yang pertama adalah kacang disko. Makanan dengan nama unik yang satu ini memang sudah jadi ikon camilan yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Kira-kira apa yang menjadi penyebab makanan renyah dengan cita rasa gurih dan asin ini dinamakan Kacang Disko?

Usut punya usut, pembuatan kacang disko dilakukan dengan cara membaluri kacang dengan adonan tepung dan digoyang-goyang seperti sedang ‘berdisko’. Harganya yang murah mulai dari Rp15.000 membuat kacang disko laris manis dikalangan wisatawan. Selain rasa original yang memadukan rasa asin dan gurih telur, kamu bisa juga membeli varian enak lainnya seperti BBQ, pedas, hingga rasa keju.

Baju Barong

Gambar: https://www.instagram.com/p/CU0-DwuhJwQ/?utm_medium=copy_link

Bosan pakai kaos bergambar itu-itu saja saat mengunjungi pantai di Bali? Wah, kalau begitu mungkin saja kamu belum kenal yang namanya baju barong. Ya, kaos dengan gambar barong atau kesenian khas Bali tersebut sangat populer karena sangat adem digunakan saat ke pantai atau sebagai baju harian di rumah.

Di Bali, baju barong dibanderol dengan harga belasan ribu saja dan kamu sudah bisa memilih beragam motif serta bahan dasar kainnya. Kalau teman-teman kamu minta oleh-oleh khas Bali, borong saja baju yang satu ini.

Kopi Kintamani

Gambar: https://www.instagram.com/p/B-PZfpPhHFj/?utm_medium=copy_link

Jangan ngaku pencinta kopi kalau kamu belum mencoba kopi Kintamani Bali. Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia, kopi Kintamani dikenal dari segi keunikannya. Ditanam di tanah perkebunan tumpang tindih, kopi Kintamani menghasilkan cita rasa yang asam dan segar yang khas.

Kopi Arabica yang satu ini sudah terkenal di seluruh dunia karena pengusaha kopi di Bali rajin mengekspornya lho. DI sentra oleh-oleh, kopi Kintamani bisa kalian dapatkan dengan harga ratusan ribu. Jangan khawatir karena harga dan kualitasnya sangat terjamin.

Mukena Bali

Gambar: https://www.instagram.com/p/CC589abADEw/?utm_medium=copy_link

Bagi pengunjung beragama Islam, ketika ke Bali sebaiknya jangan lupa untuk mengunjungi pasar tradisional karena tersedia banyak toko grosir mukena Bali. Mengapa perlengkapan sholat yang satu ini demikian populer? Mukena Bali memang terkenal dengan corak uniknya menyerupai kembang atau tie dye. Selain itu, bahan mukena Bali sangat adem dan nyaman digunakan sehingga tidak akan gerah saat melakukan sholat berjamaah.

Meskipun mukena Bali banyak dijual secara online, namun sensasi berbelanja di Bali tentu akan berbeda dan kamu bisa memilih dengan leluasa berbagai motifnya. Harga dari mukena Bali juga bervariasi mulai dari Rp60.000-an.

Heavenly Chocolate Bali

Gambar: https://www.instagram.com/p/CWVL6CXFC99/?utm_medium=copy_link

Rekomendasi oleh-oleh khas Bali selanjutnya adalah makanan ringan manis kesukaan sejuta umat. Ya, apalagi kalau bukan coklat. Tapi tahukah kamu bahwa Bali punya oleh-oleh khas premium yang dinamakan Heavenly Chocolate? Soal rasa, jangan diragukan lagi karena sudah pasti oke punya.

Apalagi kabarnya Heavenly Chocolate Bali dibuat dengan perpaduan cokelat Belgian dan Cocoa Bali serta bahan-bahan premium lainnya untuk menghasilkan penganan yang lumer di mulut. Sangking populernya, kamu harus pesan jauh-jauh hari atau order di jastip karena list order Heavenly Chocolate benar-benar penuh.

Batik Bali

Gambar: https://www.instagram.com/p/CNEYlFiFgHV/?utm_medium=copy_link

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang kaya akan budaya, Bali juga mempunyai batik khas sendiri lho. Motif dari batik Bali juga sangat cantik dan tidak kalah unik dari banyak motif lainnya di Indonesia. Biasanya para turis yang berjiwa seni tinggi kerap mengunjungi sanggar dan rumah batik untuk melihat langsung proses membatik.

Sebagaimana batik lainnya, batik Bali juga banyak macamnya mulai dari batik biasa hingga batik tulis seperti songket. Karena itulah harganya juga beragam tergantung pada kain dan motif serta tingkat kesulitan proses membatik.

Salak Bali

Gambar: https://www.instagram.com/p/CKGAkzwHyoA/?utm_medium=copy_link

Ingin oleh-oleh yang natural khas alam dan tentunya sehat? Maka kamu harus membeli salak Bali. Jika kamu biasanya mengonsumsi salak pondoh karena terkenal manis, tenang saja karena salak Bali rasanya juga manis dan memiliki biji yang lebih kecil. Nah, istimewanya lagi buah bersisik yang satu ini akan lebih sering ditemui ketika ada acara sembahyang atau persembahan masyarakat setempat.

Oleh-oleh berjenis buah memang harganya tidak menentu karena tergantung persediaan di pasaran. Namun salak Bali sangat ramah di kantong sehingga cocok dijadikan buah tangan yang lebih sehat dan awet.

Layang-layang Bali

Gambar: https://www.instagram.com/p/CSCHN4UpHMf/?utm_medium=copy_link

Oleh-oleh khas Bali selanjutnya adalah layang-layang. Walaupun anti maintstreem, layang-layang Bali hingga kini masih dibuat oleh pengrajin dengan banyak bentuk. Selain itu, di sela-sela dekorasinya akan ada motif khas sebagai tanda kerajinan tradisional masyarakat setempat. Kamu bisa memesannya sesuai request dan menerbangkannya di langit lapangan dengan leluasa.

Jika kamu bertanya-tanya apa perbedaan layangan Bali dengan lainnya, tentu langsung terlihat secara kasat mata.Layang-layang Bali berukuran besar dan pada umumnya digunakan saat perlombaan atau festival tahunan. Apakah kamu tertarik membeli oleh-oleh unik ini?

Kacang Asin

Gambar: https://www.instagram.com/p/CGhU51mBYwJ/?utm_medium=copy_link

Ketika bersantai memang enaknya sembari ngemil makanan ringan. Nah, Bali punya kacang asin yang laris manis dan kerap dijadikan andalan di sentra oleh-oleh. Kacang asin Bali memiliki rasa gurih dan asin yang pas sehingga perpaduannya tidak akan membuat bosan saat dikunyah. Selain itu, kacang asin Bali tidak ada yang gosong lho.

Sebenarnya kacang asin Bali bisa kamu pesan melalui jasa titip oleh-oleh Bali di kota kamu. Tapi jika membeli langsung di Bali, ada banyak pilihan merek dan rasa yang beragam sehingga bisa memilih dan menyesuaikan budget.

Gelang Bali

Gambar: https://www.instagram.com/p/B5E7HJUF78r/?utm_medium=copy_link

Kalau budget sudah menipis tapi tetap ngebet membeli oleh-oleh, ada kok rekomendasinya hanya mulai Rp5.000 saja. Adalah gelang Bali, salah satu item oleh-oleh paling laris dan penuh filosofis. Selain cantik, tentu kamu bisa menghemat pengeluaran. Gelang Bali yang terkenal diantaranya adalah Sangadatu dan Tridatu yang melambangkan nilai-nilai kehidupan.

Itulah 10 rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang bisa kamu pilih saat berkunjung ke Pulau Dewata. Selain daftar di atas, tentu ada banyak pilihan lain yang bisa kamu telusuri di sentra oleh-oleh. Jangan lupa siapkan budget yang cukup agar seluruh keluarga yang menanti kebagian oleh-oleh darimu.