10 Makanan Khas Betawi yang Terkenal Enak

Sebagai salah satu suku di Indonesia, tentu suku Betawi memiliki makanan khas-nya sendiri. Pada umumnya, mayoritas suku Betawi tinggal di daerah Jabodetabek. Oleh sebab itu makanan khas Betawi dapat dengan mudah kamu temukan saat berkunjung ke Jabodetabek terutama di Ibu kota Jakarta.

Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, makanan khas Betawi memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Nah, berikut ini daftar 15 makanan khas Betawi yang terkenal memiliki cita rasa yang nikmat:

Laksa Betawi

Makanan Khas BetawiGambar : Instagram @kafebetawi_id

Nah, kalau makanan khas Betawi yang satu ini cocoknya bagi kamu penggemar olahan mie. Biasanya laksa betawi menggunakan mie gandum atau bihun. Campuran dari isi laksa betawi adalah telur rebus dan sayuran seperti taoge. Kuah dari laksa betawi diolah dari santan dan rebusan bumbu-bumbu sedap khas rempah Indonesia. Aromanya yang wangi pasti menambah selera makan kamu nih. Kalau berkunjung ke Jabodetabek, biasanya laksa dijajakan di lapak-lapak tertentu yang tentunya tidak akan sulit ditemukan.

Selendang Mayang

Mungkin makanan khas yang satu ini pantas disebut menghilangkan haus dan menunda lapar. Pasalnya, memang selendang mayang biasanya dinikmati bersama dengan es batu. Selendang mayang diolah dari bahan dasar tepung hunkwe dan tepung beras yang menimbulkan rasa empuk dan segar. Meskipun sudah jarang terdengar, jajanan yang satu ini masih ada kok di Jabodetabek. Visualnya yang cantik karena terdiri dari beberapa warna juga semakin menggugah selera.

Gabus Pucung

Makanan khas Betawi selanjutnya adalah Gabus Pucung. Seperti namanya, kamu sudah pasti bisa menerka bahwa bahan utamanya adalah ikan gabus. Selanjutnya pucung merupakan kacang hitam atau biasa disebut juga dengan kluwak. Perpaduan berbagai bumbu dan rempah menjadi ciri khas gabus pucung yang membuat para wisatawan tertarik untuk mencicipinya. Rasa pedas yang diikuti dengan asam semakin menambah kesegaran daging ikan gabusnya yang empuk.

Kerak Telor

Siapa sih yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Jajanan legendaris asli Betawi ini sukses menarik minat pelancong yang datang ke Jakarta. Bahkan, kerak telor juga banyak dijajakan di luar Jakarta lho. Konon, makanan khas yang mempunyai aroma menggiurkan ini telah eksis sejak tahun 1970-an. Kerak telor sendiri diolah dari beras ketan putih atau nasi yang dicampur dengan telur tentunya dan bumbu penyedap lainnya. Selain murah, kerak telor adalah makanan ringan andalan warga Jakarta dikala jalan-jalan santai di sore hari.

Asinan Betawi

Selain kerak telor, makanan khas Betawi yang banyak dijajakan pedagang adalah asinan betawi. Sesuai namanya, makanan ini memiliki rasa asin. Namun jangan salah sangka terlebih dahulu karena rasa asin yang dimaksudkan adalah asin yang wajar selayaknya makanan biasa. Yang membuat makanan khas ini disukai oleh banyak orang adalah rasanya yang segar dan pedas berpadu dengan isian sayuran, tahu, dan kerupuk mie renyah yang disiram kuah kacang.

Ketupat Betawi

Ketupat betawi adalah menu wajib yang ada di setiap warung sarapan di Jakarta. Bahkan, tak jarang hotel-hotel menyediakan menu andalan ini. Seperti namanya, tentu kamu akan disuguhi ketupat dengan sayur berbahan dasar santan yang lezat. Menariknya sayur untuk menghidangkan ketupat betawi adalah sayur godok dengan isian kacang panjang, kol, dan sayur lainnya. Ada juga opsi opor ayam atau daging yang semakin menambah semangat kamu untuk sarapan.

Bubur Ase

Meskipun sulit dijumpai lapak yang menjual bubur ase, namun masih ada kok pedagang yang melestarikan makanan khas Betawi satu ini. Bubur ase disajikan dengan kuah semur daging lezat ditambah asinan. Tak lupa, teri dan kacang tanah menjadi pelengkap yang wajib ditaburkan. Biasanya bubur ase khas Betawi juga dimakan bersamaan dengan kerupuk dan emping lho. Wah, membayangkannya saja sudah tau bahwa rasa yang dimiliki oleh makanan khas satu ini sangat nikmat.

Nasi Uduk Betawi

Nasi uduk Betawi sudah terkenal seantero Indonesia. Bahkan, tidak di Jakarta pun kamu bisa menemukan nasi uduk betawi sebagai menu andalan pedagang kaki lima atau resto. Namun memang nasi uduk Betawi juga ada kemiripan dengan nasi uduk atau nasi gemuk khas Jambi. Perbedaan nasi uduk Betawi dengan lainnya adalah dari pelengkap atau isiannya. Nasi uduk khas Betawi biasanya terdiri dari lauk pauk semur kentang, tahu, telur, dan jengkol.

Pindang Bandeng Kecap

Hayo, siapa yang suka makan olahan ikan? Ikan pindang memang sudah biasa. Namun, bagaimana dengan ikan bandeng kecap? Makanan khas Betawi yang satu ini memang sukses membuat ketagihan karena tekstur empuk daging bandeng yang berpadu dengan bumbu pindang kecapnya menyatu dan sangat cocok sebagai teman makan nasi hangat. Rasanya pun tidak amis sama sekali karena bumbu khas Betawi akan membuat kamu menikmati pindang bandeng kecap dengan lahap.

Kembang Goyang Betawi

Namanya yang unik juga serasi dengan rasanya yang manis. Biasanya kembang goyang khas Betawi diolah dengan tambahan wijen yang membuat tampilannya semakin menarik. Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan camilan ini karena kerap dijajakan di sentra oleh-oleh Jakarta atau ramai dijual saat Idul Fitri akan tiba.

Dodol Betawi

Indonesia memang memiliki banyak variasi dodol. Makanan manis nan legit ini bisa kamu jumpai di daerah mana pun dengan resep dan rasa yang berbeda pula. Nah, kalau dodol Betawi ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut lho. Makanan khas berbahan dasar beras ketan dan kelapa ini dibuat dengan kuali besar serta melalui proses yang panjang. Teksturnya yang agak lengket dan rasanya yang manis pasti cocok disantap kala bersantai di rumah.

Mie Kangkung

Meskipun tidak sepopuler makanan yang lain, namun mie kangkung ternyata makanan khas Betawi lho. Seperti namanya, mie kangkung adalah olahan mie yang berpadu dengan sayuran kangkung. Rasa nikmatnya juga berasal dari kuah kental yang pada dasarnya adalah kaldu. Biasanya pelengkap mie kangkung adalah bakso dan jamur yang semakin membuat makanan ini disukai oleh banyak orang.

Ayam Sampyok

Sekilas memang ayam sampyok mirip dengan ayam panggang biasa. Tapi jangan salah karena pengolahan ayam sampyok pada dasarnya membutuhkan ayam utuh ukuran besar. Bukan tanpa sebab karena ayam sampyok adalah makanan khas Betawi yang kerap disajikan saat ada acara keluarga atau acara besar. Makanan yang merupakan perpaduan budaya Tionghoa dan Betawi ini juga harus melalui proses bumbu dua kali agar meresap ke daging bagian dalam. Wah, pasti sangat lezat ya makanan yang satu ini.

Soto Betawi

Berbicara tentang makanan khas Betawi tentu belum lengkap tanpa soto betawi. Tak diragukan lagi, soto betawi sukses membuat banyak orang rindu dan menyukai rasa khas-nya. Biasanya soto betawi disajikan dengan kuah santan berisi jeroan sapi atau daging sapi yang dipotong kecil. Penyajiannya yang dihidangkan bersama nasi hangat dan emping menjadikan soto ini makanan favorit banyak orang.

Sayur Babanci

Sayur babanci sudah jarang ditemui karena hanya dibuat saat orang suku Betawi menggelar hajatan atau acara saja. Namun, kabar baiknya adalah terdapat beberapa resto yang menyajikan sayur ini meskipun sangat langka. Bumbunya memang sulit didapatkan seperti temu mangga dan kedaung. Uniknya sayur ini menggunakan kelapa muda sebagai salah satu isiannya lho. Bisa dibilang sayur babanci adalah perpaduan antara kari, gulai, dan soto.

Itu dia deretan makanan khas Betawi yang sudah pasti nikmat dan melegenda. Jika ada kesempatan berkunjung ke Jakarta, kamu ingin mencicipi kuliner khas yang mana terlebih dahulu nih?