Tempat Wisata di Yogyakarta yang Terkenal

Julukan Kota Pariwisata yang disandang oleh Jogja bukan tanpa alasan. Pasalnya, Jogja menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik dengan konsep beragam. Bahkan saking istimewanya kota ini, terdapat ungkapan bahwa Selalu Ada Alasan untuk Kembali ke Jogja.

Nah, berikut ini referensi tempat wisata di Jogja yang instagramable dan wajib untuk bisa kamu sambangi jika berkunjung ke jogja:

Jalan Malioboro

Tempat Wisata JogjaGambar : Instagram @jogja.istimewa

Sebagai jantung kota, tentu Jalan Malioboro sudah terkenal di kalangan pecinta wisata. Bahkan bagi kamu yang belum pernah ke Jogja pun rasanya sudah tidak asing lagi dengan nama ini. Di sini, kamu bisa menikmati teratur dan estetiknya kawasan Malioboro sambil jajan makanan khas Jogja. Rasanya belum ke Joga kalau belum ke Malioboro.

Kraton Jogja

Tempat Wisata JogjaGambar : Instagram @kratonjogja

Wisata budaya yang satu ini tentu tidak boleh ketinggalan untuk masuk dalam list planning liburan kamu saat di Jogja. Selain bisa menikmati arsitektur yang kental dengan budaya Jawa, terdapat jadwal pertunjukan yang biasanya diadakan di dalam Keraton, lho! Seperti misalnya gamelan, wayang kulit, wayang golek, hingga tarian.

Bunker Kaliadem

Berada tepat di lereng Gunung Merapi, Bungker Kaliadem ramai dikunjungi setiap hari. Kamu bisa mencoba tour dengan menggunakan jeep saat berada di sini. Lokasi Kaliadem yang ditumbuhi pinus akan membuat kamu betah berlama-lama. Destinasi wisata yang satu ini akan memanjakan kamu untuk menikmati keindahan Gunung Merapi yang hanya berjarak 5 KM.

Bukit Kalikuning

Apakah kamu penggemar wisata perbukitan di gunung? Jika iya, maka berkunjunglah ke Bukit Kalikunung yang terletak di kaki Gunung Merapi. Tidak hanya titik lokasinya saja yang indah, melainkan jalan menuju destinasi wisata ini juga sangat cocok untuk refreshing. Dengan fasilitas memadai, kamu juga bisa mendirikan tenda atau camp disini dengan biaya Rp20.000 saja.

Museum Ullen Sentalu

Sebagaimana museum pada umumnya, kamu akan menikmati karya-karya bersejarah di Museum Ullen Sentalu. Menariknya, museum ini menyajikan karya peninggalan Dinasti Mataram yang berjaya di masa lampau. Selain itu, kamu akan dipandu untuk mempelajari mengenai koleksi seni termasuk batik di Jogjakarta. Cocok banget nih bagi kamu yang suka karya estetik dan klasik.

Taman Pelangi

Kalau kamu mencari destinasi wisata malam yang cocok untuk mengabadikan momen selama di Joga, maka kamu wajib mengunjungi Taman Pelangi. Daya tariknya ada pada berbagai lampion indah yang dihadirkan, patung menyala, permainan dan bahkan food court-nya yang lengkap. Kamu bisa menikmati keindahan lampu warna-warni sekaligus wisata kuliner di sini.

Kalibiru

Kalibiru sangat cocok bagi kamu yang tidak takut dengan ketinggian. Tempat hits ini memiliki banyak spot foto unik dan outbound yang bisa kamu coba. Sambil menikmati pemandangan yang penuh dengan perbukitan, kamu bisa makan di cafe dalam kawasan Kalibiru. Jika ingin melihat lebih dekat keanekaragaman fauna, terdapat fasilitas trekking yang disediakan pengelola.

Hutan Mangrove

Bosan dengan wisata darat? Cobalah menyusuri hutan mangrove dengan perahu di Kulon Progo. Sejauh mata memandang, kamu bisa menikmati keindahan perairan dan tanaman bakau di kawasan ini. Tidak hanya itu saja, pengelola juga telah menyiapkan dermaga jembatan kayu yang sangat menarik untuk disusuri bersama teman atau orang terkasih dan dijadikan spot foto lho!

Air Terjun Kedung Pedut

Bagi yang hobi fotografi, Air Terjun Kedung Pedut pasti memikat mata siapapun yang melihatnya. Nuansa dari air terjun ini sangat menarik karena berwarna hijau tosca yang terbentuk alami. Di kawasan ini, terdapat 5 kolam dengan kedalamam yang berbeda. Selain menikmati segarnya air terjun, kamu bisa mencoba flying fox dan pancuran.

Sungai Mudal

Salah satu ekowisata kebanggaan Kulon Progo ini wajib kamu kunjungi saat ke Jogja. Tidak hanya ketenangan sungai yang membuatnya menarik, tetapi juga fasilitasnya yang lengkap akan membuat kamu betah berlama-lama. Kamu bisa mencoba camping ground atau flying fox yang ada lalu berselfie ria dan diupload menggunakan wi-fi yang sediakan oleh pengelola.

Embung Nglanggeran

Tempat ini adalah spot singgah yang laris di kalangan pecinta sunset. Dinamakan embung karena ia merupakan penampung air atau waduk mini di desa tersebut. Untuk menuju ke titik lokasi, kamu akan melewati anak tangga menarik. Jangan khawatir ketika lapar menyerang karena disini tersedia banyak warung makanan sehingga bisa icip-icip makanan setempat.

Goa Jomblang

Mungkin kamu bertanya-tanya apa yang membuat tiket masuk ke destinasi ini tidak semurah tempat-tempat sebelumnya. Namun harga yang tergolong agak mahal ini terbayarkan dengan pemandangan sungai bawah tanah yang deras, tetesan air di langit-langit goa yang eksotis, sinar yang menembus lurus di mulut goa, hingga melakukan olahraga carving.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti sudah sejak lama populer di wisatawan lokal dan mancanegara. Pasalnya, pantai ini mempunyai fasilitas lengkap dan menawarkan pemandangan khas pantai selatan Jogja dengan air jernih serta pasir putih. Bahkan di saat-saat tertentu, terdapat banyak ubur-ubur muncul. Namun saat kemari, pastikan untuk tetap berhati-hati dengan gelombangnya yang besar ya.

Candi Prambanan

Berkunjung ke Jogja rasanya juga tidak lengkap apabila tidak mampir di Candi Prambanan. Situs sejarah yang megah dan eksotis ini adalah salah satu warisan dunia UNESCO kebanggaan Indonesia. Candi Prambanan memiliki lebih dari 200 candi yang tersebar di kompleks percandian. Kamu bisa menikmati sekaligus mempelajari sejarah dari ukiran relief yang ada.

Hutan Pinus Pengger

Mencari destinasi yang menjadi gudang spot instagramable di Jogjakarta? Hutan Pinus Pengger adalah jawabannya. Tempat wisata yang viral ini menyediakan spot nan unik dan sejuk karena di kawasan hutan pinus. Siapkan full baterai kamera dan smartphone kamu untuk berfoto di rumah pohon, sarang burung, hingga tangan raksasa, dan aneka kreasi kayu lainnya.

Berbicara tentang tempat wisata di Jogja tentu tidak ada habisnya. Namun kamu bisa mencoba deretan tempat di atas yang sudah hits di kalangan wisatawan. Mulai dari agrowisata, budaya, hingga spot foto yang instagramable semuanya bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Jogja. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan ketertiban saat berkunjung ya.