Tempat Wisata di Magelang yang Terkenal

Magelang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mungkin kamu sudah sangat memahami bahwa pulau Jawa memang terkenal dengan destinasi wisatanya mulai dari nuansa alam hingga sejarah dan religi. Bahkan, wisata kuliner-nya pun menjadi favorit semua orang.

Nah, berikut ini adalah informasi 15 tempat wisata di Magelang yang lagi hits dan menarik untuk bisa kalian kunjungi:

Kebun Bibit Senopati

Tempat Wisata MagelangGambar : Instagram @kebunbibitsenopatiofficial

Tempat strategis ini menjadi destinasi wisata baru yang sangat populer di kalangan masyarakat Magelang. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh meleeatkannya saat berkunjung ke Magelang. Liburan bersama keluarga terutama anak-anak akan sangat asyik di tempat ini karena bisa piknik sekaligus belajar cara merawat berbagai tanaman. Selain ruangan pembudidayaan atau green house, Kebun Bibit Senopati menyediakan spot instagramable khusus untuk mengabadikan momment liburanmu.

Rumah Kamera

Sesuai namanya, tempat wisata ini adalah galeri seni yang memuat karya-karya menarik di dalam kamera raksasa. Kamu akan mendapat banyak sekali spot foto yang instagramable dan siap untuk dipotret. Menariknya lagi, terdapat lukisan 3D yang benar-benar memikat. Bagi kamu yang berjiwa seni, pasti rasanya sangat betah di tempat ini.

Bukit Grenden

Berbicara tentang tempat wisata instagramable memang tidak ada habisnya. Kali ini kamu harus mampir ke Bukit Grenden saat berada di Magelang. Selain murah, tempat ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin healing atau melepas penat. Area kawasan Bukit dikelilingi oleh hutan pinus dan kabut puncak Merbabu sehingga sangat sejuk dan menenangkan.

Taman Kyai Langgeng

Mencari destinasi wisata yang penuh wahana untuk berlibur di Magelang bersama keluarga? Maka tempat wisata ini sangat cocok. Mulai dari tema edukasi hingga wahana air, semuanya tersedia di Taman Kyai Langgeng. Bahkan, kamu bisa melihat berbagai tanaman yang langka dan beragam satwa di sini. Jangan lupa untuk mencoba wahana air saat berada di sini karena bagian wahana air adalah yang terlaris dan mengasyikkan.

Top Selfie Pinusan Kragilan

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa destinasi satu ini memang menyuguhkan pemandangan dan spot selfie terbaik. Seperti namanya, memang tempat ini sengaja didekorasi untuk sedemikian rupa agar lebih instagramable. Namun, daya tarik utama sesungguhnya terletak pada barisan pohon pinus rimbun yang sangat teduh dan membuat kamu akan betah berlama-lama.

Candi Borobudur

Siapapun rasanya akan mengagumi Candi Borobudur meskipun belum pernah mengunjunginya. Salah satu kekayaan sejarah Indonesia ini menjadi bangunan candi yang memiliki relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia lho! Selain itu, Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Wah, pokoknya kamu harus mampir ke Candi Borobudur saat di Magelang ya!

Ketep Pass

Kalau kamu ingin menikmati megahnya gunung Merapi sambil asyik bersantai dan piknik, maka cobalah berkunjung ke Ketep Pass. Kabarnya, sampai sekarang tempat wisata andalan Magelang ini mengalami peningkatan yang sangat baik. Pengelola telah menyediakan bioskop mini untuk anak, gardu pandang, teropong, dan fasilitas umum lainnya.

Museum OHD

Bukan sembarang museum, tempat ini merupakan bangunan museum milik kolektor lukisan ternama, Oei Hang Djien (OHD). Deketahui bahwa di dalamnya tersimpan ribuan koleksi karya seni yang beragam. Dengan koleksi karya seni yang sangat memikat ini, pantas saja Museum OHD disebut sebagai museum seni terlengkap di Indonesia. Kamu bisa menikmati sangat banyak karya seniman terkenal di museum ini.

Sendang Maren

Kalau kamu bosan dengan air kolam renang buatan dan ingin mencoba versi alam yang menyegarkan, maka datanglah ke Sendang Maren. Pasalnya, destinasi wisata alam Sendang Maren sukses menarik perhatian para traveller karena airnya yang sebening kaca. Kamu bahkan bisa menghasilkan konten fotografi yang astetic dan epik dengan tema underwater atau di bawah air di tempat ini.

Balkondes Kenalan

Nah, sekali gayung banyak pulau terlampaui adalah istilah unik yang cocok jika kamu berlibur di sekitar kawasan Borobudur. Setelah penat mengelilingi candi, ada baiknya mampir ke Balkondes Kenalan yang dipenuhi oleh pendopo khas Jawa. Kawasan yang hijau, tertata, dan panorama alam yang mengesankan dijamin akan langsung membuat lelahmu hilang seketika.

Gereja Ayam

Bagi yang pernah menonton film Ada Apa dengan Cinta (AADC) 2 pasti sudah tidak asing lagi dengan gereja ini. Bentuknya yang unik menyerupai ayam menjadi daya tarik utamanya. Namun hal yang membuatnya semakin menarik adalah bentuk gedung ini sebenarnya dimaksudkan untuk membentuk burung merpati, bukan ayam. Gereja dengan empat tingkatan ini berada di kawasan bukit Rhema yang masih asri, lho!

Punthuk Setumbu

Karena lokasinya yang di atas bukit, sudah pasti Punthuk Setumbu menjanjikan view yang eksotis dan menawan. Banyak turis lokal dan Internasional yang datang ke tempat ini untuk menantikan momment sunrise sambil bersantai. Jangan lupa persiapkan baterai kamera dan smartphone yang banyak untuk hunting foto di sekitar lokasi ini agar liburanmu di Magelang semakin berwarna.

Air Terjun Kedung Kayang

Kali ini rekomendasi tempat wisata Magelang untuk kamu adalah destinasi air terjun. Di Magelang, Air Terjun Kedung Kayang menjadi pusat perhatian karena memiliki 2 magnet utama jalan tracking, yaitu jalan menuju dasar air terjun dan jalan menuju ke atas air terjun. Mengunjungi tempat ini berarti kamu memiliki dua spot foto utama yang sama-sama menarik untuk dinikmati sambil bersantai.

Pemandian Air Panas Candi Umbul

Setelah lelah berjalan-jalan di Magelang, saatnya kamu melakukan relaksasi di pemandian air panas Candi Umbul. Tempat wisata ini merupakan kebanggaan Magelang yang tidak pernah sepi pengunjung. Selain murah, tentu saja karena khasiat yang ditawarkannya sangat banyak. Pemandian air panas ini mempunyai 2 kolam (panas dan dingin). Kolam air panasnya mengandung belerang yang sama sekali tidak berbau dan bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Omah Pring

Nah, di daftar terakhir ada Omah Pring yang khusus bagi kamu pencinta destinasi unik. Dalam bahasa Indonesia, omah pring berarti rumah bambu. Ya, setiap bangunan dan gazebo di tempat ini terbuat dari bambu. Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan di sini mulai dari belajar membatik atau sekedar menyantap makanan bersama keluarga. Omah Pring sangat cocok untuk bersantai di kala libur akhir pekan.

Lengkap sudah list tempat wisata di Magelang yang harus kamu kunjungi di kala travelling. Memang masih banyak tempat lain yang sangat recommended, namun list di atas adalah tempat yang telah populer di Magelang dan banyak direkomendasikan. Tempat mana yang ingin kamu kunjungi selepas pandemi?