10 Makanan Khas Maluku yang Terkenal Enak

Setiap daerah pasti memiliki budayanya yang unik dengan ciri khas-nya masing-masing. Seperti di Maluku misalnya, makanan khas-nya didominasi oleh cita rasa yang gurih dan unik. Makanan khas Maluku juga melegenda dengan bumbu atau resep yang diwariskan dari satu generasi ke generasi.

Penasaran apa saja makanan khas Maluku? Berikut ini daftar makanan khas Maluku yang terkenal dan memiliki cita rasa yang enak:

Gohu Ikan

Makanan Khas MalukuGambar : Instagram @just_eka_kitchen

Gohu ikan adalah sashimi ala Ternate, Maluku Utara. Makanan khas ini berbahan dasar ikan mentah dan yang paling disukai adalah ikan tuna. Olahan ikan mentah segar ini memiliki cita rasa yang asam, gurih, dan asin yang fresh. Apalagi bumbu tumisan cabai rawit dan bawang yang disiram langsung ke ikan akan menambah nikmat rasanya. Tak perlu jauh-jauh ke Negeri Sakura jika ingin menyantap olahan ikan mentah segar karena ada Gohu Ikan di Maluku.

Gatang Kenari

Tidak hanya Gohu Ikan, saat berkunjung ke Maluku Utara kamu juga harus mencicipi Gatang Kenari. Kepiting kenari adalah hewan laut yang mahal harganya dan mempunyai keunikan tersendiri karena bisa memetik bahkan mengupas kelapa. Namun sayangnya tidak setiap restoran menjajakan menu Gatang Kenari sehingga kamu harus mencari informasinya terlebih dahulu. Rasanya yang lezat menjadi daya tarik tersendiri untuk makanan khas ini.

Nasi Lapola

Nasi lapola adalah makanan khas selanjutnya dari Maluku. Selain rasanya yang enak, rupanya cara memasak nasi lapola juga unik karena beras yang sedang ditanak harus menggunakan api yang kecil saja. Setelah setengah matang, selanjutnya nasi dicampurkan dengan parutan kelapa dan bumbu-bumbu khas lalu dikukus. Tambahan lainnya yang juga menambah keunikannya adalah kacang tolo. Rasanya yang gurih juga beraroma harum karena masyarakat Maluku biasanya menambahkan daun jeruk atau daun pandan.

Kue Asida

Kue asida merupakan makanan tradisional favorit masyarakat Maluku terutama saat Ramadhan tiba. Konon, pada awalnya kue asida adalah akulturasi antara kebudayaan Timur Tengah dan Maluku. Karena itulah kue asida menggunakan pemanis dari gula apem dan bukan sirup kurma. Rasanya yang manis dan teksturnya yang manis tentu bisa menjadi favorit kamu penggemar makanan penutup seperti kue asida ini.

Halua Kenari

Makanan khas dengan tampilan menawan ini akan dengan mudah kamu temukan saat berkunjung ke Maluku, tepatnya di Pulau Makian sebagai tempat penghasil kenari. Makanan ini kabarnya cocok untuk kamu yang sedang diet karena kenari memang dikenal kaya protein namun rendah lemak.

Lapis Palaro

Jika kamu pencinta olahan daging sapi, jangan lupa menyantap lapis palaro saat berkunjung ke Maluku. Menariknya, makanan khas ini menggunakan berbagai rempah dalam proses olahannya sehingga menghasilkan aroma daging goreng yang menggugah selera. Lapis palaro tidak akan kamu temui di daerah lain oleh sebab itu nikmatilah makanan khas ini selama masih di Maluku.

Bubur Sagu Ubi

Ingin memakan papeda namun dengan versi lain? Bubur sagu ubi akan menyuguhkan cita rasa yang unik untuk kamu. Olahan mengenyangkan ini berbahan dasar ubi rambat, kenari, dan sagu lempengan. Rasa manisnya diperoleh dari gula merah atau gula pasir yang bisa dipilih sesuai selera. Perpaduan bahan-bahannya juga ditambah menggugah karena diberi daun pandan sehingga semakin harum.

Sagu Gula

Wah, ada lagi nih makanan khas dari Ambon, Maluku, yang berbahan dasar sagu. Masih dengan cita rasa manis dan bentuk yang menarik, sagu gula membuat para wisatawan yang berkunjung ke Maluku menyesal jika tak mencicipinya. Biasanya sagu gula dijadikan santapan untuk teman minum kopi dan teh di sore hari. Cita rasa sagu, kelapa, dan gula merah yang dibakar dijamin membuat kamu akan rindu Maluku.

Sambal Colo-colo

Pencinta cabai dan sambal mari berkenalan dengan makanan khas Maluku terfavorit ini. Sekilas, memang sambal colo-colo mirip dengan sambal matah dan sambal dabu-dabu. Di Maluku, sambal khas yang sangat pedas ini terdapat dua versi, yaitu versi original dan versi kecap asin. Kamu dapat dengan mudah menemukan sambal colo-colo di hampir setiap resto Maluku dengan sajian ikan bakar atau ayam goreng.

Bubur Ne

Bubur Ne merupakan makanan khas dari Ambon. Tampilannya yang menggiurkan juga terlihat cantik dan menarik dengan bulatan kecil sagu berwarna-warni yang empuk. Bubur Ne dimasak dengan kuah santan yang gurih dan tidak terlalu manis. Jika ingin versi yang berbeda, biasanya bubur Ne tersedia pula dengan tambahan gula merah.

Sagu Lempeng

Saat di wilayah timur Indonesia, memang makanan berbahan dasar sagu cukup mudah ditemukan. Makanan khas berbahan dasar sagu populer lainnya adalah sagu lempeng. Ketika berkunjung ke Maluku atau tepatnya di Ambon, sagu lempeng tersedia di sentra oleh-olehnya lho. Dengan rasa gurih, sagu lempeng cocok menemani sore harimu saat bersantai.

Kohu-kohu

Tampilan kohu-kohu memang mirip dengan urap. Namun sensasi yang berbeda dari makanan khas ini akan kamu rasakan terutama karena suwiran ikan cakalang di dalamnya. Isiannya yang dicampur dengan kelapa parut dan sayuran menjadi menu yang pas untuk makan siang atau makan malam. Kamu bisa memilih ingin sayuran rebus yang agak lembut atau sayuran mentah yang fresh untuk dihidangkan.

Kue Bagea

Dari tampilannya saja, kue bagea sudah menarik minat untuk mencicipinya. Dengan detakan di permukannya dan warna krem yang cantik, kue bagea ternyata ada variasi yang berbahan kenari lho. Kue bagea kenari sangat populer di Maluku dan disukai para wisatawan yang gemar menyantap makanan ringan manis.

Sayur Lilin

Makanan khas yang unik ini bisa kamu temui dengan mudah di wilayah Maluku Utara dan Papua. Bahan dasar dari sayur lilin adalah telur tebu atau bunga tebu. Sekilas, sewaktu mentah bentuknya memang seperti serai namun versi yang lebih besar. Sayur lilin biasanya berkuah santan dan sangat nikmat apabila dimakan bersamaan dengan papeda. Jangan lupa mencicipi sayur lilin saat ke Maluku ya!

Ikan Asar

Ikan asar adalah ikan asap yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Maluku. Pengolahannya sederhana dengan diasapkan sehingga tahan lama. Biasanya ikan yang diolah menjadi ikan asar adalah ikan tuna dan ikan cakalang karena dianggap lebih tahan lama sesudah proses pengasapan. Menyantap ikan asar akan sangat nikmat apabila ditemani dengan sambal colo-colo.

Itulah makanan khas Maluku yang wajib kamu coba saat berkunjung atau travelling ke Maluku. Memang mayoritas makanan khas-nya berbahan dasar sagu. Namun tentu masih banyak makanan khas lainnya di Maluku yang bisa kamu eksplor dan pelajari. Rasanya yang nikmat tidak akan mudah kamu lupakan karena disantap di daerah penuh pesona.