Tempat Wisata di Makassar yang Terkenal

Sebagai ibu kota Sulawesi Selatan, tentu Makassar tidak hanya dipenuhi dengan kesibukan saja melainkan juga dipenuhi tempat wisata yang mengagumkan. Tak heran jika banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Makassar karena terpikat oleh keindahannya.

Apakah kamu tertarik untuk berlibur ke Makassar? Nah, berikut ini daftar tempat wisata di Makassar yang hits dan menarik untuk dikunjungi:

Pantai Losari

Tempat Wisata MakassarGambar : Instagram @visit.sulsel

Rasanya belum lengkap kalau ke Makassar tapi tidak berkunjung ke Pantai Losari. Ikon dari Kota Makassar ini adalah tempat paling laris untuk disinggahi wisatawan. Meskipun kamu tidak bisa menikmati hamparan pasirnya, namun pantai losari memiliki anjungan, view masjid 99 kubah, masjid terapung, dan banyak jajanan kuliner yang menanti. Tak hanya itu, kamu juga wajib untuk membeli oleh-oleh di sekitar Pantai Losari.

Taman Batu Balocci

Taman Batu Balocci tidak akan kamu temukan di tempat lain. Hamparan batu karst yang terbentang dengan kombinasi rumput kuning dan hijau sukses menjadikan tempat ini sangat instagramable. Dari sudut manapun, luasnya batu karst yang ada di sini akan membuat fotomu tampak cantik. Oleh sebab itu, jangan lupa siapkan kamera dan baterai smartphone agar bisa mengabadikan keindahan taman batu ini.

Benteng Rotterdam

Lokasi: Ujung Pandang, Kota Makassar
Harga Tiket Masuk: Gratis / sukarela

Makassar juga punya tempat wisata bersejarah peninggalan Kesultanan Gowa. Benteng Rotterdam ini menjadi saksi sejarah tentang kejayaan Kesultanan Gowa pada abad ke-17. Aksesnya yang mudah dicapai membuat tempat wisata ini ramai dikunjungi. Kamu bisa belajar dan mengelilingi wilayah benteng yang luas sambil mengabadikan momment di sekitar benteng.

Mangrove Lantebung

Bukan sembarang hutan, kawasan ekowisata mangrove Lantebung menawarkan kesejukan dan alam yang rindang khas di sekelilingnya. Kabarnya, luas area tempat ini adalah 25 hektar dan menjadi tempat laris bagi wisatawan lokal di kala weekend ingin melepas penat. Menariknya, pengelola telah menyediakan jembatan warna-warni untuk menyusuri hutan ini sehingga kalian bisa menikmati dengan leluasa udara sejuknya.

Taman Nasional Taka Bonerate

Kamu ingin mengunjungi destinasi wisata air di Makassar? Taman Nasional Taka Bonerate adalah kawasan luas yang siap memanjakan mata kamu dengan kekayaan laut dengan ratusan spesies ikan, terumbu karang, dan moluska. Banyak sekali spot snorkeling yang harus kamu coba saat berkunjung ke tempat ini karena sayang jika dilewatkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa bermain dengan baby shark alias bayi hiu lho!

Taman Nasional Bantimurung

Pernah mendengar julukan Kingdom of Butterfly? Taman Nasional Bantimurung adalah tempat yang menyandang julukan tersebut. Pasalnya, kupu-kupu adalah binatang khas tempat ini yang bisa kamu temukan dengan mudah. Kawasan dengan luas lebih dari 40 ribu hektar ini memiliki kawasan batu karst terindah dan terbesar ke-2 di dunia, air terjun, hingga wisata keluarga yang nyaman.

Malino Highland

Berada di atas ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut, kawasan ini memang sangat menarik minat untuk mengujunginya. Tempatnya sangat bersih dan tertata sehingga kamu pasti akan betah berlama-lama di sini. Malino Highland menyediakan view hamparan kebun teh, fasilitas spot foto yang banyak, berkuda, hingga outbound dan aktivitas lainnya yang sangat lengkap. Jangan lupa untuk icip-icip di cafe dengan suasana sejuk yang menyegarkan.

Pulau Samalona

Pulau Samalona adalah tempat wisata yang sangat hits di kalangan turis lokal dan mancanegara. Tak heran karena pesonanya yang mengagumkan memang membuat siapapun ingin mengunjunginya. Hamparan pasir putih yang mengelilingi pulau serta terumbu karang yang cantik membuat pulau kecil ini dijadikan sebagai salah satu spot snorkeling paling favorit. Kamu juga bisa mencoba banana boat jika kurang puas menjelajahi airnya.

Danau Tanralili

Nah, kalau tempat wisata yang satu ini dikenal sebagai “Ranu Kumbolo-nya Sulawesi” lho! Apa pasal? Soalnya, kamu akan menemukan vibes yang sama antara keduanya yang sama-sama terletak di kaki gunung dan dikelilingi pemandangan pegunungan. Nuansanya yang asri dan sejuk dijamin membuat kamu betah berlama-lama disini.

Pantai Akkarena

Tak hanya Losari saja yang laris dan populer. Pantai Akkarena juga menjadi andalan siapa saja yang berkunjung ke Makassar untuk berlibur menikmati suasana pantai. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, pantai ini terkenal dengan karakteristik ombaknya yang kecil sehingga aman dan menyenangkan untuk bermain air. Jangan lupa makan makanan khas laut dan selfie di anjungan pantai yang dinamakan Dermaga Cinta.

Taman Prasejarah Leang-leang

Leang juga dikenal sebagai gua dalam bahasa Indonesia. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu penggemar film bertema prasejarah atau dinosaurus. Kamu akan mendapatkan sensasi dan suasana yang menakjubkan karena adanya bebatuan, tebing, dan rindangnya pohon yang menciptakan feel prasejarah. Tak hanya itu saja, magnet utama tempat ini adalah jejak telapak tangan manusia purba di gua prasejarah yang bisa kamu kunjungi.

Taman Wisata Puncak Bila

Kalau kamu ingin tempat wisata paket lengkap yang memadukan konsep modern dan alam nan asri, cobalah berkunjung ke Taman Wisata Puncak Bila. Ada segudang fasilitas yang bisa kamu nikmati mulai dari outbound, waterboom, sirkuit motor, hingga sepeda raksasa yang ikonik. Tempat yang satu ini sangat cocok dijadikan titik lokasi pertemuan keluarga nih!

Bukit Kanari Camba

Dari namanya saja kamu tentu sudah tau bahwa tempat wisata ini berhawa sejuk dengan nuansa alam yang asri karena berada di perbukitan. Namun uniknya tempat ini lebih sering terasa panas karena langsung berhadapan dengan matahari demi spot foto idaman. Menariknya lagi, konon banyak yang berjodoh di Bukit Kanari Camba lho!

Air Terjun Tama’lulua

Deretan wisata alam memang tidak pernah mengecewakan, termasuk Air Terjun Tama’lulua. Tempat yang satu ini memang mempunyai medan treking yang agak sulit untuk mencapai lokasi atau spot foto yang epik. Namun, tentu saja itu semua terbayar dengan pemandangan tebing hijau yang dibelah oleh air terjun dengan debit air yang besar.

Air Terjun Batu Lappa

Dinamakan Batu Lappa karena air terjun yang mengalir di tempat ini melewati batu yang disusun sehingga terbentuklah aliran yang cantik. Destinasi yang populer ini memiliki daya tarik tersendiri karena susunan batunya yang bertingkat dan suara burung yang banyak berkicau di kawasan air terjun. Oleh sebab itu, tempat ini dinamakan pula Air Terjun Sarang Burung.

Nah, itulah daftar tempat wisata di Makassar dan sekitarnya yang wajib kamu datangi saat travelling ke Sulawesi Selatan. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan, semuanya sedang menunggu untuk disinggahi.