Makanan Khas Sunda yang Terkenal Enak

Saat berkunjung ke Jawa Barat, kamu pasti banyak menjumpai makanan khas Sunda. Suku Sunda yang tersebar dimana-mana juga masih melestarikan makanan khas-nya karena memang terkenal lezat dan gurih. Tak heran makanannya yang beragam dan menggiurkan sangat disukai oleh banyak orang.

Apakah kamu salah satu penggemar rasa dari makanan khas Sunda dan ingin mencicipi jajaran kuliner khas Sunda lainnya? Nah, berikut ini daftar makanan khas Sunda yang unik dan terkenal memiliki rasa yang enak:

Lotek

Makanan Khas SundaGambar : Instagram @eatventure.inc

Secara visual dan jika belum memakannya, kamu pasti mengira bahwa lotek adalah gado-gado. Namun sebenarnya antara keduanya hanya mirip dari segi tampilan saja lho. Walaupun sama-sama disiram dengan kuah kacang, namun bumbu di dalam kuah kacangnya juga ditambahkan kencur sehingga lebih beraroma dan segar. Selain itu, sayuran yang wajib ada di salam lotek adalah bayam, kapri, dan kacang panjang. Jangan lupa lengkapi dengan kerupuk udang dan lontong agar lebih kenyang dan semakin nikmat.

Nasi Liwet

Seluruh Indonesia pasti tidak asing lagi dengan makanan khas dari Jawa Barat yang satu ini. Nasi liwet diolah dengan menggunakan berbagai rempah dan bumbu lalu dihidangkan dengan ikan asin jambal, tahu dan tempe goreng, dan tak lupa ayam bumbu bercita rasa manis serta sambal pelengkap. Biasanya nasi liwet wajib hadir saat hajatan masyarakat suku Sunda digelar. Menyantap nasi liwet bersama-sama di atas daun pisang sudah pasti mempererat tali persaudaraan.

Nasi Tutug Oncom

Kalau makanan yang satu ini mungkin memang kurang hype di kalangan masyarakat yang bukan bersuku Sunda. Tapi jangan salah karena nasi tutug oncom sangat populer lho di Jawa Barat. Sajian lezat yang diolah dengan bahan dasar beras dan oncom bakar atau goreng ini menawarkan cita rasa asin dan gurih yang khas. Lauk pendamping dan pelengkap nasi tutug oncom adalah ayam goreng, lalapan, dan sambal terasi. Wah, sudah terbayang bukan kenikmatannya?

Seblak

Hayo, siapa yang tidak kenal dengan makanan seblak? Belakangan ini, seblak sangat populer dan jadi menu favorit di seluruh Indonesia. Tak hanya rasanya yang lezat, seblak disukai karena sajiannya sangat unik dengan bahan utama kerupuk yang direndam air bukan digoreng. Rasa kuahnya yang pedas dan gurih dengan cita rasa kencur menyatu dengan berbagai topping mulai dari sosis hingga makaroni. Kalau kamu suka seblak varian apa nih?

Kadedemes

Kadedemes memang bukan nama makanan khas Sunda yang familier seperti yang lainnya. Namun, siapa sangka bahwa olahan dari kulit singkong ini sangat enak lho. Kok bisa? Rahasianya terletak pada bumbu olahan kadedemes yang menghasilkan cita rasa gurih, asin, dan pedas. Penasaran dengan rasa dari makanan khas yang unik ini? Jangan lupa mencicipinya saat jalan-jalan ke Jawa Barat ya.

Combro

Combro adalah makanan khas yang merupakan akronim dari oncom di jero alias oncom di dalam. Dinamakan demikian karena penganan yang berbentuk bulat ini merupakan adonan dari ubi parut yang diberi isian oncom tumis. Biasanya rasa khas dari oncom di combro sengaja diolah menjadi rasa pedas gurih. Dijamin deh kamu akan ketagihan dan kangen dengan rasanya.

Mie Kocok

Bagi kamu penggemar olahan mie, tidak ada salahnya menyantap makanan khas Sunda yang dinamakan mie kocok. Sepanjang jalan di kota Bandung, kamu bisa dengan mudah menemukan mie kocok yang berisi mie kuning dengan pelengkap kikil, taoge, dan bakso yang disiram dengan kaldu sapi kental.

Bakakak Hayam

Bakakak hayam juga dikenal dengan nama ayam bakakak. Sebagai makanan khas Sunda yang sering disajikan saat acara besar, bakakak hayam menggunakan satu ekor ayam utuh dengan bumbu dan rempah khas masakan Sunda. Yang membuatnya semakin nikmat dan beraroma sedap adalah proses olahan ayamnya yang dibakar atau digoreng. Tekstur daging ayam yang juicy dijamin akan membuat kamu ketagihan.

Empal Gepuk

Jika lebih suka olahan daging sapi, kamu harus mencoba makanan khas Sunda empal gepuk. Sekilas empal gepuk memang mirip dengan rendang makanan khas Minangkabau. Cara memasaknya juga mirip karena sama-sama berbahan dasar daging. Namun, perbedaannya empal gepuk memiliki rasa agak manis dan lebih kering karena sebelum dihidangkan daging harus digoreng terlebih dahulu.

Empal Gentong

Kalau yang tadi empal gepuk, makanan yang satu ini dinamakan empal gentong. Alat masaknya yang menggunakan gentong tradisional membuatnya dinamakan empal gentong. Biasanya empal gentong adalah olahan dari jeroan sapi dan daging sapi yang dimasak bersama kuah santan yang kental dan gurih. Selain itu, empal gentong disajikan dengan pelengkap lontong, kucai, dan bubuk cabai kering yang menambah kelezatannya.

Cungkring

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah cungkring. Makanan khas yang satu ini juga cocok bagi kamu pencinta daging sapi karena biasanya olahan cungkring adalah kikil, kaki sapi, dan kulit. Ditusuk-tusuk hingga berbentuk sate, kikil juga memiliki empat bumbu utama dalam penyajiannya lho. Bumbu tersebut adalah kunyit, kecap, bumbu kacang, dan cabai.

Kue Balok

Beralih dari olahan makanan bercita rasa asin, kali ini makanan khas Sunda yang wajib kamu coba adalah kue balok. Dengan rasa manis yang khas, kue balok adalah penganan tradisional yang dibuat berbentuk persegi panjang dan tebal. Biasanya kue balok dijadikan teman minum kopi atau teh di sore hari dan camilan di kala duduk santai.

Awug

Ada lagi nih makanan khas Sunda dengan cita rasa manis dan gurih. Tak hanya orang tua, bahkan anak-anak pun sangat menyukai makanan khas ini. Bahan dasar dari Awug adalah tepung beras, garam, air, gula merah, dan kelapa parut. Selanjutnya adonan tersebut dikukus sehingga menghasilkan aroma yang sangat memikat.

Surabi

Selain awug, ada juga makanan khas Sunda lain yang terbuat dari tepung beras. Namun, keunikan dari surabi terletak pada alat masak tradisionalnya yang berupa tungku dari tanah liat. Surabi sekilas mirip dorayaki namun dalam versi khas Indonesia. Banyak orang yang menyukai surabi khas Sunda dengan rasa original yang gurih. Namun, sekarang kamu bisa menemui berbagai jenis rasa surabi saat berkunjung ke Jawa Barat.

Tahu Gejrot

Makanan khas Sunda yang satu ini telah populer di Indonesia. Tahu gejrot memang sederhana namun cita rasanya sangat khas. Penyajian dari tahu gejrot tidak lepas dari kuah gula merah dan cabai rawit. Rasa manis dan pedas yang menyatu dengan lembutnya tahu dijamin akan membuat kamu ketagihan merasakan nikmatnya tahu gejrot.

Rasa dari makanan khas Sunda memang didominasi oleh rasa manis dan gurih. Namun tak jarang makanan khas Sunda juga menawarkan rasa pedas yang sangat menggiurkan. Kamu suka makanan khas Sunda yang mana?