Tempat Wisata di Semarang yang Terkenal

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Semarang pasti mencerminkan aktivitas super sibuk masyarakatnya. Namun, ia juga menyimpan kekayaan alam, budaya, dan destinasi wisata buatan yang menarik minat wisatawan lokal dan asing.

Tertarik berwisata ke Semarang? Nah, berikut ini daftar tempat wisata di Semarang yang lagi hits dan wajib untuk bisa kalian kunjungi:

Lawang Sewu

Tempat Wisata SemarangGambar : Instagram @lawangsewu_semarang

Lawang Sewu memiliki arti pintu seribu (banyak). Bangunan klasik ini merupakan museum kereta api yang menjadi destinasi wisata favorit bagi siapapun jika berkunjung ke Semarang. Terdapat berbagai miniatur lokomotif dan gerbong yang dapat kamu nikmati sembari pelajari dari tempat ini. Tak jarang Lawang Sewu digunakan sebagai spot foto pre-wedding bagi kawula muda.

Saloka Theme Park

Tempat Wisata SemarangGambar : Instagram @salokapark

Tahukah kamu bahwa Semarang memiliki taman wisata yang sangat luas? Saloka Theme Park adalah taman wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Ia memiliki 4 zona taman wisata: Laut, Junggle, Kingdom, dan Kartun. Tempat wisata yang satu ini bahkan memiliki 25 wahana lho! Kamu bisa puas bermain sambil belanja souvenir disini.

Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong juga disebut dengan Gedung Batu. Meskipun ini adalah rumah ibadah, namun ada wilayah kelenteng yang bisa dikunjungi wisatawan. Disini terdapat Goa Batu yang juga tempat patung Cheng Ho berlapis emas diletakkan. Selain itu, kamu bisa berfoto di berbagai spot unik dan menyewa baju adat Tiongkok juga untuk properti foto.

Kota Lama

Mungkin kamu setuju bahwa Kota Lama Semarang adalah versi lain dari Kota Tua di Jakarta. Ya, sebab Kota Lama Semarang adalah destinasi wisata klasik berupa bangunan peninggalan Belanda yang dibentuk menjadi museum 3D, kafe, hingga restoran dengan ornamen yang orisinil. Fasilitas publik yang lengkap dan tertata akan membuat kamu betah berlama-lama disini.

Pagoda Avalokitesvara

Sebagai salah satu wisata religi, Pagoda Avalokitesvara sudah terkenal sejak dahulu sehingga ramai dikunjungi oleh wisatawan. Desainnya yang indah dengan 7 tingkatan yang disusun semakin ke atas semakin sempit sehingga membuat kagum berbagai kalangan. Kamu bisa berfoto ria, melakukan Tjiam Shi (Mengadu Nasib), hingga meramal nasib di tempat wisata ini.

Kampung Pelangi

Tempat yang sebenarnya adalah pemukiman penduduk ini telah disulap oleh pemerintah setempat menjadi destinasi wisata. Sesuai namanya, bangunan rumah penduduk hingga jalan di kampung ini dicat berwarna-warni seperti pelangi. Tentu saja ini adalah tempat yang sangat instagramable bagi kamu. Bahkan beberapa objek gambar di Kampung Pelangi sengaja dibuat bernuansa 3D.

Museum Ranggawarsita

Apakah kamu adalah pecinta wisata edukasi arkeologi? Maka kamu wajib mengunjungi Museum Ranggawarsita. Pasalnya, wilayah luas Museum ini menjadi tempat penyimpanan fosil dan ribuan benda purbakala yang tentu saja antik dan eksotis. Kamu bisa mengunjungi beberapa highlight galeri seperti galeri Geologi, Paleontologi, dan Peninggalan Peradaban yang menyimpan banyak cerita.

Brown Canyon

Merasa tidak asing dengan namanya bukan? Tentu saja karena nama dan nuansa atau spot-nya mirip dengan destinasi di luar negeri. Brown Canyon terbentuk alami bekas area pertambangan sehingga menawarkan pemandangan alam tebing raksasa yang cocok jadi lokasi fotografi berbagai tema mulai dari selfie hingga pre-wedding. Kamu bisa coba mengunjunginya saat travelling ke Semarang.

Dusun Semilir

Semilir adalah sebutan lain dari sejuk. Nah, dari namanya saja kamu pasti tau bahwa Dusun ini menawarkan pemandangan dan nuansa alam yang sejuk. Ditambah dengan bentuk bangunan unik dan fasilitas lengkap, tentu saja tidak sedikit wisatawan datang kemari. Kamu juga wajib mencoba berbelanja oleh-oleh jika sudah berada di kawasan ini.

Umbul Sidomukti

Berada di lereng gunung, maka tak heran jika Umbul Sidomukti menawarkan view yang menawan. Ketika di tempat ini, kamu akan disuguhi suasana nyaman dan kolam utama yang menjadi spot perhatian. Udara sejuk khas pegunungannya memiliki segudang wahana seperti flying fox, marine bridge, outbound, sewa kuda, dan masih banyak lagi wahana yang sayang dilewatkan.

Kampoeng Djadhoel

Seperti namanya, tempat wisata ini mengusung tema jadul atau klasik dengan ornamen hiasan mural berupa gambar wayang dan batik khas Jawa. Kampung ini memang terletak di Kampung Batik Tengah sehingga hiasannya pun lekat dengan batik. Selain banyak spot foto kreatif, kamu bisa belajar membatik sekaligus membeli kain batik langsung dari ahlinya lho!

Ayanaz Gedong Songo

Masih ingin mencari destinasi yang kaya akan spot fotonya? Kamu bisa mampir ke Ayanaz Gedong Songo. Tempat yang ditata rapi, bersih, dan menawarkan nuansa pegunungan sejuk ini sangat instagramable. Tersedia lebih dari 30 spot foto unik yang bisa kamu coba disini mulai dari spot penuh bantal, boneka, hingga balon udara.

Pasar Semawis

Pasar Semawis berada di Kawasan Pecinan. Jika kamu berkunjung ke Semarang di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, jangan lewatkan untuk main di Pasar ini ya! Kulineran sambil mengenal akulturasi lokal dan Tionghoa di pasar ini akan menyuguhkan pengalaman yang menyenangkan saat travelling. Selain itu, kulinernya pun sangat ramah di kantong mulai dari Rp5.000.

Pantai Marina

Tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke pantai saat sudah sampai di Semarang. Daya tarik utama dari Pantai Marina adalah view sunset yang sangat cantik. Oleh sebab itu banyak pemburu sunset dan Anak Senja betah berlama-lama. Kamu juga bisa hunting foto dengan menyusuri pantai atau kapal, dan mencoba kuliner di kawasan pantai.

Cimory On The Valley

Berdasarkan namanya, kamu pasti menerka bahwa itu adalah merk Yogurt terkenal. Ya, tepat sekali karena ini adalah destinasi yang mengusung konsep peternakan sapi, resto, permainan anak, dan perkebunan. Ini adalah tempat wisata edukatif bagi kamu yang penasaran dengan produk olahan susu sapi. Jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas Semarang karena tersedia pula tempat membeli souvenir.

Itulah list referensi mengenai tempat wisata di Semarang untuk liburan kamu di masa yang akan datang. Selain terjangkau, tentu saja kamu bisa menyesuaikan minat dan suasana hati berdasarkan tempat yang akan dikunjungi. Kamu bisa melakukan relaksasi dan refreshing di tempat-tempat tersebut sembari mengabadikan momen berharga. Mana nih, destinasi yang jadi favoritmu?