Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal

Sebagai negara kepulauan terbesar, tak heran bila Indonesia memiliki beragam kekayaan yang membanggakan. Mulai dari suku, budaya, makanan, hingga destinasi wisata, semua hal tentang Indonesia memang sangat menarik.

Sebagai orang Indonesia, apakah kamu memiliki niat mengelilingi negeri ini? Jika ya, berikut ini informasi mengenai tempat wisata di Indonesia populer dan mendunia yang wajib bisa kalian kunjungi:

Raja Ampat

Tempat Wisata IndonesiaGambar : Instagram @androsbeachclubtravel

Tak mengherankan, keindahan dari Raja Ampat berhasil membuatnya masuk dalam bucket list setiap traveller. Perpaduan antara pasir yang berwarna putih bersih, perairan tenang, dan terumbu karang yang cantik tidak pernah membuat siapa pun kecewa selepas dari pulau ini. Wisatawan mancanegara juga ramai berkunjung ke destinasi menawan milik Indonesia ini.

Nusa Penida

Bali adalah primadona wisatawan. Tak melulu soal pantai di Bali yang ramai dikunjungi oleh turis asing, Nusa Penida juga menawarkan keindahan yang tidak akan mengecewakan kamu. Di pulau ini, kamu akan disuguhkan perairan yang biru, tebing menjulang yang menawan, dan pasir putih yang tidak akan bisa dilewatkan. Lokasinya yang berada tidak jauh dari pulau Bali membuat Nusa Penida ramai dijadikan tempat tujuan kedua selain pulau Bali.

Danau Toba

Legendanya yang populer menjadikan siapapun pasti tidak asing dengan nama Danau Toba. Namun, nama bukan sembarang nama, tempatnya tidak kalah mengagumkan lho! Kawasan Danau Toba dikelilingi oleh bukit-bukit dan padang rumput sangat hijau dikombinasikan dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi. Luas area danau yang sangat lebar ini bisa kamu jelajahi dengan perahu.

Kawah Ijen

Bagi para pendaki di Pulau Jawa tentu tidak asing lagi dengan Kawah Ijen. Hal paling menarik dari kawah vulkanik ini adalah munculnya api berpijar serta danau asam yang sangat indah. Tak terhitung jumlah wisatawan yang rela menempuh jalan yang jauh demi mengabadikan keelokan Kawah Ijen kebanggaan Indonesia ini. Kamu tertarik mengunjunginya?

Labuan Bajo

Siapa nih yang suka wisata pulau eksotis? Labuan Bajo siap menanti kamu kapan pun dan akan menyuguhkan beragam keindahannya. Salah satu plan penting yang harus kamu jalankan saat di Labuan Bajo adalah bermain di Taman Nasional Komodo. Tempat habitat yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia ini akan memberikan pengalaman tidak terlupakan selama liburan di Labuan Bajo.

Candi Borobudur

Kekayaan Indonesia yang juga terkenal di dunia Internasional adalah peninggalan sejarah. Kamu pasti sering membaca atau melihat di sosial media dan buku-buku pengetahuan mengenai Candi Borobudur. Stupa, luas, dan pemandangan di area candi adalah magnet utama bagi para wisatawan untuk berkunjung kemari. Candi Buddha terbesar yang dibangun pada abad ke-9 ini memang tidak pernah sepi pengunjung.

Taman Laut Nasional Bunaken

Taman laut yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO ini menjadi tujuan setiap penyelam. Kamu bisa berkunjung ke kurang lebih 30 spot lokasi dengan pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Jika tidak bisa menyelam, jangan sedih karena tersedia kapal selam dengan dinding transparan agar kamu tetap bisa happy memandangi biota laut Indonesia.

Danau Kelimutu

Setidaknya kamu pasti pernah melihat satu kali di sosial media foto danau menakjubkan ini. Sudah saatnya kamu mengunjungi Danau Kelimutu saat pandemi berakhir. Dengan suguhan 3 danau kembar yang memiliki warna berbeda, danau ini sangat cantik sehingga tidak sedikit wisatawan yang antri untuk berfoto dengan view danau tersebut.

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok terbentuk secara alami berjuta tahun yang lalu. Karena itulah suasana alam dan view yang akan kamu dapatkan disini masih sangat asri. Dengan tebing sangat tinggi, panorama Gunung Singgalang, dan pepohonan yang lebat, Ngarai Sianok sukses membuat wisatawan kagum. Tempat ini juga sering disebut dengan ‘Green Canyon versi Sumatera’ yang telah ditetapkan sebagai Geopark.

Puncak Jayawijaya

Nah, jika kamu adalah pendaki sejati, sudah pasti Puncak Jayawijaya masuk dalam bucket list kamu. Puncak tertinggi ini menawarkan keindahan salju abadi yang sangat memikat. Biayanya yang cukup mahal tak menyurutkan minat para pendaki untuk menjelajahi gunung ini. Selain salju, di puncaknya juga terdapat gletser lho. Apakah kamu orang selanjutnya yang berhasil mencapai Puncak Jayawijaya?

Taman Nasional Lorentz

Sejak tahun 1999, Taman Nasional Lorentz telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Dengan luas lebih dari 2 juta hektar, pasti Taman Nasional ini cocok bagi kamu petualang sejati. Untuk ke Taman Nasional Lorentz, kamu memang harus menyiapkan kocek untuk tiket pesawat dan transportasi lokal saja. Sesampainya di sini, jangan lupa untuk mengabadikan berbagai flora dan fauna cantik termasuk kangguru pohon yang termasuk hewan langka.

Taman Nasional Wakatobi

Selain Taman Laut Bunaken, kamu juga bisa mengunjungi Taman Nasional Wakatobi untuk wisata air yang menakjubkan. Pasir putih dan keanekaragaman biota laut menjadi daya tarik paling besar bagi Wakatobi. Tak hanya itu, ada banyak resort di sini sehingga kamu bisa melepas lelah dengan santai. Jangan lupa jelajahi terumbu karangnya yang sangat cantik ya!

Tana Toraja

Destinasi wisata populer di Indonesia salah satunya adalah Tana Toraja. Tak tanggung-tanggung, keunikan dari wilayah ini sampai terdengar gaungnya ke luar negeri. Kamu bisa menjelajahi berbagai hal di sini mulai dari budaya rumah adat, makam kuno, hingga patung Yesus terbesar yang menjadi kebanggaan masyarakat. Masing-masing harga tiket dari berbagai tempat wisata di Tana Toraja tentu berbeda sesuai dengan kebijakan pengelola.

Candi Prambanan

Bagian dari kompleks candi Prambanan yang megah ini mengambil konsep alam semesta dari kosmologi Hindu lho! Candi Hindu terbesar di Indonesia ini konon dibangun pada abad ke-9. Keindahan bentuk dan kemegahannya berhasil menarik minat turis mancanegara untuk mengabadikan candi ini hingga terkenal ke seluruh penjuru dunia. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke candi super cantik ini?

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas memiliki luas lebih dari 100.000 hektar. Tempat ini menjadi rumah bagi banyak hewan langka seperti harimau sumatera, primata, tapir, dan lainnya. Hal yang paling menarik adalah tempat ini menjadi pusat konservasi gajah lho! Saat di Taman Nasional Way Kambas, kamu bisa bermain dengan bebas bersama hewan menggemaskan ini.

Lengkap sudah 15 tempat wisata di Indonesia yang wajib kamu kunjungi saat berkeliling negeri ini. Tentu masih sangat banyak list destinasi wisata andalan Indonesia. Namun, tidak ada salahnya kamu mencoba tempat-tempat di atas terlebih dahulu. Mana nih tempat yang ingin kamu kunjungi pertama kali?