Tempat Wisata di Medan yang Terkenal

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Medan adalah kota yang sibuk dan menawarkan tempat wisata dengan sensasi yang berbeda karena berada di pulau Sumatera. Baik di dalam kota ataupun sekitarnya, Medan mempunyai destinasi yang kini banyak dilirik oleh wisatawan. Di Medan, kamu bisa menjelajahi alam, mempelajari sejarah, sekaligus bermain di tempat wisata hits lho!

Tertarik untuk wisata ke Medan? Berikut ini informasi tempat wisata di Medan yang lagi hits dan wajib untuk bisa kamu kunjungi:

Istana Maimun

Tempat Wisata MedanGambar : Instagram @niratravelindonesia @nalarmeldi @hianusaeka

Medan mempunyai tempat ikonik dan salah satunya adalah istana maimun. Dari namanya saja, kamu pasti sudah membayangkan bahwa bangunan ini berbentuk istana dan sangat menarik hati untuk mengunjunginya. Konon, Istana Maimun dibangun pada tahun 1888 pada masa Kesultanan Deli. Nah, saat di Istana Maimun, kamu dijamin akan puas mempelajari sejarah dan menikmati keindahan eksterior dan interior bangunan ini.

Danau Toba

Danau Toba laris dikunjungi oleh wisatawan lokal dan manca negara. Bagaimana tidak karena Danau Toba menyajikan alam, suasana, dan pemandangan yang sangat memikat. Dengan luas area lebih dari 1.000 km², kamu bisa puas menjelajahi danau yang terkenal dengan legendanya ini. Selain hunting foto, di sini kamu bisa menyaksikan pesta masyarakat Suku Batak jika berkunjung antara bulan April hingga Agustus. Wah, sangat menarik bukan?

Kampung Ladang Outbound

Seperti namanya, tempat wisata yang satu ini menyajikan wahana outbound yang wajib dicoba saat mengunjunginya. Kamu bisa bermain wahana seperti flying fox sambil menikmati view mengesankan di sekitarnya. Alam di kawasan ini sangat terjaga dan pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas yang membuat pengunjungnya betah. Jadi, ketika berkunjung ke Medan jangan lupa mampir di Ladang Outbound ya!

Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Bagi kamu yang menyukai tempat wisata air terjun, maka berkunjunglah ke Air Terjun Dua Warna Sibolangit. Tempat menarik yang satu ini terbentuk dari letusan Gunung Sibayak. Pada bagian atas, airnya terasa dingin berwarna biru sementara air terjun bagian bawah berwarna nuansa keabuan dan agak hangat. Hal itu terjadi karena adanya kandungan fosfor dan belerang yang berbeda.

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan merupakan salah satu bangunan tertua dan telah menjadi landmark yang membanggakan di Medan. Dengan lahan seluas 18.000 m², kamu bisa menikmati keindahan arsitektur yang mengagumkan dari masjid ini. Jika kamu berkunjung ke Medan, beribadah dan mengabadikan momment di sekitar bangunan sejarah ini adalah pilihan yang tepat.

Menara Pandang Tele

Medan memang terkenal dengan wisata ikoniknya, salah satunya adalah Menara Pandang Tele. Bangunan ini diresmikan pada 22 April 1988 dan banyak menarik minat para kawula muda. Terdiri dari 4 lantai, kamu harus coba untuk menaiki lantai teratas dengan dinding kaca view 360°. Jangan lupa untuk mengabadikan momment menarik ini karena dari Menara Pandang Tele, kamu bisa sepuasnya melihat danau toba dari atas ketinggian.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Ingin mencoba wisata edukasi di Medan bersama keluarga? Maka tempat ini sangat wajib dikunjungi. Kamu bisa belajar berbagai jenis satwa liar yang menarik. Museum ini telah menerima penghargaan Nasional dan Internasional juga lho! Koleksinya yang tidak biasa sangat cocok untuk belajar anak-anak sambil bermain.

Arung Jeram Sungai Bingei

Destinasi ini cocok bagi kamu penggemar wahana air yang memacu adrenalin. Meskipun cukup menantang, namun tidak terlalu berbahaya. Di sini, selain menikmati jeram-jeram yang menakjubkan, airnya sangat segar dan jernih sampai kamu bahkan bisa melihat ke dasar sungai. Pesona alam dari kawasan ini membuatnya banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Pantai Mangrove

Berdasarkan namanya, kamu pasti sudah bisa menebak suasana pantai yang dipenuhi tumbuhan bakau. Selain menikmati deburan ombak di tepi pantai, tempat wisata ini menawarkan suasana ekowisata yang bisa kamu pelajari di sekitar pantai. Setelah puas hunting foto, jangan lupa untuk kulineran dulu di sekitarnya untuk mencicipi masakan khas laut yang bisa membuat kenyang.

Royal Sumatera

Kabarnya, tempat indah yang merupakan tempat pemukiman atau kompleks ini menawarkan konsep one stop living yang aman, nyaman, dan sehat. Royal Sumatera sangat cocok bagi kamu yang menyukai tempat tinggal yang menyatu dengan alam karena pemeliharaan kebun dan lingkungannya sangat tertata. Jangan lupa untuk mencoba Golf Course saat kamu sedang berada di tempat ini ya.

Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Nah, rekomendasi tempat wisata di Medan selanjutnya adalah Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Jika tidak puas hanya melihat buaya yang sedikit di kebun binatang, kamu bisa berkunjung ke penangkaran ini. Taman penangkaran ini dibuka sejak tahun 1959 dan berisi ribuan buaya. Selain belajar mengenai kehidupan dan ekosistemnya, kamu juga bisa melihat atraksi menarik dari buaya yang telah terlatih.

Binatang Medan

Selepas dari penangkaran buaya ingin melihat jenis satwa lainnya? Maka berkunjunglah ke Kebun Binatang Medan. Tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal ini memang cocok dijadikan tempat piknik sekeluarga sambil belajar dan bermain. Jangan lupa untuk mencoba wahana flying fox yang mengasyikkan. Setelah itu, kamu juga bisa membeli beberapa souvenir yang dijajakan di sekitar lokasi.

Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun setinggi 120 meter ini memang menakjubkan. Airnya yang mengalir dan jatuh dari ketinggian membuat suara yang gemuruh dan percikan yang bisa menambah koleksi foto dan video liburan kamu. Meskipun sangat tinggi dan kamu hanya bisa menikmati keindahannya dari jauh, namun angin semilir yang ada di lokasi akan mengantarkan percikan air sampai ke kulit lho!

Maha Vihara Maitreya Cemara Asri

Jika kamu ingin mengunjungi destinasi wisata religi di Medan, Maha Vihara Maitreya Cemara Asri merupakan salah satu vihara terbesar di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Tempat ibadah ini terbagi menjadi 3 gedung utama dan bisa menampung hingga ribuan orang. Setelah puas berkeliling vihara yang luas, kamu bisa menyantap makanan di food court dan belanja souvenir di sekitar areanya.

Graha Maria Annai Velangkanni

Ada lagi nih tempat wisata religi yang sangat instagramable di Medan. Gereja dengan bentuk bangunan kuil ini memang sangat unik dan ramai dikunjungi. Kabarnya, pembangunan gereja menghabiskan dana hingga 4 milliar lho! Tak sia-sia, arsitekturnya yang tidak biasa memang mengundang minat wisatawan mancanegara dan lokal untuk mengunjunginya sambil beribadah.

Itulah 15 tempat wisata di Medan yang wajib kamu singgahi saat berkunjung ke Medan. Mayoritas destinasi di Medan memang sangat terjangkau dan memikat hati. Mana nih destinasi favorit kamu?