Tempat Wisata di Malang yang Terkenal

Memiliki suhu yang sejuk dan kekayaan alam melimpah, Malang adalah tempat healing bagi banyak orang yang ingin melepas penat. Banyak tempat-tempat wisata dengan harga tiket masuk terjangkau bahkan gratis yang bisa kamu kunjungi saat ke Malang.

Tertarik berkunjung ke Malang? Berikut ini adalah referensi tempat wisata di Malang yang bisa kamu singgahi selepas pandemi:

Sumber Sira

Tempat Wisata MalangGambar : instagram.com/sumbersirahh

Bagi kamu pecinta wisata air, pasti akan suka dengan tempat dan nuansa di Sumber Sira. Destinasi yang satu ini adalah referensi wisata air tawar yang hits di Malang. Mata air yang memancar di Sumber Sira menawarkan kesegaran maksimal dan memiliki banyak spot foto instagenic yang cocok untuk mengabadikan momen liburan kamu.

Coban Tundo

Tempat Wisata MalangGambar : instagram.com/kemanakitaofc

Sensasi 3 tingkat air terjun dalam satu lokasi akan kamu dapatkan dari Coban Tundo. Masing-masing dari tingkatan tersebut memiliki ketinggian dan kedalaman yang berbeda pula. Untuk menyusuri tiap coban atau air terjun, kamu harus menuruni bukit sekitar 10 menit. Jangan khawatir jika tidak membawa bekal makanan karena disini juga tersedia warung kuliner juga lho!

Kampung Warna-warni Jodipan dan Kampung Tridi

Pernah menonton film Yowis Ben? Salah dua lokasi syutingnya adalah dua tempat wisata ini: Kampung Warna-warni Jodipan dan Kampung Tridi (3D). Memang dua kampung yang dihubungkan dengan jembatan kaca ini menyuguhkan objek fotografi yang menarik. Kamu bisa hunting foto di dinding warna-warni, jembatan ikoniknya, lorong payung, dan lukisan 3D di sepanjang kampung.

Sumber Pitu Pujon

Lebat dan hijaunya alam yang berkombinasi dengan bebatuan tebing dan air terjun tidak akan membuat kamu menyesal menempuh perjalanan ke Sumber Pitu Pujon. Jika ke tempat wisata ini, jangan lupa untuk membawa baju ganti dan memperhatikan keselamatan. Sebab alam yang masih alami di kawasan ini juga menawarkan medan yang agak licin.

Hawai Waterpark

Hawai Waterpark merupakan salah satu destinasi wisata favorit keluarga di Malang. Menyajikan nuansa wisata air yang mirip dengan kesegaran dan udara outdoor ala Hawai, tempat ini tidak akan membuat kamu kecewa dengan berbagai wahananya. Mulai dari wahana yang standar sampai yang ekstrim, semuanya cocok bagi kamu yang berjiwa berani.

Alun-alun Merdeka

Jalan-jalan dan hunting spot foto di Malang bisa dilakukan dengan cara sekedar mengunjungi Alun-alun Merdeka. Pasalnya alun-alun ini telah dirubah oleh pemerintah setempat menjadi sangat menarik sejak tahun 2015. Kamu bisa menemukan fasilitas publik yang rapi dan lengkap. Disini terdapat playground, air mancur menari, photobooth, dan masih banyak lagi fasilitas yang wajib kamu coba.

Pantai Tiga Warna

Pantai menarik ini masuk dalam kawasan CMC (Clungup Mangrove Conservation) sehingga tak heran jika titik lokasinya sangat bersih dan menenangkan. Selain menikmati perpaduan warna biru dan hijau tosca air dari pinggir pantai atau hunting foto di sekitar bukit, kamu juga bisa diving dan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut.

Coban Pelangi

Koleksi fotografi alam nan indah milikmu akan bertambah ketika mengunjungi Coban Pelangi. Air terjunnya yang tinggi memberikan kesan megah ketika kamu melihatnya. Karena alamnya masih asri, tentu saja airnya sangat jernih dan cocok untuk melepaskan penat saat liburan di Malang. Wajib untuk mengunjungi tempat ini bagi kamu yang menyukai destinasi sejuk khas pegunungan.

Pantai Sipelot

Nama dari pantai ini sendiri sangat unik karena berasal dari bahasa Belanda "Spelot" yang bermakna persinggahan. Kawasannya dikelilingi oleh bukit kapur dan pepohonan rimbun hijau sehingga amat memanjakan mata. Di pantai ini, kamu bisa mengunjungi air terjun Sipelot, snorkeling, memancing, naik perahu, wisata kuliner, hingga camping. Wah, sangat lengkap ya.

Jatim Park 1

Rekomendasi wisata yang penuh wahana di Malang salah satunya adalah Jatim Park 1. Tempat ini adalah destinasi wisata generasi pertama dari Jatim Park Group. Di dalamnya terdapat 16 zona wisata edukasi dan 61 zona permainan yang wajib dicoba. Jangan lupa kunjungi juga Pasar Wisata, Bunga, dan Buah yang telah disediakan oleh pengelola.

Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo)

Meskipun memiliki konsep yang sama yakni wisata rekreasi dan edukasi, Jatim Park 2 lebih fokus kepada pemeliharaan satwa. Tempat ini terbagi menjadi area Museum Satwa, Secret Zoo, dan Eco Game Park yang tidak akan mengecewakan kamu. Menariknya, kamu bahkan bisa berinteraksi dengan bayi-bayi satwa yang lucu di area Baby Zoo.

Jatim Park 3 (Dino Park)

Setelah Jatim Park 1 dan 2, tidak ada salahnya liburanmu di Malang dilengkapi dengan kunjungan ke Jatim Park 3. Tempat yang satu ini sangat unik dan cocok bagi kamu yang suka dengan dunia dinosaurus. Sembari bermain, kamu bisa belajar sejarah dan kehidupan dinosaurus di masa lampau dengan replikanya yang tampak nyata.

Coban Talun

Soal tempat wisata coban, Malang memang tidak perlu diragukan lagi. Kalian bisa dengan mudah memilih destinasi air terjun dengan ketinggian yang beragam. Berada jauh dari perkotaan, Coban Talun ada di ketinggian 950 mdpl. Kawasannya yang lembap dipenuhi dengan tumbuhan paku dan kawasan curah hujan tinggi. Wah, bisa dibayangkan betapa sejuknya bukan?

Wisata Paralayang

Menikmati kawasan wisata dari ketinggian adalah ide ekstrim yang bisa kamu coba. Tempat wisata yang viral ini menawarkan view eksotis karena berada di ketinggian lebih dari 1.315 mdpl. Kamu bisa menghubungi pengelola setempat jika ingin mencoba olahraga paralayang. Jangan khawatir jika belum terbiasa karena ada pemandu profesional yang akan membimbing kamu dengan aman.

The Onsen Hot Spring Resort

Berada di dataran tinggi, tempat wisata ini semakin menarik karena mengusung konsep desain bangunan Jepang. Mulai dari interior sampai eksterior, arsitekturnya dibuat dengan nuansa Jepang. Saat menikmati fasilitas yang lengkap dan bersih, jangan lupa untuk mencoba pemandian air panas, hunting foto dengan memakai baju kimono, hingga mencoba penginapan yang benar-benar bernuansa Jepang.

Itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Malang dan deskripsi highlightnya. Udaranya yang sejuk sangat mendukung untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman, atau orang tercinta. Selain list di atas, tentu masih banyak yang bisa kamu coba saat sedang berada di Malang. Diantara tempat-tempat tersebut, mana yang rencananya akan kamu kunjungi selepas pandemi?