Tempat Wisata di Karawang yang Terkenal

Karawang adalah salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan banyaknya industri pabrik. Menariknya, Karawang juga menyimpan berbagai keunikan serta keindahan alam yang membuatnya memiliki banyak destinasi wisata. Salah satu alasan mengapa banyak pelancong yang menjadikan Karawang sebagai tujuan liburan adalah karena daerah pesisirnya yang menarik.

Yuk, simak informasi 15 tempat wisata di Karawang yang populer dan recommended untuk dikunjungi di bawah ini:

Curug Cigentis Loji

Tempat Wisata KarawangGambar : Instagram @halokrw

Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 25 meter ini sangat recommended bagi kamu yang ingin refreshing dengan suasana alam di Karawang. Airnya jernih dan cukup deras dikelilingi oleh pepohonan rimbun sehingga akan memberikan kamu suasana yang tenang dan udara sejuk. Tak heran karena letaknya yang di bawah kaki gunung dan mudah diakses membuat curug ini tak pernah sepi pengunjung.

Gunung Sanggabuana

Selain keindahannya yang dikelilingi hutan lebat, Gunung Sanggabuana juga berada di kawasan yang cukup unik karena berada di 3 daerah sekaligus. Secara administratif, bagian utara gunung ini berada di Karawang, sementara bagian baratnya masuk Kabupaten Bogor, sedangkan bagian selatannya di Kabupaten Cianjur. Gunung ini juga laris dijadikan tujuan para pendaki dan pecinta alam.

Kampung Turis

Kampung Turis menjadi tempat andalan masyarakat Karawang untuk berpiknik di akhir pekan. Kamu juga harus menjajal berbagai wahana dan fasilitas mengasyikkan di tempat ini saat berada di Karawang. Selain indahnya hamparan sawah, Kampung Turis juga menyediakan waterpark dengan wahana seru, garden, dan resto yang menyajikan berbagai menu istimewa untuk gathering.

Pantai Samudera Baru

Nah, kalau kamu lebih suka pantai daripada gunung, maka jangan lewatkan pantai cantik yang satu ini. Pantai Samudera Baru terkenal karena dari kejauhan airnya biru dan jernih di tengah. Namun, pantai ini memiliki pasir berwarna coklat gelap agak kehitaman. Karena keindahan dan suasananya yang masih alami, kamu bisa sepuasnya hunting foto di pantai ini. Jangan lupa icip-icip makanan laut di sekitar area pantai ya!

Danau Resinda

Sedang berada di Karawang dan ingin jalan-jalan tapi budget menipis? Jangan risau karena ada Danau Resinda yang bisa kamu kunjungi. Danau buatan ini terkenal di kalangan masyarakat sekitar karena dijadikan area memancing. Kamu bisa sambil berolahraga atau sekedar santai saja di sekitar danau tanpa menghabiskan budget sepeser pun.

Bendungan Walahar

Belum puas bersantai di Danau Resinda? Maka, cobalah datang ke Bendungan Walahar. Bendungan kokoh dengan tinggi hampir 6 meter yang menjadi bendungan tertua di Karawang ini telah dibangun sejak tahun 1920 alias masa kolonial Belanda lho! Kamu tak perlu repot-repot mengeluarkan budget untuk ke bendungan ini karena gratis. Suara air mengalir dan suasananya sangat mendukung untuk bersantai di pinggir bendungan pada sore hari.

Goa Dayeuh

Ada lagi nih tempat wisata gratis andalan masyarakat Karawang. Wisata alam gua ini berbentuk memanjang menyerupai benteng secara alami. Ketinggiannya yang mencapai 15 meter terlihat sangat menarik. Maka, tak heran tempat ini dijadikan lokasi hunting foto anak-anak muda dan bahkan lokasi pre wedding. Selain itu, kabarnya tempat ini juga dipenuhi hal-hal mistis khas masyarakat pedesaan.

Vihara Sian Djin Ku Poh

Karawang juga mempunyai destinasi wisata religi dan salah satunya adalah Vihara Sian Djin Ku Poh. Kabarnya, bangunan vihara yang masih terjaga hingga kini diurus oleh bhiksu secara turun temurun sejak dibangun. Selain itu, vihara ini merupakan salah satu bangunan tertua di Karawang karena didirikan sejak tahun 1770. Kamu bisa berkunjung kemari sesuai dengan jam operasional ibadah.

Candi Jiwa Batujaya

Candi ini memiliki bentuk unik seperti bunga teratai dan sangat cantik dengan dikelilingi oleh persawahan. Karena letaknya yang unik inilah banyak wisatawan dan pencinta sejarah mengunjunginya. Bangunan candi yang terbuat dari batu bata mirip dengan kompleks percandian di Muaro Jambi namun Candi Jiwa Batujaya adalah versi luas yang lebih sempit. Meskipun begitu, keindahannya patut diacungi jempol.

Wonderland Adventure Waterpark

Nah, kalau tempat wisata yang satu ini cocok bagi kamu yang suka bermain wahana air. Sesuai namanya, kamu akan disuguhi beragam wahana dan kolam renang cantik. Pengelola telah menyediakan flying fox, kolam arus, gorilla slide, dan masih banyak lagi. Setelah puas bermain, kamu bisa makan di food court lengkap di area Waterpark.

Monumen Kebulatan Tekad

Salah satu objek wisata sejarah gratis yang bisa kamu nikmati ketika berada di Karawang adalah Monumen Kebulatan Tekad. Tugu atau monumen ini berdiri di atas bekas markas Pembela Tanah Air (PETA) lho! Di sebelah monumen ini, kamu juga bisa melihat rumah bersejarah tempat Soekarno-Hatta diamankan di Rengasdengklok. Rumah tersebut adalah miliki almarhum babah Djiaw Kie Siong yang hingga kini masih dirawat dengan baik.

Curug Cikoleangkak

Keindahan beragam wisata curug atau air terjun memang tidak perlu diragukan lagi. Karawang juga memiliki tempat wisata curug andalan, salah satunya adalah Curug Cikoleangkak. Meskipun jalan yang harus dilalui untuk sampai ke curug ini cukup melelahkan karena tergolong sulit, namun kamu akan dimanjakan dengan segarnya air curug di kelilingi alam yang asri. Tingginya yang mencapai 30 meter dijamin tidak akan membuat kamu kecewa menikmatinya.

Curug Cigeuntis

Curug Cigeuntis berada di Desa Wisata Mekar Buana. Suasananya yang asri membuat curug ini sangat mendukung suasa healing untuk melepas penat. Kawasan sekitar curug dipenuhi dengan bebatuan khas air terjun dan tumbuhan paku hijau yang menambah panorama indahnya. Jangan lupa kamu harus menyiapkan kamera dan baterai untuk mengabadikan momment saat di curug.

Taruma Leisure Waterpark

Belum puas bermain air di wisata alam? Maka kamu harus mengunjungi Taruma Leisure Waterpark untuk mencoba berbagai wahana air dengan kolam renang lebarnya. Wisata air yang satu ini membagi area waterpark menjadi 4, yakni Kiddy Pool, Wave Pool, Leisure Pool, dan Lazy River. Kamu tinggal menyesuaikan saja sesuai keinginan dan ketentuan pengelola.

Situ Cibayat

Di daftar terakhir tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat berada di Karawang adalah Situ Cibayat. Meskipun tidak sepopuler destinasi wisata lainnya, namun Situ Cibayat menawarkan keindahan dan panorama yang sayang untuk dilewatkan lho! Dengan view perbukitan, Situ Cibayat juga dijadikan sebagai sumber air bagi masyarakat sekitar. Kamu juga bisa memancing di sini dengan santai di bawah pohon rimbun.

Itulah tempat wisata di Karawang mulai dari wisata alam hingga wisata buatan. Karawang memang dipenuhi oleh destinasi menawan nan murah meriah. Dijamin kamu tidak akan menyesal bila menghabiskan waktu liburan di kota industri ini.